Tutorial Belajar Codeigniter Dasar untuk Pemula [100% Pasti Bisa]

Posted on

Belajar Codeigniter Dasar untuk Pemula [Pasti Bisa] – Disini saya akan mengenalkan apa itu codeigniter sebelum belajar jauh tentang tutorial menggunakan codeigniter. Codeigniter adalah framework yang digunakan untuk pembuatan website, kata orang orang sih framework itu enak klo sudah bisa. Tapi ya semua sama saja menurut saya yang terpenting kita rajin, belajar yang bener pasti semua akan terasa mudah bener kan guys :-). selain framework codeigniter atau sering juga disebut framework CI masih banyak lagi framework yang laen seperti YII, Zend, Symfony dan lain lain. framework CI atau codeigniter merupakan aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun WEB dinamis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. sebelum saya menulis artikel ini saya meminta maaf apabila nanti terdapat kesalahan. jangan lupa kunjungi selalu www.kuncikomputer.com

cii

Tutorial Belajar Codeigniter Dasar untuk Pemula

  1. pertama download terlebih dahulu codeigniter untuk menggunakan framework codeigniter.
  2. extract file codeigniter apabila masih berbentuk zip, lalu letakkan file pada local c -> Xampp -> htdoct -> codeigniter. apabila file masih ada versinya rename dahulu foldernya ganti nama yang diinginkan. lihat gambar dibawah ini.
    ci
  3. setelah itu coba cek di web browser anda sekalian, sebelum di cek hidupkan dulu xampp anda apabila anda memakai xampp star apache dan MySQL, setelah itu ketik ini di web browser anda localhost/codeigniter (nama folder codeigniter yang direname namanya tadi). lihat gambar berikut.
    tes-ci
  4. Apabila tampilan sudah seperti diatas langkah selanjutnya adalah konfigurasi codeigniternya.

Konfigurasi Untuk Belajar Codeigniter

  1. setelah langkah diatas sekarang kita akan mengkonfigurasi codeigniter, sebelum itu yang harus disiapkan untuk  Belajar Codeigniter Dasar untuk Pemula yaitu aplikasi  yang dapat digunakan untuk membuka file PHP, disini saya menggunakan notepad++. klik file -> open folder as workspace, untuk membuka semua folder, pilihlah folder codeigniter atau folder yang anda rename tadi. lihat gambar berikut.
    open-ci
  2.  setelah dibuka file codeigniter lalu bukalah folder aplication -> config, dengan cara klik icon + . jangan perhatikan sourcode sampingnya yang tidak ada kotak merah :-p.
  3. setelah terbuka buka lah file config.php tambahin variabel seperti ini.
    keterangan :
    isi localhost/namafoldercodeigniter,
    salanjutnya isi
    terserah atau nama anda
  4. selanjutnya  buka autoload.php lalu edit file seperti ini cari variabelnya lalu tambahin,
  5. selanjutnya buka file database.php cari variabel seperti ini lalu edit seperti dibawah.
    keterangan:
    127.0.0.1 apabila local host tidak bisa dan database belajar tutorial buat database klik disini. apabila anda memakai mysqli ganti jngn mysql jadi mysqli.
  6. selanjutnya buka file routes.php dan ganti variabel dibawah ini.
    keterangan : welcome bawaan ci, apa bila anda akan membuat file tampilan sendiri gantilah welcome dengan nama file anda dengan ketentuan file buatan anda harus sesuai dengan ketentuan ci.
    buatlah file di controller. disini saya akan membuat file coba.php sehingga di routes menjadi coba
     
  7. sourcecode coba.php di controller dibawah ini.
    pada source $this->load->view(‘input’);  yaitu ci akan membaca file input.php pada folder view. dan $this->load->model(‘model_input’); akan membaca file model_input.php pada folder model.
  8. sourcecode input.php pada view dibawah ini.
    keterangan pada action=”<?php echo base_url();?>index.php/coba/simpan” yaitu koding tersebut akan membaca perintah simpan pada file coba.php lalu public function simpan ().
  9. sourcecode model_input.php dibawah ini.
    seperti yang telah saya jelaskan diatas framework ci ini dengan model MVC (Model, View, Controller) jadi jangan pusing ya 🙂
  10. setelah itu coba cek dilocalhost web browser anda. ketikan localhost/codeigniter maka akan muncul tampilan inputan. masukan data lalu simpan, kode harus angka setelah itu cek di database insyaallah berhasil.

 

baca tutorial jngn sampai terlewat diatas ada link menuju artikel pembuatan databasenya. sekian tutorial yang dapat saya berikan saat ini tentang cara belajar codeigniter dasar untuk pemula semoga bermanfaat bagi anda. sekali lagi saya minta maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan saya, apabila anda mempunyai permasalahan tentang komputer silahkan cari  solusinya di website kami di kuncikomputer.com .

 

BACA JUGA :