Pengertian Router, Fungsi Router, Cara Kerja Router dan Jenis Router [Terlengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang router, router sering kali digunakan sebagai hardware pada jaringan. agar lebih jelasnya langsung saja kita ke ertikel saya tentang Pengertian Router, Fungsi Router, Cara Kerja Router dan Jenis Router.

seperti biasa sebelum saya menulis artikel ini lebih banyak lagi, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya, karena saya cuma manusia biasa :-).



Pengertian Router, Fungsi Router, Cara Kerja Router dan Jenis Router



router

Pengrtian Router

Router adalah sebuah Perangkat keras Komputer yang sering digunakan untuk menghubungkan jaringan yang sama atau berbeda. Routing merupakan proses pengiriman paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya dengan media perangkat keras komputer yaitu router. Proses Routing berlangsung pada lapisan tiga (3) dari Stack protoko tujuh-lapis OSI. Biasanya Router digunakan untuk mengkoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti dari ethernet ke token Ring.

Fungsi Router

Router berbeda dengan switch, switch digunakan untuk menghubungkan berbagai fasilitas untuk membentuk satu jaringan LAN / Local Area Network. sedangkan Router berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer atau yang lainnya yang bertujuan untuk menyambungkan data dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Router juga Berfungsi untuk membagikan IP address baik itu secara statis maupun DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) pada seluruh komputer yang terhubung di router. dengan Ip address yang di bagikan oleh router dapat memungkinkan setiap komputer dapat terhubung antara komputer satu ke komputer lainnya dan dapat berkomunikasi, baik pada LAN / Local Area Network atau internet. Selain fungsi diatas Router juga dapat menghubungkan dengan teknologi wireless dengan demiakian tidak hanya komputer yang dpat di hubungkan melainkan laptop, smartphone, gadget juga dapat terhubung pada jangkauan router tersebut.

Cara Kerja Router

Router bekerja dengan cara Routing atau merutekan paket atau data informasi. dengan routing akan memudahkan router mengetahui tujuan atau arah dari informasi tersebut akan dituju, apakah berada pada jaringan yang sama atau berbeda. apabila informasi tersebut mengarah ke jaringan yang berbeda, maka router akan meneruskan informasi ke jaringan tersebut. sedangkan apabila informasi menuju ke jaringan yang sama maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan informasi tersebut dengan proses routing di jaringan yang sama sampai tekirim ke tujuannya.

Jenis – Jenis Router

Secara umum Router dibagi menjadi dua jenis yaitu
1.  Router statis (Static Router) yaitu satu buah router yang mempunyai tabel routing statis yang telah di setting oleh      pada administrator jaringan secara manual.
2. Router Dinamis (Dinamic Router) yitu sebuah router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan memperhatikan lalu lintas jaringan serta terhubung dengan router yang lainnya.

Sekian artikel yang dapat saya tuliskan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya.

BACA JUGA :