Pengertian WEB, Sejarah WEB dan Cara Kerja WEB (Terlengkap)

Posted on

www.kuncikomputer.comРpada kali ini saya akan menjelaskan dari pengertian, sejarah dan cara kerja dari WEB. anda sebagai pengguna internet tentunya harus mengetahui tentang WEB, yang merupakan system milik pribadi seseorang pada mulanya. dan kemudian dikembangkan untuk kepentingan publik melalui jaringan internet. dengan web anda dapat berbagi informasi, data, gambar, video dan lain sebagainya dengan pengguna lainnya. untuk itu kita sebagai pengguna tentunya harus tahu juga perkembangannya, janga sebagai pengguna saja hehe. oke mending kita langsung saja keartikel saya tentang Pengertian WEB, Sejarah WEB dan Cara Kerja WEB (Terlengkap)

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian WEB, Sejarah WEB dan Cara Kerja WEB



sejarah web

Pengertian WEB

WWW merupakan singkatan dari Word Wide Web adalah satu buah ruang informasi atau dikenal dengan dengan URL [uniform resource locator] untuk mengenal sumber dari penggunanya. WWW merupakan sebagian dari internet akan tetapi tidak jarang juga WWW dianggap sebagai internet secara keseluruhan. WWW merupakan kumpulan situs server yang digunakan oleh semua pengguna internet untuk menyediakan data atau informasi untuk bisa digunakan bersama. dari WWW pengguna internet dapat terhubung dari seluruh dunia dan dapat saling berbagi informasi atau mendapatkan informasi yang berbentuk gambar, tulisan, video dan lain sebagainnya.

WWW ialah kumpulan dokumen yg tersimpan di web dan menyebar ke lima benua termasuk indonesia yg dapat mengakses melalui jaringan internet. adaun format yang dignakan untuk menyimpan dokumen atau informasi diinternet yaitu HTML (Hypertext Markup Language). keterkaitan antara halaman dokumen yang terdiri dari teks satu dengan teks yang lainnya atau dengan dokumen yang lainn. keterkaitan halaman dengan teks biasa sebut dengan sebutan pranala.

selain teks dokumen dapat berbentuk gambar, video, atau gambar yang diberi suara. keterkaitan dokumen dengan dokumen dapat disebut dengan sebutan hipermedia. jadi kesimpulannya adalah WWW merupakan sekelompok dokumen multimedia yang bisa saling terkait dengan menggunakan tautan hiperteks. pranala atau bisa disebut sebagi hyperlink, pengguna internet dapat berpindah dari dokumen satu ke dokumen yang lainnya.

Sejarah Tentang WEB

Pada tahun 1991, WWW ditemukan oleh Tim Berners-Lee sebagai sebuah program. pada mulanya Berners-Lee mencari cara untuk menyimpan data arsip arsip yang dia miliki. dan dia membuat sebuah system untuk menyimpan data pribadinya, dan system yang dibuat diberi nama Enquire yang merupakan program peranti lunak. pada system yang buat oleh Berners-Lee terdapat jaringan yang dapat menautkan berbagai arsip dan system tersebut dapat memudahkan dalam pencarian data yang dibutuhkan, dan dari sini lah awal mula dari perkembangan dari WWW.

WWW pertama kali di kembangkan pada pusat penelitian fisika partikel di Eropa ( Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire(CERN)), Jenewa, Swiss. Berners-Lee pada tahun 1989 mengajukan sebuah proyek untuk pembuatan hiperteks global, dan pada bulan oktober 1990 pada Lingkungan CERN seudah bisa dijalankan sebuah Word Wide Web. kemudian pada tahun 1991, Word Wide Web secara resmi dipakai secara luas oleh pengguna jaringan internet.

Cara Kerja WEB

web browser yang pertama kali dibuat disebut dengan nama NCSA Mosaic yang dikembangkan di pusat Nasional untuk Aplikasi Super komputer pada tahun 1990-an. web browser merupakn perangakat lunak sebagai alat yang digunakan untuk mengakses word wide web dari internet. sekarang ini banyak sekali jenis web browser yang dapat kita gunakan, sebagai contohnya seperti google chrome, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox dan lain sebagainya.

Dengan persaingan yang semakin ketat banyak pengembang membuat atau mengembangkan dari perangkat lunak web browser ini. dan pada saat ini pengguna internet dapat mendownload google chrome, Microsoft Internet Explorer, firefox pada situs perusahaan masing masing secara gratis. dan anda dapat menguji yang lain setelah memiliki salah satu dari web browser ini. dan ada perbedaan pada versi windows dan versi macintosh.

Baca Juga :