Sejarah Linux, Perkembangan Linux Serta Kelebihan Dan Kekurangan Linux [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com Рlinux merupakan sistem operasi open source yang dapat digunakan oleh semua orang. sistem operasi ini berbeda dengan sistem operasi yang lainnya karena linux memiliki keamanan yang sangat baik. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Sejarah Linux, Perkembangan Linux Serta Kelebihan Dan Kekurangan Linux.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang sejarah linux dan perkembangan linux serta kekurangan dan kelebihan linux, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Sejarah Linux Dan Perkembangan Linux



Sejarah Linux Dan Perkembangan linux dimulai dari tahun 1969 yaitu ken thompson bersama dennis ritchie merupakan pengembang bahasa C, para peneliti AT&T Bell Lab. AS. yang pertama membuat sistem operasi UNIX (awal mula sejarah linux). pada masanya UNIX merupakan sistem operasi yang mendapatkan perhatian besar dikarenakan sistem operasi ini dibuat bukan oleh hardware maker. sistem operasi unix menggunakan bahasa C sehingga mempermudah dalam memindahkannya dari macam-macam platform.

sejarah dan perkembangan Linux mulai pesat karena sistem operasi UNIX di kembangkan lagi oleh universitas barkeley dan yang masih dikembangkan oleh AT&T. kemudian perusahaan-perusahaan mulai bersaing untuk memegang control dalam bidang sistem operasi. dan sejak itu dibuatlah standarisasi untuk sistem operasi. setalh dibuat standarisasi keluarlah proyek sistem operasi POSIX yang di pimpin oleh IEEE (The Institute of Electrical and Electronics Engineers) yang memiliki keinginan untuk menetapkan speesifikasi dari standar UNIX dan mulailah muncul berbagai macam jenis dari UNIX.

MINIX merupakan salah satu dari UNIX yang dibuat oleh amerika yang bertujuan untuk pendidikan. mahasiswa universitas helsinki yang bernama linus tolvalds menjadikan source code dari MINIX sebagai referensi untuk membikin sitem operasi yang baru dan bisa di pakai oleh umum dan sistem opersi yang dibuat diberi nama LINUX. adapun tools yang digunakan dari sistem opersi linus yaitu free foundation saoftware berlisensi GNU. untuk menyempurnakan LINUX sebagai sitem operasi yang sempurna dimasukanlah program-program berlisensi GNU. Sejarah Linux Dan Perkembangan Linux kemudian berlanjut pada tahun 1970 yang merupakan tahun pertama dari rilisnya sistem operasi yang bermula UNIX.

linux merupakan sistem operasi yang dapat dijalankan di bermacam-macam platform atau bersifat multi user serta multi tasking. Linux merupakan turunan dari nama pembuatnya yaitu Linus Torvalds di universitas helsinki finlandia. sedamgkan MINIX adalah sistem operasi UNIX yang kecil yang di buat oleh Andy Tanenbaum pada 1987. dan sekarang Linux merupakan pengganti dari sistem operasi UNIX akan tetapi lebih lengkap, misalnya linux dapat digunakan untuk jaringan, pengembangan perangkat lunak dan dapat digunakan dalam sehari hari. Linux menjadi sistem operasi alternatif karena jauh lebih murah dibandingkan dengan sistem operasi komersial, apalagi kemampuan Linux tidak kalah dengan kemampuan sistem operasi komersial.

sejarah Linux dengan Proyek GNU yang di laksanakan pada tahun 1984 yang bertujuan untuk membikin sistem operasi agar kompatibel dengan UNIX dan Lengkap. kemudian pada 1985 Richard Stallman membuat yayasan GNU General Public License atau GNU GPL. Linux Tidak Memiliki Logo yang menarik hanya berupa gambar burung pinguin yang terlihat santai. logo burung pinguin memiliki cerita tersendiri bagi penemu LINUX yaitu LINUS Torvalds. pada saat berlibur Linus Torvalds berkunjung ke daerah selatan dam bertemu dengan seekor linux kecil dan pendek yang kemudian menggigit jari linus Torvalds dan membuatnya sakit demam sampai berhari-hari, cerita ini lah yang menjadikan inspirasi untuk membuat logo seekor burung pinguin. sedangkan TUX merupakan singkatan dari Torvalds UniX yang diusulkan oleh James Hughes. dan sampai sekarang sejarah linux masih saja di abadikan mengingat perkembangan linux sangat pesat.

Kelebihan Linux

1. sistem operasi linux bersifat open source atau bebas dimiliki, dikembangkan dan didistribusikan ulang.
2. sistem operasi linux bersifat freeware maksudnya yaitu penggunanya tidak di tuntut untuk membayar royalty kepada penciptanya.
3. Linux hanya membutuhkan spek hardware dari komputer yang kecil atau tidak membutuhkan ruang yang banyak. akan tetapi untuk kebutuhan misalnya grafis membutuhkan ruang yang besar.
4. sistem operasi linux bersifat skalabilitas atau dapat berjalan di mesin yang berukuran kecil seperti 3com palm pilot dan juga digital itsy, linux juga dapat dijalankan di mesin yang besar seperti beowulf clusters.
5. linux memiliki stabilitas yang tinggi.
6. linux memiliki sistem penomoran sehingga tidak akan terjadi kerusakan pada program apabila diadakan pembaharuan.
7. sistem operasi linux sangat kebal terhadap virus dibandingkan dengan sistem operasi lain, sehingga banyak penguna yang menggunakannya sebagai sistem keamanan.

Kekurangan Linux

1. tampilan linux berbeda dengan tampilan sistem operasi yang populer seperti windows, sehingga pengguna pemula akan merasa kesulitan.
2. ada beberapa jenis sistem operasi linux yang belum optimal dalam penyajian WYSYWYG (What You See is What You Get), akan tetapi sekarang mulai di sempurnakan sehingga beberapa linux sudah mulai mendekati sempurna.

sekian artikel tentang sejarah linux, perkembangan linux  serta kelebihan dan kekurangan linux semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :