Pengertian Routing Information Protocol (RIP) Serta Kekurangan Dan Kelebihannya [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – bagi anda yang sedang mendalami tentang jaringan dan belum mengetahui routing information protokol, disini saya akan menuliskan materinya dengan lengkap. untuk menambah pengetahuan anda saya akan membahas tentang Pengertian Routing Information Protocol (RIP) Serta Kekurangan Dan Kelebihannya dengan lengkap. bagi anda yang menginginkan kelengkapan pembahasannya silahkan baca artikel saya sampai selesai.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang Pengertian Routing Information Protocol (RIP) Serta Kekurangan Dan Kelebihannya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Routing Information Protocol (RIP) Serta Kekurangan Dan Kelebihannya



Pengertian Routing information Protocol (RIP)

Routing information protocol atau biasa disingkat RIP adalah sebuah routing protocol yang memakai algoritma distance vector, merupakan algoritma bellman-ford. router information protocol mrupakan bagian dari xeror network servis yang dulunya dikenal dengan gateway internet protocol. xerox parc’s PARC universal packet merupakan pembuat dari gateway internet protocol dan di ganti nama menjadi routing information protocol. algoritma routing yang pertama di ARPANET dikenalkan pada tahun 1969 yang dahulunya gateway internet protocol dan sekarang dikenal dengan routing information protocol.

RIP atau routing information protocol memiliki kegunaan untuk menghitung jumlah hop (count hop) sebagai routing matric menggunakan algoritma distance vector. jumlah hop (count hop) yang diperbolehkan yaitu maksimum 15 hop. setiap 30 detik routing information protocol (RIP) router akan bertukar informasi lewat UDP port 520. agar tidak terjadi loop routing diperlukan tehnik split horizon with poison revers. routing information protocol (RIP) adalah jenis routing yang mudah untuk di konfigurasi.

selain dari pengertian routing information protocol (RIP), terdapat juga kekurangan dan kelebihan routing information protocol (RIP). berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan dari routing information protocol (RIP).

Kekurangan routing information protocol (RIP)

1. jumlah host di dalam routing information protocol terbatas.
2. subnet setiap route tidak di ketahui informasinya oleh routing information protocol.
3. routing information protocol (RIP) tidak mendukung (VLSM) variabel length subnet masking.
4. kekurangan routing information protocol (RIP) selanjutnya yaitu pada saat pertama kali dijalankan RIP hanya mengetahui routing dirinya sendiri atau informasi lokal dan tidak tahu tentang topologi jaringan yang dipakai.
5. routing information protocol (RIP) menghitung routing terbaik berdasarkan jumlah hop (hop count), karena belum tentu jumlah hop (hop count) yang rendah menggunakan protokol jaringan LAN yang bagus, dan bisa saja routing information protocol (RIP) menggunakan jalur jaringan yang lambat.
6. jumlah hop (hop count) pada routing information protocol tidak dapat mengatur lebih dari 15 hop, karena menghindari loop di jaringan.

Kelebihan Routing information protocol (RIP)

1. Routing information protokol menggunakan triggered update sebagai metodenya.
2. Routing information protocol (RIP) menggunakan timer untuk mengetahui informasi routing.
3. meskipun terjadi perubahan pada jaringan dan timer belum habis maka proses routing akan tetap diteruskan untuk menyampaikan informasi, hal ini karena menggunakan metode triggered update.
4. konfigurasi Routing information protocol (RIP) sangat mudah dan memberikan hasil yang dapat diterima, karena jarang terjadi kesalahan link jaringan.

Tingkatan Routing information protocol (RIP)

1. RIPv1
versi pertama Routing information protocol (RIP) yaitu RIPv1 merupakan bagian dari distance vektor yang menggunakan routerterbaik dan hop terpendek, versi ini merupakan class pil routing.
2. RIPv2
Routing information protocol (RIP) versi kedua atau RIPv2 ini sama saja dengan versi pertama.
3. RIPng

sekian artikel tentang materi Pengertian Routing Information Protocol (RIP) Serta Kekurangan Dan Kelebihannya, semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: