Printer Tidak Merespon Dan Cara Mengatasinya [100% Work]

Posted on

apabila anda mempunyai permasalahan printer yang tidak merespon anda dapat mengikuti langkah-langkah yang akan saya bagikan dibawah ini. printer biasanya digunakan pada satu komputer atau laptop, akan tetapi bisa juga digunakan beberapa komputer atau laptop. nah  apabila digunakan beberapa komputer,  tentunya menggunakan kabel LAN atau sebuah jaringan. nah untuk permasalahan keduanya silahkan anda baca lengkapnya dibawah ini tentang printer tidak merespon.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.

Printer Tidak Merespon

printer tidak  merespon
printer tidak merespon

www.kuncikomputer.com – seperti yang telah saya tuliskan diatas, permasalahan printer tidak meresopon terdapat dua jawaban. megapa terdapat dua jawaban ?? karena biasanya printer digunakan oleh satu komputer atau beberapa komputer menggunakan sebuah jaringan. untuk kedua permasalahan tersebut anda dapat baca solusinya dibawah, semoga dapat membantu anda.

Cara Mengatasi Printer Tidak Merespon

1. pertama yang harus anda lakukan yaitu cek kabel yang tersambung ke daya listrik dan pastikan printer terhubung ke komputer atau laptop.
2. selanjutnya anda cek printer apakah sudah ON atau belum, jika belum hidupkan printer anda.
3. apabila anda sudah cek tombol on dan kabel printer aakn tetapi printer tidak merepon, coba cek cartridge printer anda apakah sudah terpasang dengan benar, matikan printer kemudian hidupkan kembali.
4. apabila anda sudah mengecek cartridge dan cek kabel printer sudah bener semua, ada kemungkinan driver printer nya bermasalah, untuk mengatasi permasalahan ini silahkan anda uninstal driver printernya kemudian instal ulang drivernya, anda bisa langsung colokan printernya dan instal langsung drivernya atau anda dapat download di google driver dengan nama printer anda kemudian instal di laptop atau komputer anda.
5. apabila langkah keempat masih belum bisa mengatasi printer tidak merespon, silahkan anda hapus semua print jobs atau print queue nya, kemudian matikan dan hidupkan lagi printernya.
6. dan apabila masih saja error dan tidak merespon printernya, coba anda baca buku panduan printernya, biasanya dibukunya terdapat cara mengatasi permasalahan printer apabila printer mengeluarkan pesan error, seperti paper jam atau kertas tersangkut maka matikan printer dan tarik kertas pelan-pelan lalu hidupka lagi printernya, jika pesannya low cartridge atau hidup lampu tintanya silahkan anda lihat isi tintanya, biasanya tintanya habis maka isi tinta cartridge nya dan cobalah lakukan print apabila tinta sudah diisi.
7. apabila masih saja tidak merespon dan printer anda menggunakan sebuah jaringan LAN silahkan anda cek IP address nya apakah sudah benar dan apakah terhubung dengan komputer server. untuk belajar setting IP nya baca disini.

sekian artikel yang dapat saya bagikan kali ini tentang printer tidak merespon semoga bermanfaat. saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: