Pengertian Power Supplay , Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis Power Supplay [Terlengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – pada artikel kali ini saya akan menuliskan tentang funsi power supplay , fungsi, cara kerja dan jenis jenis Power Supplay. tentunya sebagai pengguna komputer kita juga harus mengetahui komponen komputer salah satunya yaitu Power Suplay. oke langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian Power Supplay , Fungsi, Cara  Kerja Dan Jenis Power Supplay.

seperti biasa sebelum saya menulis artikel saya lebih banyak lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Power Supplay , Fungsi, Cara  Kerja Dan Jenis Power Supplay



power-supplay

pengertian power supplay

power supplay yaitu perangkat keras (hardware) yang mempunyai bentuk kotak atau persegi yang terdapat didalam chasing komputer yang memiliki fungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC ynag bertujuan untuk memberi daya pada komponen komputer seperti harddisk, motherbard, CD Room, Floppy Disk, atau komponen yang lainnya yang memerlukan arus listrik atau daya.

Fungsi Power Supplay

Power Supplay memiliki fungsi sebagai penyuplai tegangan listrik yang diberikan kepada komponen komponen komputer dan power suplay berfungsi untuk merubah tegangan AC menjadi DC, karena komponen komputer hanya dapat menggunakan tegangan dengan arus DC.

Cara Kerja Power Supplay

cara kerja power supplay saat komputer dihidupkan adalah sebagai berikut :
power supplay akan melakukan cek dan tes terlebih dahulu sebelum membiarkan system start dan jika tes sudah sukses, power supplay mengirimkan sinyal ke motherboard yang disebut dengan power good.

Jenis Jenis Power Supplay

  1. Power Supplay AT
    Power Supplay AT merupakan power supplay yang memiliki kabel yang terhubung ke motherboard dan terpisah menjadi dua konektor power yaitu P8 dan P9. kabel yang memiliki warna hitam dari konektor P8 dan P9 harus bertemu di tengah apabila disatukan. pada power supplay jenis ini tombol yang digunakan untuk menghidupkan kan mematikan komputer ON/OFF dihubungkan langsung pada tombol Casing biasanya terdapat pada bagian depan casing.

    Ciri Ciri Power Suplay AT
    1. sifat dari tombol ON/OFF yaitu manual
    2. Daya Rata rata kurang dari 250 watt
    3. apabila ingin mematikan atau shutdown harus menekan tombol di CPU
    4. Kabel Daya menuju ke Motherboard terdiri dari 2 x 6 pin
  2. Power Supplay ATX
    Power Supplay ATX merupakan power supplay jenis terbaru dan paling digunakan pada saat ini. perbedaan antara Power supplay AT dan ATX yaitu pada tombol powernya. jika power supplay At menggunakan switch dan ATX menggunakan tombol sebagai bantuan untuk mengirimkan sinyal ke motherboard.

    Ciri Ciri Power Supplay ATX
    1. terdiri dari satu set kabel supplay yang terhubung ke motherboard dengan jumlah pin : 20pin atau 20pin + 4pin 24pin + 4pin atau 24pin + 8pin
    2. untuk shutdown tidak menekan tombol di Cpu
    3. terdapat konektor tambahan yaitu power Sata
    4. daya lebih besar untuk memenuhi standar komputasi terkini

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya sebagai  penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

 

BACA JUGA :