Pengertian Scanner, Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis-Jenis Scanner

Posted on

www.kuncikomputer.com – kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian scanner, fungsi, cara kerja, dan jenis jenis scanner. scanner merupakan perangkat keras komputer yang digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah pekerjaan manusia. scanner sebagai alat bantu contohnya seperti scanner gambar, scanner barcode, scanner sinar x dan lain sebagainya akan akan saya jelaskan nanti di jenis jenis scanner. dari jenis jenis scanner yang ada, memiliki fungsi yang berbeda beda. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian Scanner, Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis-Jenis Scanner.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Scanner, Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis-Jenis Scanner



scanner

Pengertian Scanner

Scanner merupakan perangkat keras atau hardware sebagai alat bantu input yang digunakan untuk pemindai data yang akan diinput ke komputer atau alat pemindai lainnya yang digunakan untuk menduplikat data atau mensecan lainnya. adapun contoh dari scanner yaitu seperti scanner barcode, scanner gambar, Scanner sinar X, Scanner Logam dan sebagainya. scanner dapat menduplikat atau memindai menggunakan sensor cahaya yang terdapat didalam alat scanner.

sensor cahaya tersebut memindai dan membaca struktur dari tulisan, dan gambar dari objek yang discan kemudian data tersebut diinput kedalam komputer dalam bentuk digital. bentuk dari alat scanner berbagai macam bentuk tergantung kegunaannya, apabila scanner untuk menscan gambar atau tulisan memiliki bentuk kotak dan lebar seperti ukuran kertas folio atau seukuran postcard.

Fungsi Scanner

berdasarkan pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwasanya scanner memiliki fungsi sebagai alat untuk menduplikat data dari kertas dan dikirim ke komputer berupa bentuk digital atau berfungsi untuk mendeteksi barcode, logam dan lain sebagainya, tergantung fungsi utama dari scanner tersebut. contoh yang sering digunakan untuk komputer yaitu scanner gambar yang digunakan untuk menyimpan data gambar seperti ijazah, ktp, npwp dan lainnya.

selain scanner gambar, scanner barcode juga sering digunakan untuk menscan barcode barang yang ada di perusahaan atau toko penjualan. dan untuk scanner logam digunakan untuk perusahaan prosuksi makanan yang digunakan untuk mencari logam yang berada didalam produk makanan mereka. masih ada lagi scanner yang lainnya dan memiliki fungsi yang berbeda dan digunakan sesuai dengan fungsinya sendiri, yang akan saya jelaskan pada jenis jenis scanner.

Cara Kerja Scanner Gambar

pada saat kita akan melakukan scanner, letakan kertas atau objek yang akan discan ditas kaca scanner dan tekan proses scan. setelah itu scanner akan memproses dengan memberi tanda adanya cahaya scanner saat proses scan berlangsung dan hasil gambar akan dikirim pada sensor CCD (berfungsi untuk menerima hasil dari scanner). setelah hasil gambar diterima oleh CCD kemudian data dikirim ke ADC (merubah data dari CCD dan diubah ke bentuk digital).

setelah data diubah menjadi bentuk digital, kemudian dikirim kekomputer dan pada komputer data dapat anda ubah atau edit sesuai ukuran dan bentuk yang anda inginkan, dan objek atau kertas yang anda scan sekarang sudah menjadi data berupa data softcopy dikomputer.

Jenis Jenis Scanner

  1. Scanner Gambar
    scanner Gambar yaitu jenis scanner yang memiliki fungsi untuk memindai gambar atau tulisan yang terdapat pada objek berupa kertas dan data tersebut dapat discan dan dimasukan kedalam komputer sehingga objek tersebut akan menjadi data softcopy didalam komputer berupa gambar. scanner jenis ini biasanya digunakan di jasa percetakan atau jasa fotocopy, dan digunakan untuk proses scan ijazah, ktp, npwp dan sebagainya.
  2. Scanner Optical Mark Reader (OMR)
    Scanner OMR merupakan jenis scanner yang memiliki fungsi hampir sama dengan scanner gambar, scanner jenis ini digunakan untuk memindai lembar jawaban komputer (LIK) atau data ujian nasional (UN) pada sekolahan. scanner jenis ini biasanya digunakan oleh pihak yang mempunyai hak untuk mengoreksi hasil ujian nasional (UN) sekolah yang menggunakan lembar jawaban komputer (LIK).
  3. Scanner Sinar X
    Scanner sinar X merupakan jenis scanner yang digunakan untuk memindai sebuah benda atau objek denga bantuan sinar X atau sinar rontgen. scanner jenis ini biasanya digunakan untuk melihat sesuatu atau objek yang berada didalam suatu benda. scanner Sinar X banyak digunakan dirumah sakit untuk bantuan rontgen atau melihat bagian dalam dari manusia. selain dirumah sakit scanner ini juga digunakan untuk perusahaan yang melakukan penelitian.
  4. Scanner Barcode
    Scanner Barcode merupakan jenis scanner yang memiliki kegunaan untuk memindati data dalam bentuk kode, titik, persegi panjang, batang garis atau yang lainnya. scanner jenis ini biasanya digunakan di perusahaan atau toko penjualan barang yang digunakan untuk menscan kode yang ada pada barang yang dijual.
  5. Scanner Cek
    Scanner Cek merupakan jenis scanner yang memiliki fungsi untuk menscan sebuah cek untuk mengetahui keaslian dan keabsahan sebuah cek. scanner jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang mempunyai cek sangat berharga atau bernilai.
  6. Scanner Logam
    Scanner Logam merupakan jenis scanner yang memiliki kegunaan untuk memindai sebuah logam yang terdapat didalam benda. scanner jenis ini biasanya digunakan pada perusahaan makanan yang untuk mendeteksi sebuah logam pada produk makanan yang akan dijual, selain itu scanner ini juga digunakan untuk menscan senjata tajam di bandara atau yang alinnya.

Sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :