Pengertian Motherboard, Fungsi Dan Penjelasan Komponen Motherboard

Posted on

www.kuncikomputer.com – kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian motherboard, fungsi, dan komponen komponen dari motherboard. motherboard merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk menghubngkan perangkat keras komputer. motherboard merupakan komponen komputer yang utama karena tanpa motherboard perangkat keras komputer tidak dapat terhubung. nama lain dari motherboard yaitu mainboard, papan sirkuit, papan utama, papan PCB. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian Motherboard, Fungsi Dan Penjelasan Komponen Motherboard.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.

 



Pengertian Motherboard, Fungsi Dan Penjelasan Komponen Motherboard, Dan Jenis Jenis Motherboard



motherboard

Pengertian Motherboard

Motherboard yaitu papan sirkuit atau papan utama yang digunakan untuk menghubungkan semua komponen perangkat keras (hardware) dari komputer. Motherboard disebut juga dengan nama papan PCB yang memiliki jalur jalur sistematis yang digunakan untuk menghubungkan komponen perangkat keras komputer satu dengan yang lainnya.

Motherboard atau sering dikenal dengan orang sebagai mainboard didalamnya terdapat bagian bagian yang digunakan untuk input dan output yang berupa socket atau slot. adapun contoh dari slot atau socket yang digunakan untuk input seprti slot yang digunakan untuk keyboard dan mouse sedangkan yang untuk output seperti socket yang menghubungkan ke harddisk dan masih banyak yang lainnya yang mempunyai fungsi yang berbeda.

motherboard atau mainboard terletak didalam casing komputer atau didalam CPU dan berguna sebagai alat untuk menghubungkan perangkat keras (hardware) komputer satu sama lainnya.

Fungsi Motherboard

seperti yang telah saya jelaskan diatas, motherboard digunakan untuk menghubungkan semua perangkat keras (hardware) yang ada didalam komputer agar semua perangkat keras terhubung dan dapat bekerja sesuai fungsi masing masing. adapun contoh dari perangkat keras yang berada di motherboard yaitu Ram (memori), processor, optical drive, hardisk, keyboard, mouse, monitor, dan lain sebagainya yang di pasang atau dihubungkan dengan motherboard.

Merk dari Motherboard bermacam macam seperti Albatron, Abit, Asus, Gigabyte, Jetway, Aopen, ECS, dan lain sebagainya. dilihat dari macam macam merk yang ada dari motherboard tentunya memiliki harga yang berbeda pula. dan didalam motherboard terdapat komponen komponen yang ada, berikut ini saya akan menjelaskan dari komponen komponen motherboard.

Penjelasan Komponen Motherboard

komponen motherboard

1. Socket Processor : socket ini digunakan untuk memasang processor, dan jenis socket menentukan juga jenis processor yang dipasang karena processor tidak memiliki socket yang sama.
2. Slot Memory : slot ini berfungsi untuk memasang memory komputer, dan setiap komputer memiliki slot memory yang berbeda tergantung merk motherboard yang digunakan.
3. Northbridge : komponen ini berfungsi untuk mengatur lalu lintas data antara processor dengan memory serta saluran utama motherboard, komponen ini disebut juga sebagai komponen utama.
4. Southbridge : digunakan untuk menghubungkan northbridge dengan komponen lainnya atau periferal lainnya, komponen ini disebut juga dengan komponen pembantu northbridge.
5. Slot PCI Express X16 : slot ini digunakan untuk kartu VGA generasi terbaru.
6. Slot PCI Express X1 : slot ini digunakan untuk memasang periferal (Card) lainnya selain VGA.
7. Slot AGP : digunakan untuk memasang kartu VGA generasi sebelumnya yang terdapat Slot PCI Express.
8. Slot PCI : slot ini digunakan untuk memasang CARD yang memiliki kecepatan dibawah kecepatan slot AGP atau Slot PCI Express.
9. BIOS (Basic Input-Ouput System) : digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard yang merupakan program kecil dan dimasukan kedalam IC ROM/Flash.
10. Baterai CMOS : baterai ini memiliki kegunaan untuk memberikan daya pada BIOS agar BIOS tidak kembali ke pengaturan awal saat komputer Mati.
11. Port SATA : digunakan untuk menghubungkan harddisk dengan komputer atau berguna untuk media penyimpanan generasi terbaru.
12. Port IDE : digunakan untuk menghubungkan media penyimpanan sebelum generasi SATA.
13. Port Floppy Disk : port ini digunakan untuk menghubungkan media penyimpanan yang bisa dicopot seperti Floppy Disk dan Disket.
14. Port Power : digunakan untuk memberikan daya kepada sistem komputer anda.
15. Back Panel : port ini yaitu kumpulan port yang biasanya berada dibelakang casing CPU.
16. Port PS/2 Mouse : port ini digunakan untuk memasang kabel mouse agar terhubung dengan komputer.
17. Port PS/2 Keyboard : port ini digunakan untuk memasang kabel keyboard agar tehubung dengan komputer.
18. Port Paralel : port ini biasanya diguanakan untuk memasang printer sebelum generasi usb.
19. Port Serial : untuk memasang periferal dengan kecepatan rendah dan mode transfer serial.
20. Port SPDIF : berguna untuk menghubungkan periferal audio dengan komputer contohnya home theatre.
21. Port Firewire : digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal yang memiliki kecepatan tinggi contohnya streaming video atau video capture.
22. Port RJ45 : digunakan untuk menghubungkan kabel LAN yang terhubung dengan komputer.
23. Port USB : digunakan untuk menghubungkan perangkat ekternal dengan komputer, perangkat yang digunakan generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial contohnya seperti mouse atau keyboard generasi terbaru.
24. Port Audio : berguana untuk menghubungkan sistem audio dengan komputer contohnya mikrofon, line-in, line-out dan speaker.

Jenis-Jenis Motherboard

  1. Motherboard AT / AT Baby.
  2. Motherboard ATX : yang termasuk jenis motherboard ATX yaitu Standard ATX, Micro ATX, Flex ATX, Mini ATX.
  3. Motherboard BTX : yang termasuk jenis motherboard BTX yaitu BTX Standar, Micro BTX, Pico BTX.
  4. Motherboard ITX : yang termasuk ke dalam jenis motherboard ITX yaitu Mini ITX, Nano ITX.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :