Tutorial Cara Lengkap Belajar PHP dan Mysql Untuk Pemula [100% Pasti Bisa]

Posted on

Tutorial Cara Lengkap Belajar  PHP dan Mysql Untuk Pemula kali ini saya akan membagikan dasar-dasar pemrograman MySQL dengan PHP semoga bermanfaat untuk agan sis dan agan sista :v…
Mungkin ada yang belum mengerti apa itu MySQL dan PHP (bukan php cinta :v), saya akan beberkan wkwk

MySQL adalah sistem manajemen database yang populer.
PHP adalah cari di google yak, buanyaaaak,.. lanjut bro PHP adalah bahasa pemrograman yang tersedia gratis dan bisa di kolaborasikan dengan semua perangkat lunak database, termasuk Oracle dan Sybase tetapi paling sering digunakan adalah database MySQL. Seperti PHP, perangkat lunak database MySQL tersedia secara gratis dan muncul baru-baru ini No Database (sebenernya sudah lama saya aja yang belum tau).

Untuk belajar PHP dan MySQL , php dan mysql sudah disediakan secara gratis dan banyak di google oleh para bloger,  pengembang web menggunakan PHP dan MySQL sekarang lagi seru-seru di cari oleh para developer frond end & back end. Selain gratis, PHP dan MySQL sangat stabil untuk diaplikasikan pada software skala kecil maupun besar. seperi CMS (Content Managemen System) yang telah memanfaatkan PHP dan MySQL, contohnya WordPress, Drupal dan sebagainya. jangan lupa kunjungi www.kuncikomputer.com

dan dari beberapa artikel yang saya baca singkatan PHP adalah Hypertext Preprocessor (Personal Home Page) dan ada juga yang mengartikan lain tetapi pada dasarnya sama saja bro.

Persiapan Awal Belajar  PHP dan Mysql

Sebelum melangkah lebih jauh ada beberapa langkah yang harus di penuhi untuk belajar php dan mysql:

  1. agan-agan harus sudah memahami dasar-dasar MySQL dan PHP. (kalo belum bisa searching dulu di google)
  2. Download Aplikasi Xampp dan untuk windows (karena sudah mencakup phpmyadmin, webserver dll)
  3. Download Aplikasi Ngix, atau Apache dan masih banyak lagi.
  4. Mengetahui username dan password server MySQL.
    belajar-php-dan-mysql
    Jika agan belum menginstal MySQL dan Apache, instal terlebih dahulu dan  Setelah anda mengikuti tutorial penginstalan secara default   maka untuk username MySQL adalah “ root “ dan password-nya kosong jika di windows dan jika pengaturan belum di rubah sama sekali (default).

Tutorial Belajar PHP dan MySQL Pemula

Yang harus dilakukan oleh anda yaitu beberapa langkah berikut ini:

  1. proses pembuatan database.
  2. proses pembuatan php dan mengkoneksikan dengan data base.

Belajar Membuat Database

Sebelum anda belajar php dan mysql, anda harus tahu terlebih dahulu cara membuat database di xampp.

  1. buatlah data base di dengan nama belajar. cara nya sebagai berikut.
  2. buka Xamp lalu star Apache dan Mysql. lihat gambar berikut dibawah
    star-xamp
  3. setelah itu buka localhost/phpmyadmin pada browser agan semua.
  4. lalu klik new pada pojok kiri atas untuk membuat database baru, ketik nama database belajar lalu klik create. seperti gambar ini
  5. setelah itu buat tabel dengan cara klik nama database belajar untuk membuat tabel, isikan nama tabel dan tentukan jumlah kolom tabel yang akan dibuat lalu klik go. seperti ini
    new-tabel
  6. setelah itu buat isi tabel sesuai gambar dibawah ini.
    isi-tabel
  7. setelah itu klik save untuk menyimpan tabel yang telah dibuat. pembuatan database dan tabel selesai.

Selanjutnya langakh belajar php dan mysql yaitu mengkoneksikan php dengan databasenya. selain menggunakan xampp, anda juga dapat menggunakan web browser yang lainnya seperti appserv dan lainnya. akan tetapi pada artikel saya ini, saya menggunakan xampp.

Belajar Mengkoneksikan PHP dengan Database

langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu penginstalan aplikasi yang digunakan untuk pembuatan pemrograman php seperti dreamweaver, notepad++ atau yang lainnya. setelah anda menginstal aplikasi tersebut anda dapat mencopy sourcode untuk Tutorial Cara Lengkap Belajar  PHP dan Mysql Untuk Pemula.

  1. disini saya menggunakan dreamweaver cs 5. buka dw cs 5 dan klik PHP lihat gambar berikut ini.
    dw
  2. setelah itu anda akan masuk pada lembar kerja dreamweaver. terdapat tiga icon yang sering akan digunakan yaitu code, split, desain. code untuk melihat koding program, split digunakan untuk melihat koding dan desain, desai hanya melihat tampilan program. berikut halaman kerjanya.
    tampilan-dw
  3.  setelah itu buat lah koding koneksi.php, berikut adalah sourcode nya. hapus semua koding htm ganti dengan koding koneksi berikut.
    keterangan : 127.0.0.1 adalah localhost atau host address biasanya localhost akan tetapi apabila localhost tidak bisa terhubung maka menggunakan ip tersebut (127.0.0.1). root adalah username nya dan “” adalah passwordnya karena password tidak ada maka petik dua dua kali. belajar adalah nama databasenya, apabila anda membuat database lain gantilah nama database tersebut.
  4. Langkah selanjutnya belajar php dan mysql. setelah itu simpan koneksi.php pada local c -> xamp -> htdoct -> folder belajar. lihat gambar berikut ini.
    save-koneksi
  5. setelah itu buatlah lembar kerja baru dengan cara klik file -> new -> pilih php.
    new file
  6. setelah kebuka lembar kerja baru hapus semua koding html ganti dengan koding berikut.
     
  7. setelah itu simpan file satu folder dengan file koneksi, simpan dengan nama index.php
  8. buatlah koding simpan untuk menyimpan data kedatabase. berikut adalah sourcecode / koding nya.
     
  9. simpan dengan nama simpan.php satu folder dengan file sebelumya yaitu di folder belajar.

Setelah anda mengikuti langkah belajar php dan mysql diatas, saya akan menjelaskan beberapa yang penting dalam materi diatas.

MEMAHAMI CARA MENGHUBUNGKAN PHP DENGAN DATABASE

  1. Pertama koneksi adalah yang menghubungkan php dengan database. yang harus di perhatikan dalam koneksi.php adalah host, root, password, dan data base. apabila data tidak dapat tersimpan cek terlebih dahulu di koneksi, sesuai penjelasan diatas.
  2. Selanjutnya untuk belajar php dan mysql yang harus anda perhatikan adalah antara index.php dengan file simpan.php perhatikan gambar berikut ini.
    index
    simpan
    keterangan
    action =”simpan.php” sesuai file yang digunakan untuk menyimpan. selanjutnya texfield, texfield2, texfield3, texfield4 pada index harusa sama tulisannya pada file simpan.php kolom merah yang ada nomor dan panahnya. selanjtnya $kode, $namamk, $dosen, $nohp harus sama dengan yang lainnya dan nama tabel pada query sql harus benar.setelah tutorial diatas diikuti semua maka tampilan jadinya akan seperti dibawah ini.

HASIL BELAJAR PHP DENGAN MySQL

  1. cek pada web browser anda dengan cara ketik localhost/belajar. lihat gambar berikut.
    hasil belajar php
  2. isi data yang diinginkan lalu klik simpan maka data akan tersimpan di database. dengan cara mengecek di localhost/phpmyadmin lihat gambar dibawah ini.
    hasil-database
  3. setelah anda mengikuti cara belajar php dan mysql diatas, dan telah dicek data tersimpan berarti anda sudah berhasil membuat penyimpanan data menggunakan bahasa pemrograman php dengan database Mysql. pesan saya apabila data tidak tersimpan cek kembali dengan cara serperti yang telah saya jelaskan diatas.

DOWNLOAD FILE DISINI.

setelah anda download berikut adalah langkah untuk menjalankan nya.

  1. extract file didalam htdoct yaitu di local c -> xampp-> htdoct . perhatikan gambar dibawah ini.
  2. setelah itu di dalam folder belajar terdapat database belajar.sql . import lah data base tersebut ke xampp anda dengan cara buat database di xampp dengan nama belajar setelah itu import filenya. perhatikan gambar dibawah ini.

    keterangan untuk belajar php dan mysql:
    1. pertama bukak di web browser anda localhost/phpmyadmin dengan catatan sudah di instal xampp di laptop anda dan mysql serta apache sudah distart. baca tutorial diatas.
    2. setelah itu buatlah database baru dengan cara klik new lalu beri nama belajar.
    3. selanjutnya klik pada database belajar
    4. lalu klik import.
    5. klik chose file untuk memasukan file sql nya.
    6. tentukan lokasi penyimpanan file nya.
    7. pilih file belajar.sql untuk diimport.
    8. setelah dipilih klik open.
    9. setelah itu klik Go untuk mengimport database. dan selesai
  3. setelah database diimport dan folder di dalam local c -> xampp -> htdoct . selanjutnya cobalah di web browser anda.
  4. ketikan localhost/belajar di google croom atau mozila firefox atau web browser lainnya. dengan catatan pertama xampp sudah dibuka dan mysql serta apache telah di start . xammp tidak ada password soalnya di koneksi.php tidak terdapat password.

sekian tutorial yang dapat saya berikan tentang belajar php dan mysql kali ini, semoga bermanfaat, apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya, saya meminta maaf sebesar besarnya. untuk belajar tentang komputer dan tutorial yang lainnya yang masih berhubungan dengan komputer, silahkan cari di website kami di kuncikomputer.com .

BACA JUGA :