Pengertian Linux Dan Penjelasan Macam-Macam Linux [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – mungkin beberapa dari kita pernah menggunakan sistem operasi Linux yang bersifat open source. sedangkan anda belum tahu tentang pengertian Linux dan macam-macam Linux. disini saya akan menuliskan tentang Pengertian Linux Dan Penjelasan Macam-Macam Linux secara lengkap.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Pengertian Linux Dan Penjelasan Macam-Macam Linux, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Linux Dan Penjelasan Macam-Macam Linux



seperti yang telah kita bicarakan diatas bahwasanya linux merupakan sistem operasi bersifat open source yang paling banyak digunakan sekarang ini, karena pemakaiannya gratis dan sistem operasi ini bebas untuk dikembangkan atau dimodifikasi sendiri, karena source code dari sistem operasi linux dibagikan ke publik.

Pengertian Linux

Linux adalah sistem operasi yang telah dikembangkan dari Unix dan berstandar sesuai dengan yang dimiliki oleh Unix atau linux disebut juga Turunan dari Unix. linux bersifat open source yang disebar luaskan untuk masyarakat secara gratis. linux dibawah lisensi GNU general public license, dengan demikian linux di sebarkan bersama source codenya juga. sehingga penggunanya dapat memodifikasi atau menyebarluaskan kembali.

Linux Berasal dari nama pembuatnya yaitu linus torvald pada tahun 1991. linux juga merupakan sistem operasi bersifat multi user atau multi tasking, maksudnya multi user yaitu beberapa user dapat masuk pada linux yang sama waktunya juga sama akan tetapi aplikasinya berbeda. sedangkan multi tasking yaitu sistem operasi ini dapat mengoprasikan lebih dari satu program dalam waktu yang sama. dari pengertian linux berikut, dapat disimpulkan bahwa linux merupakan sistem opasi yang gratis dan memiliki kinerja yang bagus.

Macam-Macam Linux

berdasarkan sifat linux yang dapat di modifikasi dan didistribusikan kembali, menjadikan linux banyak di kembangkan oleh individu, group atau lembaga. dari macam-macam linux yang ada disertakan dengan program sistem serta program aplikasi yang berbeda. dibawah ini merupakan macam-macam linux yang saya ketahui.
1. Ubuntu


Ubuntu adalah salah satu dari Linux berbasis debian dan disebar luaskan sebagai software yang bebas. Ubuntu diambil dari filosofi di amerika selatan yang memiliki arti kemanusiaan terhadap sesama. ubuntu memiliki beberapa jenis versi, berikut ini adalah jenis dari ubuntu.
– kubuntu
-edubuntu
-mythbuntu
-xubuntu
-lubuntu
-Blackbuntu
2. Fedora


fedora merupakan salah satu dari linux yang berbasis RPM dan yum. sistem operasi fedora dikembangkan oleh fedora project, selain itu didukung pula oleh komunitas pemrogram dan terdapat Redhat yang mensponsorinya.
3. BackTrack


blacktrack merupakan salah satu dari linux atau hasil dari turunan slackware dan merupakan mergernya whax serta auditor security colection.
4. OpenSUSE


sistem operasi ini dikembangkan dengan cara independen dan didukung oleh komunitas malalui proyek opensuse bersama dengan perusahaan lainnya. sistem operasi ini banyak digunakan untuk dekstop maupun server karena merupakan linux bersifat stabil serta ramah.
5. Slackware


sistem operasi slackware merupakan salah satu dari linuk yang dibuat oleh patrick volkerding dari slackware linux inc. slackware salah satu sistem operasi linux yang paling tua dan paling mirip dengan unix, alasan masih dipakainya slackware karena sistem operasi ini memiliki stabilitas dan kemudahan desainnya.
6. Debian


debian merupakan sistem operasi komputer terdiri dari perangkat lunak bersifat bebas dan berlisensi GNU general public license serta lisensi software bebas yang lain. debian salah satu dari linux yang populer dan debian didistribusikan menggunakan akses ke repositori banyak paket software yang sudah siap di instal dan digunakan.
7. Mandriva


mandriva dulunya bernama mandrakelinux atau mandrake linux. mandriva linux adalah sistem operasi yang dibikin oleh mandriva atau dikenal sebagai perusahaan mandrakesoft, sistem operasi ini menggunakan RPM package manager.
8. Sabayon


sabayon linus pertamanya memiliki nama RR4 linux dan R64 linux merupakan salah satu linux berbasis gento dan orang yang membuatnya bernama fabio erculiani bersama tim pengembang sabayon. nama sabayon berasal dari nama hidangan di italia yaitu zabaione.
9. CentOS


centos memiliki kepanjangan yaitu community enterprise operating system adalah sistem operasi linux yang menyediakan platform komputasi yang berkelas enterprise dan mempunyai kompatibilitas kode biner sepenuhnya serta mempunyai kode sumber sebagai induknya red hat enterprise linux (RHEL).
10. RedHat


sistem operasi redhat merupakan salah satu dari linux yang dibuat oleh perusahaan besar yang dikenal dedikasinya dengan software yang bebas, nama perusahaannya yaitu NASDAQ: RHAT. sistem operasi ini didirikan tahun 1993 dan memiliki kantor di raleigh north carolina A.S.
11. ClearOS


clearos adalah sistem operasi linux berbasis centos red hat enterprise (RHEL) dengan versi komunitas. sistem operasi ini biasanya digunakan untuk jaringan atau sebagai server dengan design berbasis web.
12. Chrome OS


merupakan sistem operasi yang bersifat terbuka yang dibuat oleh google Inc. adapun tujuan dibuatnya chrome os ini yaitu untuk bekerja secara ekslusif menggunakan web. pada tahun 2009 sistem operasi ini pertama kali diumumkan dan pada tahun 2010 versi stabilnya diluncurkan. sistem operasi ini salah satu dari linux, akan tetapi hanya dapat berjalan pada hardware yang telah dirancang khusus.
13. Gentoo Linux


gento linux juga merupakan salah satu dari linux yang menggunakan sistem manajemen portage. manajemen paket ini bertujuan untuk modular atau mudah untuk ditambah tambah, portabel atau dapat digunakan pada port yang lainnya, mudah ditata serta fleksibel.
14. PCLinuxOS


sistem operasi ini biasanya disingkat dengan PCLOS merupakan sistem operasi yang digunakan berbasis desktop. pclinudos sering digunakan untuk komputer pribadi karena pengguna akan merasa lebih mudah.
15. Knoppix


knoppix salah satu dari linux yang menggunakan logo pinguin, dan dapat dijalankan melalui CD-Rom tanpa melakukan penginstalan di harddisk. pencipta knoppix yaitu klaus knopper, sistem operasi ini berbasis debian linux.
16. Xandros


xandros adalah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan yang bernama xandros corporation, dan sistem operasi ini dibuat berdasarkan pada sistem KDE. nama xandros diambil dari sebuah nama X windows system serta terinspirasi dari sebuah pulau andros di yunani. xandros dibuat pada 2001 mei oleh linux global partners yang memiliki kantor di new york A.S.

Sekian materi tentang Pengertian Linux Dan Penjelasan Macam-Macam Linux yang dapat saya berikan semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.
Baca Juga :