Pengertian Processor, Fungsi, Cara Kerja, Dan Jenis-Jenis Processor

Posted on
  • www.kuncikomputer.com – kali ini saya akan menuliskan tentang processor yang memiliki peranan penting dalam komputer, yang biasanya disebut dengan otak dari komputer. processor digunakan untuk memproses data perhitungan atau perintah program. jenis processor berbeda beda seperti processor Intel, Processos Apple, Processor IBM dan lain sebagainya. untuk lebih jelasnya baca sampai selesai artikel saya tentang Pengertian Processor, Fungsi, Cara Kerja, Dan Jenis-Jenis Processor.

    seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



    Pengertian Processor, Fungsi, Cara Kerja, Dan Jenis-Jenis Processor



    processor

    Pengertian Processor

    Processor yaitu perangkat komputer atau sebuah IC yang berfungsi sebagai otak dari komputer dan digunakan untuk mengontrol dari semua jalannya sebuah sistem komputer serta digunakan untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor sering juga disebut dengan nama otak komputer, karena perannya sangat penting didalam sistem komputer. Processor terletak pada motherboard dan harus memiliki socket yang sesuai dengan Processor, karena tidak semua Processor memiliki socket yang sama. contoh dari Processor yaitu Processor Intel, Processor AMD, Processor apple dan lain sebagainya.

    didalam Processor terdapat bagian bagian penting, berikut adalah penjelasannya.

    1. ALU (Aritcmatics Logical Unit) : komponen ini berfungsi untuk melakukan semua perhitungan tentang aritmatika atau matematika yang sesuai dengan perintah program.
    2. CU (Control Unit) : digunakan untuk mengatur lalu lintas data inputan dan data outputan.
    3. MU (Memory Unit) : digunakan sebagai alat penyimpanan kecil dan memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi.

    Fungsi Processor

    dilihat dari pengertian diatas dapat kita simpulkan fungsi dari Processor yaitu sebagai otak komputer yang berfungsi untuk mengontrol jalannya sistem dan menjalankan suatu printah, secara umum Processor dapat diartikan sebagai komponen komputer yang berfungsi untuk memproses data yang dinput dan akan menghasilkan outputan data yang telah diproses. Processor hanya mengenal bahasa mesin yaitu bilangan biner atau bilang 1 dan 0 saja.

    Processor tidak bisa bekerja sendiri, contoh komponen lain yang terkait dalam kerja Processor yaitu RAM dan Harddisk. kecepatan dalam memproses data untuk dijadikan outptan tergantung dari kecepatan Processor yang digunakan. kecepatan Processor saat ini yang paling tinggi yaitu kecepatan 4 Gigahertz(GHz) atau dapat membaca 4000 milyar perintah dalam sekali Processor bekerja.

    Cara Kerja Processor

    saat terdapat instruksi Processor akan bekerja dengan cara melakukan tiga hal dasar yaitu Menggunakan ALU (aritcmetics logical unit) yang digunakan untuk melakukan perhitungan matematika dan menjalankan proses perintah program.

    setelah itu memindahkan data dari memory ke lokasi memori lain serta mengambil keputusan dan berpindah ke instruksi atau perintah yang lainnya sesuai dengan keputusan. inti dari cara kerja Processor yaitu menerima inputan dari mouse, keyboard atau yang lainnya lalu data tersebut diproses dan kemudian akan menghasilkan outputan data yang telah diproses.

    Jenis-Jenis Processor

    1. Processor Intel
      processor intel
      Jenis Processor intel merupakan Processor yang banyak digunakan saat ini, dan Processor intel dibuat oleh perusahaan Intel Corporation merupakan perusahaan multinasional yang berdiri pada tahun 1968 dan sekarang perusahaan Intel Corporation berada di Amerika Serikat. perusahaan ini memiliki produk Processor yang bermacam macam, berikut ini adalah Processor intel.
      Jenis 4004 Micro Processor

      Jenis  Intel Pentium III Processor1999

      Jenis  Intel Pentium III Xeon Processor2000

      Jenis  Intel Pentium 4 Processor2001

      Jenis  8080 MicroProcessor

      Jenis  Intel Italium II Processor2002

      Jenis  Intel Italium Processor2001

      Jenis  Intel Quad Core Xeon2006

      Jenis Intel Core i7 800, i5 dan Xeon 34002009

      Jenis  8008 MicroProcessor

      Jenis Intel Pentium II Processor

      Jenis  Intel Pentium II Xeon Processor

      Jenis  Intel Celeron Processor1999

      Jenis  Intel Pentium M Processor2003

      Jenis  Intel Pentium M 735/ 745/ 7552004

      Jenis  Intel Pentium 4 Extreme Edition2005

      Jenis  Intel Pentium D2005

      Jenis  Intel Core 2 Quad2006

      Jenis  8086 – 8088 MicroProcessor

      Jenis 286 MicroProcessor

      Jenis  Intel 386 TM

      Jenis  Intel 486 TM DX CPU MicroProcessor

      Jenis  Intel Pentium Processor

      Jenis  Intel Pentium Pro Processor

    2. Processor AMD
      processor amd
      Processor AMD dibuat oleh perusahaan Semikonduktor multinasional yang berada di California, Amerika Serikat. perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar setelah perusahaan Intel Corporation dalam memproduksi global mikroProcessor berdasarkan arsitekstur X86. perusahaan ini memiliki beberapa produk Processor, berikut ini adalah Processor AMD.
      Jenis Opteron  : digunakan untuk pangsa pasar server.

      Jenis AMD FX dan APU A SERIES : digunakan untuk pangsa pasar Desktop.

      Jenis APU Z SERIES : digunakan untuk pangsa pasar prodak tablet pc.

    1. Processor Apple
      processor apple
      Processor Apple di buat oleh perusahaan Apple Inc yang tadinya bernama Apple Computer, Inc. perusahaan ini merupakan perusahaan multinasional yang berada di Silicon Valley, Cupertino, California yang memproduksi alat elektronik dan perangkat lunak komputer. perusahaan Apple Inc berdiri pada 1 April 1976 dan mengganti nama menjadi Apple Computer, Inc secara resmi. setelah itu sekarang diganti dengan nama yang terfokus pada Apple pada 9 Januari 2007. berikut ini adalah Processor produk perusahaan Apple.
      Jenis Apple I

      Jenis Apple II

      Jenis Apple CP/M

      Jenis Apple SOS

      Jenis Apple DOS

      Jenis Macintosh

      Jenis Apple Pascal

      Jenis Apple ProDOS

    1. Processor IBM
      processor ibm
      International Business Machines Corpporation (IBM) adalah sebuah perusahaan yang terletak di New York, Amerika Serikat, dan memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak dari komputer. perusahaan ini berdiri pada tanggal 16 Juni 1911 serta beroperasi dari 1888. ada beberapa produk yang dihasilkan dari perusahaan IBM, berikut adalah Produk perusahaan IBM.
      Jenis 8008

      Jenis IBM POWER6

      Jenis 8080

      Jenis Pentium Pro

      Jenis 286

      Jenis 80386 DX

      Jenis IBM 486SLC2

      Jenis IBM POWER7

      Jenis Pentium Classic (P54C)

      Jenis IBM POWER5

      Jenis Pentium II Xeon

      Jenis IBM POWER4

      Jenis 8088/8086sx

    1. Processor Cyrix VIA
      processor cyrix
      Processor jenis ini di buat oleh perusahaan pengembang mikroProcessor yaitu Cyrix yang berdiri pada tahun1988 yang terletak di Richardson, Texas. kemudian pada 11 November 1997 Perusahaan ini bergabung dengan National Semiconduktor dan di akusisi oleh VIA pada tahun1999. ada beberapa Processor yang di buat oleh perusahaan ini, berikut ini adalah Processor dari perusahaan Cyrix.
      Jenis Cyrix FasMath

      Jenis VIA PV530 Processor

      Jenis VIA Nano™ Processor

      Jenis Cyrix 6×86 (M1)

      Jenis Cyrix 486SLC dan Cyrix 486DLC

      Jenis Cyrix 5×86

      Jenis VIA C3® Processor

      Jenis VIA CoreFusion™ Processor Platform

      Jenis VIA C7® Processor

      Jenis Cyrix MII

      Jenis Cyrix MediaGX

      Jenis Cyrix MII-433GP

      Jenis VIA Eden™ Processors

      Jenis VIA Nano™ X2 Processor

    1. Processor IDT
      processor idt
      Integrated Device Technologi (IDT) merupakan sebuah perusahaan yang sedang berkembang dan memproduksi CPU dengan harga yang lebih murah. perusahaan ini berdiri pada tahun 1980 yang terletak di California, Amerika Serikat. perusahaan ini memproduksi winchip yang di perkenalkan pada bulan Mei 1997. ada beberapa produk yang dihasilkan dari perusahaan ini, berikut adalah produk dari perusahaan IDT.
      Jenis Winchip C6 (0.35 µm)

      Jenis WinChip 2 (0.35 µm)

      Jenis WinChip 2A (0.35 µm)

      Jenis WinChip 2B (0.25 µm)

      Jenis WinChip 3 (0.25 µm)

    sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

    Baca Juga :