Penjelasan Proxy Server, Tujuan, jenis Proxy Dan Penjelasan Lainnya [Terlengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – didalam sebuah jaringan komputer terdapat yang namanya proxy server. proxy server merupakan server yang berupa aplikasi atau sistem yang memiliki kegunaan sebagai perantara bagi komputer client untuk meminta sumber daya dari server lainnya. sebuah komputer client akan terhubung ke proxy server apabila akan meminta layanan misalnya file, membuka halaman web, koneksi, dan yang lainnya yang terdapat pada server berbeda. tugas server proxy┬á mengevaluasi dari permintaan komputer client serta menyederhanakan dan mengkontrol kompleksitasnya. tujuan dari diciptakannya proxy yaitu untuk menambahkan struktur dan enkapsulasi yang digunakan sistem terdistribusi.



Penjelasan Proxy Server, Tujuan, jenis Proxy Dan Penjelasan Lainnya



Tujuan Dari Penggunaan Proxy Server

1. proxy digunakan untuk menjaga keamanan.
2. proxy digunakan untuk mempercepat kompter client dalam mengakses ke sumber daya dengan menggunakan chace.
3. proxy digunakan untuk menghemat bandwidth serta mencegah mendownload file yang sama beberapa kali.
4. proxy digunakan untuk mengatur penggunaan internet pada suatu perusahaan.
5. proxy digunakan untuk menghindari dari konten yang terdapat virus malware sebelum pengiriman.
6. proxy digunakan untuk pencegahan kehilangan data atau memindai konten outbound.
7. proxy digunakan untuk memungkinkan web browser dalam membuat permintaan web eksternal untuk host konten ketika sebuah situs terdapat pembatasan lintas domain.

8. Proxy digunakan untuk pembatasan situs situs apa saja yang dapat di akses pada suatu perusahaan atau pendidikan dan dapat digunakan untuk peningkatan akses dalam pembahasannya.
9. Proxy juga dapat digunakan untuk menerapkan kebijakan dari sebuah jaringan terhadap konten konten yang memang dilarang untuk di akses atau sudah di blokir.
10. Selain memblokir situs kita juga dapat membuka situs yang sudah disaring oleh ISP atau situs yang dilarang.
11. Proxy dapat digunakan untuk memotong keamanan.
12. Dengan proxy kita dapat mengakses halaman yang sudah diblokir oleh pemerintah dan kita dapat menghindari internet filtering .

Jenis-jenis proxy

1. Tunneling proxy atau gerbang yaitu merupakan sebuah server proxy yang dapat melewati tanggapan dan permintaan yang sudah termodifikasi.
2. Proxy forward merupakan sebuah proxy yang menghadap internet dan berguna untuk mengambil data dari bermacam macam Sumber.
3. Reverse proxy merupakan sebuah proxy yang menghadap ke internet serta digunakan sebagai front-end berfungsi untuk mengontrol serta melindungi dari akses ke sebuah jaringan pribadi , adapun tugas tugasnya seperti , load balancing, cahcing, deskripsi dan otentikasi.

Keterangan lainnya

  • Penyaringan data enkripsi

Sebuah web proxy filtering tidak dapat melakukan melihat data terhadap soket transaksi HTTP yang aman, karena rantai of-trust dari SSL / TLS belum dirusak. Sedangkan SSL / TLS rantai of-trust itu tergantung pada otoritas sertifikat akar terpercaya.

  • Caching

merupakan sebuah server proxy chacing yang dapat mempercepat permintaan layanan serta dapat mengambil konten kemudian disimpan dari permintaan sebelumnya yang telah dibuat oleh komputer client yang sama atau yang lainnya. oleh karena itu chacing proxy yang telah menyimpan salinan setempat dari sumber daya yang sering diminta sehingga memungkinkan perusahaan besar secara signifikan mengurangi penggunaan bandwith hulu mereka dan biayanya serta dapat meningkatkan kinerja.

Baca Juga :