Pengertian VPN dan VPS Serta Perbedaan VPN dan VPS

Posted on

www.kuncikomputer.com – Banyak yang masih awam dengan kata VPN maupun VPS. VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Sedangkan VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Kedua kata ini memiliki susunan kata yang hampir mirip hanya berbeda di akhir kata saja. Lalu sesungguhnya apa itu VPN dan VPS? Apa perbedaan yang mencolok antara VPN dan VPS? Jika dibahas lebih lanjut sebenarnya VPN dan VPS adalah dua hal yang berbeda jauh antara satu dengan yang lain. Namun karena suku katanya yang hampir mirip, masih banyak yang bingung dan menanyakan perbedaan keduanya.

Pengertian VPN dan VPS Serta Perbedaan VPN dan VPS

bagi anda yang belum mengetahui apa itu vpn dan vps , saya akan mencoba untuk berbagi tentang pengertian vpn dan vps serta perbedaannya. nah untuk lebih jelasnya dan untuk menambah pengetahuan anda tentang vpn dan vps silahkan anda baca metreinya dibawah ini.

Pengertian Virtual Private Network Atau VPN

Virtual Private Network merupakan salah satu jaringan yang sangat aman untuk digunakan dalam pengaksesan LAN (Local Area Network). Jaringan ini membentuk sebuah jaringan pribadi yang tidak memungkinkan semua orang bisa mengakses. Meskipun jaringan ini bisa menggunakan jaringan umum atau bahkan internet, namun transmisi data tetap dilakukan secara private dan rahasia. VPN menggunakan sebuah teknologi tertentu yang membuat jaringan ini memiliki sebuah pengaman sehingga pihak lain tidak dengan mudah menyusup atau menyadap traffic yang sedang berjalan. VPN dapat menghubungkan komputer server dengan client baik secara langsung maupun menggunakan internet.

Ada beberapa jaringan VPN diantaranya Remote VPN, Intranet VPN, dan Extranet VPN. Remote VPN digunakan untuk pengguna yang ingin kebebasan dalam pemberian data dimanapun dan kapanpun. Intranet VPN adalah jenis jaringan yang biasanya digunakan untuk menghubungkan sebuah satu perusahaan dengan lokasi kantor yang berbeda-beda. Ekstranet VPN adalah jaringan yang menggunakan internet sebagai rangka utama.

Pengertian Virtual Private Server Atau VPS

Masih membahas apa itu VPN dan VPS, selanjutnya beralih kepada Virtual Private Server. Virtual Private Server adalah proses pembagian sumber daya atau sumber utama / resouces dari sebuah server utama kepada beberapa server virtual. Keistimewaan server ini adalah kemampuannya dalam menjalankan OS masing-masing layaknya sebuah server pribadi. Anda tidak harus melakukan hal-hal penting yang berkaitan dengan OS pada server utamanya namun bisa langsung saja dengan server virtualnya.

VPS dibagi menjadi 2 jenis yaitu Managed dan Unmanaged. VPS jenis Managed memberikan kemudahan pada user karena segala hal teknis sudah dilakukan oleh admin provider VPS. Hal-hal seperti instalasi, keamanan, konfigurasi dan maintenance sudah dilakukan oleh pihak admin dari provider VPS. Sedangkan pada VPS jenis Unmanaged user harus mengelola secara mandiri.

Itulah perbedaan apa itu VPN dan VPS. Jika membaca dengan seksama pernyataan-pernyataan pada artikel ini maka akan jelas ditemukan perbedaan antara Virtual Private Network dengan Virtual Private Server. Jika VPN berkaitan dengan jaringan penghubung antar komputer, VPS lebih berkaitan dengan sistem pembagian server.

Baca Juga: