Pengertian Topologi dan Macam Macam Topologi JarKom [Terlengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian topologi jaringan, macam macam topologi jaringan serta kelebihan dan kekurangan dari masing masing topologi tersebut. tentunya kita sudah sering menggunakan jaringan contohnya seperti warnet dan lainnya. untuk lebih jelasnya kita langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian Topologi dan Macam Macam Topologi JarKom.

seperti biasa sebelum saya menuliskan artikel kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya karena saya cuma manusia biasa :-).



Pengertian Topologi dan Macam Macam Topologi JarKom



pengertian topologi jaringan komputer yaitu suatu  cara yang digunakan untuk menghubungkan bebrapa komputer menjadi satu jaringan sehingga saling terkoneksi. ada macam macam jaringan komputer dan dari macam macam tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya. saya akan menjelaskan dari macam macam jaringan komputer dibawah ini.

Macam macam jaringan komputer beserta kekurangan dan kelebihannya

  1. Topologi Ring
    topologi ring yaitu topologi yang menghubungkan satu komputer kekomputer lain sampai ke komputer pertama sehingga membentuk lingkaran seperti ring. topologi ini menggunakan data token untuk mengontrol hak akases serta menerima data.contohnya komputer 2 akan mengirim data ke  komputer5 maka akan melewati komputer5 dan 6, komputer 5 dan 6 akan meneruskan data tersebut sesuai ip address yang dituju. berikut adalah gambar topologi Ring.
    topologi-ring
    kelebihan
    biaya yang digunakan relatif muraf karena menggunakan kabel lan yang sedikit serta cepat dalam pemasangan atau instalasi.
    kekurangan
    jika salah satu komputer tidak terhubung atau ada kabel lan yang bermasalah maka data tidak dapat terkirim.
  2. Topologi Star
    Topologi star membentuk seperti bintang karena semua komputer terhubung ke switch atau hub menggunakan kabel utp. jadi pusat dari jaringan terdapat di switch atau hub yang mengontrol lalu lintas data. di Topologi ini apa bila komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 6 maka data langsung dikirim kekomputer6 tanpa melewati komputer 2,3,4,5.
    topologi-star
    kelebihan
    apabila terdapat komputer yang tidak terhubung maka tidak mengganggu komputer lain karena memiliki kabel jaringan sendiri sendiri, lebih mudah untuk mendeteksi komputer mana yang mengalami kerusakan serta memiliki keamanan dat yang tinggi.
    kekurangan
    biaya yang digunakan untuk memmbuat topologi ini lebih mahal karena memerlukan switch / hub serta kabel jaringan. dan jaringan tergantung pada hub atau switch sehingga apabila terdapat kerusakan pada hub atau switch maka tidak dapat mengirim data.
  3. Topologi Bus
    Topologi ini membentuk barisan yang rapih dan menggunakan satu kabel jaringan yang menghubungkannya yaitu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel coaxial menggunakan konektor BNC serta kedua ujung kabel coaxial harus di akhiri oleh terminator, berikut adalah gambar dari Topologi Bus.
    topologi-bus
    kelebihan
    biaya yang digunakan lebih murah dan hemat dalam pemasangan atau instalasi, hampir sama dengan topologi ring.
    kekurangan
    pada topologi ini sering terjadi anterian data apabila mengirim data terlalu banyak serta apabila mengirim data terlalu jauh maka harus menggunakan repeater.
  4. Topologi Tree topologi tree
    merupakan gabungan dari topologi star dan topologi bus, jadi setiap topologi star terhubung dengan topologi star lainnya menggunakan topologi bus. biasanya dalam topologi ini memiliki tingkatan dalam jaringannya sehingga apabila berada di tingkatan jaringan yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang lebih rendah, perhatikan gambar topologi tree dibawah ini.
    topologi-tree
    kelebihan
    lebih mudah dalam melakukan perubahan jaringan jika diinginkan serta mudah dalam menemukan kesalahan apabila terdapat komputer yang bermasalah.
    kekurangan
    membutuhkan biaya yang maha karena menggunakan banyak kabel serta hub / switch serta sering terjadi tabrakan data dan lambat dalam pengirimannya.
  5. Topologi Mesh
    topologi mesh yaitu setiap komputer akan terhubung menggunakan kabel tunggal serta cepat dalam melakukan pengiriman. contoh dari cepat dalam melakukan pengiriman yaitu apabila komputer 1 akan mengirim data ke komputer 5 maka data akan langsung dikirim ke komputer 5 tanpa harus melewati komputer 2,3,4 dan tanpa melewati hub/switch. adapun gambar dari topologi mesh sebagai berikut
    topolgi-mesh
    kelebihan
    proses pengiriman data lebih cepat serta apabila terdapat kerusakan pada komputer tidak mengganggu komputer alin.
    kekurangan
    memerlukan biaya yang lebih banyak karena memerlukan kabel yang banyak untuk membuat jaringannya serta setiap komputer harus memiliki port I/O yang banyak juga dan juga proses instalasi sangat rumit.

Catatan Topologi jaringan Komputer

topologi jaringan dapat dikembangkan sendiri yang penting tidak menyalahi aturan dari jaringannya. adapun contohnya yaitu topologi tree yang menggabungkan antara topologi star dan topologi bus.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya.

 

Baca Juga :