Prosedur 2 Cara Cek Spesifikasi Motherboard Tanpa Bongkar CPU

Posted on

www.kuncikomputer.com – Pada situasi tertentu, terkadang para pengguna komputer perlu mengetahui jenis motherboard apa yang tertanam pada komputer mereka. Informasi motherboard ini sangat penting untuk mengetahui seberapa tangguh kemampuan komputer mereka. Akan tetapi, proses untuk mencari tahu spesifikasi perangkat keras ini tidak mudah. Anda mungkin harus membongkar CPU Anda. Jika ini Anda lakukan? Risikonya tentu banyak. Lalu, adakah cara lain untuk mengetahui spesifikasi motherboard tanpa harus bongkar CPU? Nah, pada informasi berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara cek spesifikasi motherboard tanpa bongkar CPU. Untuk Anda yang sudah penasaran seperti apa caranya, langsung saja simak informasi pentingnya berikut.

Seperti biasa sebelum saya  menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel turorial Prosedur 2 Cara Cek Spesifikasi Motherboard Tanpa Bongkar CPU, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Prosedur 2 Cara Cek Spesifikasi Motherboard Tanpa Bongkar CPU



Menggunakan CMD

Anda memang tidak perlu membongkar CPU Anda hanya untuk mengetahui spesifikasi motherboard Anda. Jika harus membongkar CPU, risikonya mungkin bisa banyak. Jika Anda kurang ahli dalam bongkar pasang CPU, mungkin komputer Anda malah akan rusak. Cara Cek Spesifikasi Motherboard Tanpa Bongkar CPU yang pertama ini menggunakan CMD atau Command Line. Caranya sangat mudah:

– tekan tombol windows + R, setelah itu, ketikkan cmd dan tekan enter

– Pada jendela yang ada, ketik pilihan “wmic baseboard get product, manufacturer, version, serial number”.

Jika cara ini berhasil, komputer akan menunjukkan beberapa informasi mengenai model produk motherboard, perusahaaan yang memproduksinya, nomor serial, dan versi. WMIC ini akan secara spesifik menampilkan semua informasi tentang motherboard saja. Jika Anda menginginkan informasi lebih detail, Anda bisa menggunakan cara yang kedua.

Menggunakan Software Speccy

Jika cara yang pertama hanya mengandalkan CMD, cara yang kedua ini menggunakan software yang memudahkan dalam mencari informasi terkait motherboard. Cara cek spesifikasi motherboard tanpa bongkar CPU yang kedua adalah menggunakan software speccy. Speccy merupakan software yang dibuat oleh Piriform. Ini adalah software yang sangat bagus untuk mencari tahu detail dari motherboard.

Pertama, Anda harus mengunduh perangkat lunak ini terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menginstallnya. Setelah prosesnya selesai, buka speccy untuk mengetahui info tentang motherboard. Butuh waktu beberapa menit untuk bisa menampilkan semua informasi terkait komputer Anda.

Ketika Anda menggunakan speccy, tak hanya informasi tentang motherboard yang bisa Anda lihat. Informasi terkait CPU, Hard disk, RAM, audio, dan banyak info lainnya bisa juga ditampilkan. Untuk informasi lengkap per bagiannya, Anda bisa lihat info per bagiannya.

Demikian adalah dua cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui spesifikasi motherboard komputer Anda. Informasi ini penting, terutama jika Anda ingin mengupgrade driver, menambah RAM, atau melakukan penggantian pada perangkat keras lainnya. Akan sangat bermasalah jika Anda mengganti perangkat keras lain, tetapi tidak memperhatikan spesifikasi motherboard. Semoga penjelasan tentang cara cek spesifikasi motherboard tanpa bongkar CPU bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga :