Tutorial Cara Belajar Myob Mudah [100% Terlengkap]

Posted on

Tutorial Cara Belajar Myob Mudah [ Lengkap ] – Sebelum saya menulis artikel panjang lebar tentang myob disini saya akan menjelaskan apa itu myob. Myob adalah software yang digunakan dalam akuntansi untuk membantu dalam pembuatan laporan laba-rugi, neraca dan lain sebagainya. Myob di buat agar mempermudah penggunanya dalam pembuatan laporan dalam akuntansi. Di dalam artikel ini saya akan menjelaskan langkah langkah dalam menggunakan myob. Sebelum saya menjelaskan panjang lebar di dalam artikel nantinya, saya Sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya. jangan lupa kunjungi selalu www.kuncikomputer.com

myob

Langkah dalam menggunakan Myob accounting

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download myob lalu instalasi di komputer Anda untuk digunakan.
  2. Selanjutnya buka myob, maka akan muncul halaman awal myob waktu pertama kali anda buka seperti dibawah ini.

halamanmyob

keterangan :

Penjelasan dari gambar diatas sebagai berikut :

Open digunakan untuk membuka file yang sudah dibuat sebelumnya.

Create digunakan untuk membuat file yang baru.

Explore berfungsi untuk membuat file dengan menggunakan contoh perusahaan yang disediakan oleh MYOB.

What’s New Digunakan untuk melihat atau mencari informasi yang baru seputar aplikasi Myob

Exit digunakan untuk keluar dari aplikasi Myob.

disini saya akan menjelaskan dalam belajar myob dan bagaimana cara membuat file baru bada myob, setelah anda masuk pada halaman utama klik create untuk membuat file baru, berikut adalah caranya.

Cara Menggunakan Myob Dan Membuat File Baru Pada MYOM

  1. Setelah anda masuk halaman utama, klik create maka akan tampil sebagai berikut lalu klik next.

create-satu

       2. setelah klik next akan muncul halaman selanjutnya yang digunakan untuk mengisi data perusahaan. berikut adalah tampilannya. lalu klik next.

create-dua

      3. setelah klik next akan menuju halaman selanjutnya yang digunakan untuk mengatur periode akuntansi. berikut adalah tampilannya. lalu klik next.

create-tiga

Untuk mengatur tampilan diatas, anda harus pastikan tahunnya benar yaitu 2016 dan bulan juga harus tepat yaitu di akhiri bulan desember pada keterangan Last month of financial (bulan akhir periode akuntansi) serta awali dengan bulan Januari pada keterangan Conversion Month (bulan awal periode akuntansi). Karena kalau anda salah dalam mengatur periode akuntansi, maka pada waktu anda menjurnal nantinya akan berpengaruh. setelah itu klik Next.

      4. setelah pengaturan periode akuntansi selesai anda akan mesuk kehalaman informasi yang telah anda buat sebelum-sebelumnya. klik saja next untuk lanjut ke halaman selanjutnya.

       5. setelah klik next anda akan masuk pada halaman account list disitu terdapat tiga pilihan, pilih yang mana saja terserah disini saya memilih nomor satu saja lalu klik next. lihat gambar berikut.

belajar-myob

      6. setelah klik next pada tampilan account list muncul halaman lagi, abaikan saja halaman ini lalu klik next.

      7. setelah klik next anda akan masuk ke halaman selanjutnya yaitu company file pada change digunakan untuk menentukan tempat penyimpanan file yang akan anda buat. tetapkan tempat penyimpanan lalu klik next. maka halaman selanjutnya akan seperti dibawah ini.

create-myob

     8. pada tampilan ini klik command centre saja.

     9. setelah itu akan masuk ke halaman selanjutnya. berikut tampilannya.

halaman-kerja-myob

keterangan :

Account berfungsi untuk membuat daftar perkiraan dan membuat jurnal umum.

Banking digunakan Untuk mencatat perkiraan yang berhubungan dengan transaksi bank, selain membeli maupun menjual barang dagang perusahaan.

Sales digunakan Untuk mencatat penjualan barang, termasuk penerimaan piutang perusahaan dan segala yang berhubungan dengan penjualan perusahaan.

Purchase digunakan Untuk mencatat pembelian barang, termasuk membayar hutang perusahaan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pembelian barang perusahaan.

Inventory digunakan Untuk mencatat persediaan barang dagang terutama untuk perusahaan dagang

Card File digunakan Untuk mencatat dan mengatur secara permanen data-data pelanggan, pemasok, pegawai dan hubungannya dengan pihak lain atau pihak yang terkait.

Sekian tutuorial yang dapat saya tulis kali ini tentang cara belajar myob semoga bermanfaat. sekali lagi saya minta maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan saya. semoga artikel saya bermanfaat terimakasih telah berkunjung. apabila anda mempunyai permasalahan yang berhubungan dengan komputer silahkan cari solusinya di website kami di kuncikomputer.com .

BACA JUGA :