Pengertian Open Source, Contoh Software Nya Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Posted on

www.kuncikomputer.com – Tanpa kita sadari terkadang kita pernah menggunakan software yang bersifat open source. akan tetapi kita tidak  menyadarinya, dan bahkan kita belum tahu apa yang dimaksud dengan open source. dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan yang berkaitan tentang open source agar menambah wawasan pembacanya. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian Open Source, Contoh Software Nya Serta Kelebihan Dan Kekurangannya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Pengertian Open Source, Contoh Software Nya Serta Kelebihan Dan Kekurangannya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Open Source, Contoh Software Nya Serta Kelebihan Dan Kekurangannya



 

Pengertian Open Source

Open Source adalah perangkat Lunak atau software yang memiliki sifat terbuka atau bebas dan source code nya dapat dilihat langsung oleh penggunannya, pengguna dapat melihat cara kerja dari software secara langsung dan dapat memperbaiki serta mengembangkan software yang memiliki sifat open source.

Orang yang menggagas software open source yaitu Eric S. Raymond, Todd Anderson, Larry Augustin, Crhistine Peterson, Jon Hall dan Sam Ockman dan di pelopori oleh Richard Stallman tahun 1998. Software open source berkembang sangat pesat saat OS Linux mulai di publikasikan di internet. selain penggagas software open source peran penting lainnya yaitu para komunitas yang gemar mengembangkan software open source.

setelah mengetahui pengertian open source, simak kelanjutan artikel saya tentang Pengertian Open Source, Contoh Software Nya Serta Kelebihan Dan Kekurangannya.

Contoh Software Open Source

1. Sistem Operasi Smartphone : contohnya Android, Firefox OS.
2. Sistem Operasi Komputer : Contohnya Linux ubuntu, mint, debian, slackware, open suse, backtrack.
3. Software Aplikasi : OpenOffice, Mplayer, GIMP, Digikam, Abhishek’s GLIMPSE, InkScape, XAMPP, mozilla Firefox, VideoLAN, LibreOffice, Filezilla.

Kelebihan Software Open Source

1. dilihat dari sifat nya yaitu open source atau bersifat bebas pengguna dapat mengembangkan software apabila terdapat permasalahan yang ditemukan, biasanya pengguna yang memiliki keahlian dalam pengembangan.
2. kemampuan dari software yang baik dan memiliki fitur yang lengkap.
3. pengguna tidak dikenakan biaya dalam menggunakan software open source karena berlisensi GPL (General Public Licence).

Kekurangan Software Open Source

1. design dari software open source agak rumit sehingga bagi pemula agak sulit dalam mengoperasikannya.
2. tidak semua software open source memiliki kinerja yang baik, maksudnya ada beberapa yang memiliki kemampuan kinerja dibawah software close source.
3. bagi pemula biasanya mengalami kesulitan dalam menginstal software dan dalam menggunakannya.

saya rasa kurang pas apabila pembahasan hanya Pengertian Open Source, Contoh Software Nya Serta Kelebihan Dan Kekurangannya saja, jadi akan saya tambahkan dari manfaat software open source.

Manfaat Software Open Source

1. software open source memiliki manfaat menambah pengetahuan dalam mengembangkan sebuah sistem karena source code nya yang bersifat terbuka.
2. software open source juga dapat meminimalisir biaya di sebuah perusahaan besar karena software ini dapat diguanakan secara gratis.
3. dengan menggunakan software open source tingkat pembajakan software berlisensi akan berkurang, karena hal ini dapat merugikan pihak vendor software .

sekian materi artikel tentang Pengertian Open Source, Contoh Software Nya Serta Kelebihan Dan Kekurangannya beserta manfaat software open source, semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :