Pengertian VGA Card, Fungsi Dan Jenis-Jenis VGA Card [Terlengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – kali ini saya akan menjelaskan tentang VGA Card, pengertian, fungsi dan jenis jenis VGA Card. bagi anda yang memiliki habi maen game, VGA memiliki peran penting dalam resolusi game karena VGA bertugas atau memiliki fungsi untuk mengoutputkan sinyal digital ke layar monitor anda. jadi kualitas VGA akan mempengaruhi dengan tampilan yang ada pada tampilan monitor anda. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian VGA Card, Fungsi Dan Jenis-Jenis VGA Card [Terlengkap].

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian VGA Card, Fungsi Dan Jenis-Jenis VGA Card 



vga

Pengertian VGA Card

VGA Card Merupakan (video graphic accelerator) atau dikenal dengan nama lain yaitu video graphic  array merupakan sebuah perangkat keras komputer atau hardware yang melakukan proses output atau menampilkan data yang telah diproses ke layar monitor berupa visual. berdasarkan pengertian yang ada dapat disimpulkan bahwa VGA Card mempunyai peran didalam tampilan layar monitor.

sedangkan kata Card berhubungan dengan bentuknya yaitu VGA yang mirip dengan kartu yang di tancapkan pada motherboard yang memilliki slot sendiri pada motherboard komputer. VGA merupakan standar tampilan yang pertama kali di buat pada tahun1987 oleh IBM dan sekarang standar tampilan ini sudah digantikan dengan standar tampilan yang baru. istilah VGA juga sering dikenal dengan mengacu pada rosolusi layar berukuran 640×480.

seperti yang sudah dijelaskan bahwasanya VGA digunakan untuk tampilan pada monitor adapun contoh yang memerlukan kartu grafis tinggi yaitu permainan video, video dan lainnya. jenis konektor yang masih banyak digunakan pada VGA yaitu VGA 15-pin yang berguna untuk mengantarkan sinyal video berupa analog ke monitor komputer. VGA standar secara resmi yaitu XGA dari IBM, Akan tetapi nyatanya Super VGA mampu menggantikan VGA.

Fungsi VGA Card

Fungsi VGA Card atau dikenal dengan (video graphic accelerator) merupakan kartu grafis yang digunakan untuk menerjemahkan sinyal digital dan diubah menjadi sebuah tampilan yang ditampilkan oleh monitor. VGA Card juga memiliki peran sangat penting pada design grafik seperti pada main video game.

Dan pada saat ini VGA yang digunakan sudah graphic accelerator chipset yang memiliki bentuk chipset dan mempunyai kemampuan akselerasi 3D atau tiga dimensi. tampilan tiga dimensi atau 3D merupakan penyempurnaan tampilan dari sebelumnya sehingga menjadi lebih menarik dan lebih sempurna dan optimal.

Jenis Jenis VGA Card Secara Umum

  1. VGA Integrated atau VGA OnBoard
    VGA OnBoardadalah jenis VGA yang sudah terpasang langsung di mainboard komputer dan memiliki kualitas kurang bagus dan tidak bisa digunakan untuk game yang terlalu berat. kelebihan dari VGA jenis ini yaitu VGA sudah satu paket dengan motherboard sehingga anda tidak perlu membeli lagi. kekurangannya yaitu anda tidak bisa membuka game yang berat dan VGA jenis ini akan memotong memory atau RAM pada komputer anda.  berikut ini adalah gambar VGA OnBoard :
    vga onboard
  2. VGA Card add-on atau VGA OffBoard
    VGA OffBoardyaitu VGA Card yang dipasangkan ke motherboard atau bukan bawaan dari motherboard, jenis VGA ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan VGA bawaan motherboard. adapun contohnya yaitu VGA PCI, VGA PCI Express, VGA AGP dan lainnya. kelebihan dari VGA jenis ini yaitu memiliki kualitas baik dan bisa digunakan untuk game yang berat serta tidak memotong memory atau RAM pada komputer. kekurangannya karena VGA jenis ini bukan merupakan VGA bawaan motherboard tentunya anda harus membeli dan dipasangkan ke motherboard. berikut ini adalah gambar VGA OffBoard :
    vga offboard

Jenis Jenis VGA Card

  1. Kartu VGA ISA(Industry Standard Architecture) merupakan VGA Card yang dipasangkan pada slot ekspansi ISA bus yang masih mempunyai sistem I/O 8-bit maupun 16-bit
  2. Kartu VGA EISA (Extended Industry Standard Architecture) merupakan VGA Card yang dipasangkan pada slot ekspansi EISA bus yang masih mempunyai sistem 32-bit sistem I/O
  3. Kartu VGA PCI (Peripheral Component Interconnect) merupakan VGA Card yang dipasangkan pada slot ekspansi PCI bus yang masih memiliki sistem 32-bit atau 64-bit sistem I/O
  4. Kartu VGA AGP (Accelerated Graphics Port) merupakan VGA Card yang dipasangkan pada slot ekspansi AGP bus yang masih mempunyai sistem 128-bit atau 256-bit sistem I/O
  5. Kartu VGA PCI Express (Peripheral Component Interconnect Express) merupakan VGA Card yang dipasangkan pada slot ekspansi PCIe bus yang masih mempunyai siste berangkaian seri sistem I/O, dan mempunyai kecepatan transfer dengan mencapai sampai 32 GByte/s.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :