Tutorial Cara Membuka Situs Atau Website Yang Di Blokir

Posted on

Www.kuncikomputer.com – Melalui internet, setiap orang dapat bebas dan dengan mudah mengakses beragam situs yang dicari. Sayangnya, karena sistemnya yang bebas, beberapa pihak menciptakan situs yang dianggap merugikan. Oleh karena itu, pemerintah memblokir situs-situs tersebut. Bagi Anda yang ingin tetap mengakses situs tersebut, ada beberapa cara membuka situs yang diblokir. Beberapa cara tersebut antara lain.



Tutorial Cara Membuka Situs Atau Website Yang Di Blokir


Menggunakan Google Chache

Salah satu cara membuka situs yang diblokir adalah dengan menggunakan Google chache. Untuk menerapkan cara ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:
– Ketikkan alamat situs yang ingin diakses
– Klik enter atau tombol pencarian
– Saat layar menampilkan hasil berupa tanda panah menghadap ke bawah, klik tanda tersebut
– Klik cache agar situs dapat terakses

Menggunakan VPN dari Opera

Beberapa langkah yang bisa diikuti jika menggunakan cara ini adalah sebagai berikut:
– Mengunduh dan menginstal Opera VPN terlebih dahulu
– Pada tampilan sederhana Opera VPN, klik tulisan Connect
– Selanjutnya, jendela akan menampilkan pilihan Change region dan atur pengaturan lain seperti Ad tracker, fitur Guardian, dan sebagainya Akses kembali situs yang diblokir.Cara di atas teraplikasikan untuk ponsel. Untuk PC, caranya tidak jauh berbeda. Anda hanya perlu mengunduh fitur Opera developer. Setelah terinstall, aktifkan fitur VPN dengan cara mengklik menu O lalu pilih Settings alias Pengaturan. Selanjutnya, pilih Privacy and Security serta klik pilihan aktifkan VPN. Pada address bar Opera akan muncul logo VPN. Setelah diklik, ganti lokasi IP ke Singapura, AS, Jerman, Kanada atau Belanda.

Mengganti pengaturan DNS dengan DNS Google

Cara membuka situs yang diblokir dengan metode yang ketiga ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.
Buka PC dan masuk ke Control Panel
– Setelah membuka Network and Sharing Center, temukan tulisan Access type, connections, dan sebagainya. Klik pada tulisan dekat Connections. Untuk yang menggunakan jaringan WiFi, tulisan di samping connections biasanya berupa Ethernet, wireless network, atau bisa juga lainnya.Pada jendela yang muncul mengenai status Ethernet atau nama lainnya, klik tombol Properties
Setelah muncul jendela baru lagi, klik kotak di samping Internet Version 4 (TCP/IPv4) dan tombol PropertiesAnda akan menemukan tulisan Use the following IP Address. Pilih tulisan tersebut.
Untuk Preferred DNS server masukkan angka 8.8.8.8 berikut titiknya sedangkan untuk Alternate DNS server masukkan 8.8.4.4Klik OK setelah selesai dan coba akses kembali situs yang diblokir

Demikian beberapa cara membuka situs yang diblokir yang bisa Anda terapkan. Satu hal yang perlu diingat saat menempuh cara ini adalah mempertimbangkan bahwa hal-hal buruk bisa saja terjadi pada komputer tanpa Anda sadari. Oleh karena itu, pertimbangkan masak-masak terlebih dahulu apabila ingin mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah ataupun operator seluler.

Baca Juga :