Solusi Cara Mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver Is Missing Pada Install Windows

Posted on

berbica tentang windows, memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. windows merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna komputer terutama diindonesia. nah pada saat proses install windows biasanya kita mengalami permasalahan seperti Error a Required CD/DVD Device Driver Is Missing.

bagaimana cara mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver Is Missing??

pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi bagaimana cara mengatasi error saat proses install windows. untuk lebih jelasnya silahkan anda baca artikel saya dibawah ini.

Cara Mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver Is Missing

apabila anda mengalami permasalahan seperti ini pada saat melakukan proses install, coba anda ikuti solusi yang akan saya berikan dibawah. yang harus anda lakukan yaitu siapkan flashdisk dan juga cd/dvd biar anda tidak berpatokan dengan cd/dvd saja, apabila ada bermasalah pada cd/dvd anda dapat menggunakan flashdisk yang sudah ada windows nya (windows sudah di buring).

Langkah-Langkah Cara Mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver Is Missing

1. File Windows Didalam CD/DVD Rusak
Pada permasalahan yang pertama, bisa saja file windows didalam cd/dvd rusak, sehingga komputer atau laptop tidak mendeteksi adanya windows yang ada didalam cd/dvd. apabila permasalahan yang terjadi file windows rusak maka solusinya, burning ulang windows nya atau anda bisa melakukan install menggunakan flashdisk yang sudah ada windowsnya.

2. Kompabilitas Port USB Pada Laptop
pada laptop keluaran terbaru sekarang kebanyak usb yang digunakan yaitu usb 3.0 sedangkan flashdisk yang kita gunakan hanya mendukung usb 2.0. permasalahan ini terjadi apabila anda melakukan instalasi menggunakan flashdisk karena flashdisk menggunakan lubang usb untuk transmisi data. untuk solusi dari permasalahan ini, silahkan anda pindahkan flashdisk ke port yang lain untuk instalasi.

3. Permasalahan pada BIOS
permasalahan yang ketiga bisa terjadi pada pengaturan BIOS nya. pada pengaturan bios tidap diubah prioritas pembacaan sistemnya sehingga terjadi error a required cd/dvd device driver is missing. untk mengatasi permasalahan ini silahkan anda setting ulang bios anda, caranya masuk ke dalam bios -> pilih booting -> boot device -> pindahkan dvd/usb yang digunakan untuk instal agar menjadi pertama (priority). setelah itu klik menu -> advence -> ubah driver dari SATA ke AHCI bisa juga matikan menu SATA dan alihkan ke AHCI setelah itu save dan retart komputer atau laptop anda.

4. Laptop Keluaran Terbaru
pada laptop yang keluaran sekarang ada beberapa yang tidak mendukung terhadap driver-driver tertentu. agar lebih jelasnya silahkan anda baca buku panduan untuk mengetahui apakah laptop support terhadap windows 7 atau tidak, jika tidak support anda dapat melakukan install driver sata AHCI dari laptop tersebut. caranya cari driver driver sata AHCI dari laptop anda, setelah itu extrack file kedalam folder dan simpan file kedalam flashdisk, setelah itu lakukan isntalasi driver sata AHCI dengan memasukan flashdisk yang terdapat driver sata AHCI kedalam usb yang masih kosong.

sekian yang bisa saya bagikan kali ini tentang artikel Solusi Cara Mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver Is Missing Pada Install Windows, semoga dapat membantu anda dalam melakukan pekerjaan anda. apabila anda mempunyai permasalahan yang lainnya yang masih berhubungan dengan komputer silahkan anda cari solusinya di website kami di kuncikomputer.com .

Baca Juga:

Solusi Cara Mengatasi Google Chrome Yang Error Atau Crash Dengan Mudah

Solusi Cara Mengatasi “System Error 5 has occurred. Access is denied.” Dengan Mudah

Rahasia Cara Mengatasi Error Windows Store Dan Kalkulator Pada Windows 10

Cara Membuat Email Baru Menggunakan Gmail (Cepat Dan Mudah)

Cara Mengirim Email Lewat Gmail (Mengirim File Lewat Gmail) Lengkap

NSIS ERROR Dan Cara Mengatasi nya Saat Akan Install Aplikasi