Pengertian Web Server, Fungsi, Cara Kerja Dan Contohnya [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – mungkin kita bertanya tanya apa yang dimaksud dengan web server ?? bagaimana cara kerjanya, fungsinya apa dan apa contohnya. kali ini saya akan menuliskan materi web server, semoga menjawab pertanyaan anda dan dapat menambah wawasan anda. secara umum web server berguna untuk menerima permintaan dan mengirim data sesuai permintaan, akan tetapi agar lebih jelasnya silahkan simak artikel saya tentang Pengertian Web Server, Fungsi, Cara Kerja Dan Contohnya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang materi artikel Pengertian Web Server, Fungsi, Cara Kerja Dan Contohnya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Web Server, Fungsi, Cara Kerja Dan Contohnya



Pengertian Web Server

Web Server adalah sebuah software atau perangkat lunak didalam sebuah server yang memiliki kegunaan untuk menerima permintaan atau reques halaman web lewat protokol HTTP atau HTTPS dari client yang biasanya disebut dengan browser, setelah itu web server akan mengirim kembali atau merespon dari permintaan yang ada dalam bentuk halaman web dengan bentuk dokumen HTML.

berdasarkan pengertian web server diatas dapat disimpulkan bahwa web server adalah server yang melayani dari request web client (browser) seperti mozila firefox, google chrome, internet explorer, opera mini dan lainnya. fungsi dari web server digunakan untuk menampilkan halaman maupun data yang diminta berupa dokumen HTML.

Fungsi Web Server

web server memiliki fungsi untuk mengirimkan data/halaman web yang diminta oleh user lewat media protokol komunikasi tertentu. dengan kata lain fungsi web server yaitu mengirimkan sebuah halaman web. halaman web yang dikirim oleh web server biasanya terdapat macam-macam file didalam halaman tersebut, seperti file gambar, tulisan, video, audio, dan lainnya.

web server akan melakukan tugasnya setelah pengguna meminta sebuah halaman, contohnya saat anda menuliskan sebuah halaman web di mozila firefox atau google chrome kemudian di tekan enter maka web server akan mencari halaman tersebut dan menampilkan di halaman web browser anda (mozila / google chrome dan lainnya). dan apabila halaman web yang diminta tidak ditemukan maka web server akan menolak permintaan anda.

Cara Kerja Web Server

seperti yang sudah dijelaskan di pengertian client server diatas, cara kerja sederhanya web server yaitu menerima permintaan dari pengguna dan mereponnya dengan mengirimkan halaman sesuai dengan yang diminta dan menolaknya apabila data tidak ditemukan.

Cara Kerja Web server dimulai dari client yang meminta data halaman web kepada server, pada waktu itu perintah permintaan oleh browser akan dikemas didalam TCP yang memiliki peran sebagai protokol transport kemudian permintaan akan dikirim ke protokol berikutnya yaitu HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) ataupun HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure). halaman web yang diminta oleh client kepada server dinamakan HTTP request atau sebagai permintaan. setelah itu data/halaman web yang diminta oleh client akan di carikan oleh server, kemudian halaman akan diringkas oleh server kedalam TCP kemudian akan dikirim ke browser client untuk ditampilkan. halaman yang dikirim oleh server ke browser client dinamakan dengan HTTP response. dan apabila halaman yang diminta oleh client tidak ditemukan oleh server maka server akanmenolaknya dan browser client akan menampilkan Page not found ataupun pesan error 404.

dilihat dari cara kerja web server diatas sepertinya sangat rumit, akan tetapi rangkaian cara kerja diatas dilakukan sangat cepat. sampai-sampai anda tidak menyadari proses tersebut dan anda tinggal menunggu respon web server, kemudian hasilnya akan tampil di browser anda.

Contoh Web Server

berikut ini merupakan contoh web server yang sering digunakan:

1. Apache Tomcat
2. Zeus Web Server
3. Microsoft Internet Information Services (IIS)
4. Nginx
5. Apache
6. Lighttpd
7. Litespeed

Fitur-Fitur Standar dari Web Server

1. Pengaturan Bandwidth
2. Otektifikasi
3. Logging
4. Virtual Hosting
5. Kompresi Konten
6. HTTP
7. HTTPS

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol adalah protokol yang berfungsi untuk menghubungkan web server dengan web browser. sedangkan HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure adalah versi aman (secure) HTTP. Protokol HTTP menggunakan port 80 sedangkan protokol HTTPS memakai port 443. biasanya di web browser terdapat http:// ataupun https://.

sekian artikel materi tentang Pengertian Web Server, Fungsi, Cara Kerja Dan Contohnya yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :