Perbedaan Data dan Informasi Secara Mendetail [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – Anda pasti pernah berbicara dengan menggunakan istilah-istilah yang Anda anggap mirip namun ternyata memiliki arti yang berbeda bukan? Banyaknya kosakata dalam bahasa Indonesia, terkadang membuat Anda bingung membedakan tiap-tiap kata dan penggunaannya. Apalagi kini banyak kosakata yang diserap dari bahasa asing. Hal ini tentu akan semakin membingungkan bukan? Dua kata yang sering salah digunakan oleh orang saat berujar atau berbicara adalah kata ‘data’ dan ‘informasi’. Banyak orang yang menganggap kedua kata ini adalah kata yang sama atau memiliki arti yang serupa. Namun sebenarnya kedua kata ini berbeda. Lantas, apakah perbedaan data dan informasi itu? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Data dan Informasi

Pada dasarnya, Perbedaan data dan informasi yang paling mendasar dapat dilihat secara fisik. Namun ada beberapa hal yang membedakan keduanya. Berikut beberapa perbedaannya.

Data

  1. Data biasanya berbentuk angka, simbol, karakter maupun gambar yang biasanya menggambarkan atau merepresentasikan keadaan yang sebenarnya.
  2. Data ini biasanya disimpan dalam bentuk tulisan atau rekaman media.
  3. Sebagai sebuah bahan mentah, data terkadang tidak bisa diterima secara langsung.
  4. Karena berbentuk secara fisik seperti angka, gambar, karakter maupun simbol, data biasanya bersifat lebih detail.
  5. Meskipun detail, data hanya berisi penjelasan singkat
  6. Data merupakan sebuah detail dan bersifat teknis maka kemudian data ini bisa diolah lagi menjadi informasi.
  7. Data hanya digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan.

Informasi

  1. Informasi berbentuk hasil olahan dari data. Hasil pengolahan itu bisa berupa hasil analisa maupun hasil pengolahan data lainnya
  2. informasi cenderung lebih bisa diterima oleh oleh akal sehat setiap orang. Hal ini karena informasi berasal dari data yang sudah dianalisa dan bisa dipertanggungjawabkan.
  3. Karena berbentuk sebuah hasil olahan, informasi menghasilkan lebih banyak penjelasan dan tentu saja lebih lengkap dan jelas.
  4. Informasi bisa digunakan untuk mengambil keputusan.

Sebagai contoh misalnya data penjualan. Yang dimaksud data penjualan disini adalah semua bahan mentah tentang penjualan yang berupa angka maupun tabel dan grafik yang belum diolah. Kemudian menghasilkan informasi penjualan per bulan misalnya, yang merupakan hasil olahan dari data penjualan per hari dan per minggu. Data ini kemudian diolah untuk membuat informasi penjualan bulanan.

Dari perbedaan data dan informasi yang sudah dijelaskan di atas, kini Anda tentu bisa membedakan keduanya bukan? Anda kini bisa mengambil kesimpulan bahwa kedua kata tersebut adalah berbeda. Baik dari makna maupun cara pemerolehannya. Kesimpulannya, data adalah bahan mentah yang belum diolah sedangkan informasi adalah hasil olahan data yang sudah melalui proses pengolahan berupa analisa yang bisa dipertanggungjawabkan. Semoga dengan perbedaan keduanya Anda tidak lagi keliru dalam menggunakannya.

Baca Juga: