Pengertian LAN Tester, Fungsi LAN Tester Dan Harga LAN Tester Lengkap

Posted on

Www.kuncikomputer.com – pada kali ini saya akan menjelaskan tentang LAN tester, fungsi lan tester dan harganya. dalam pembuatan kabel jaringan local area network diperlukan sebuah lan tester untuk membantu mengecek kabel yang dibuat. bagi anda yang masih dalam tahap belajar dalam pembuatan kabel jaringan tentunya lan tester akan sangat membantu, karena dapat mengetahui kesalahan kabel dan kerusakan kabel. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian LAN Tester, Fungsi LAN Tester Dan Harga LAN Tester Lengkap.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel  Pengertian LAN Tester, Fungsi LAN Tester Dan Harga LAN Tester Lengkap. saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian LAN Tester, Fungsi LAN Tester Dan Harga LAN Tester



Pengertian LAN Tester

LAN Tester adalah alat yang sering digunakan dalam pengecekan kabel UTP atau STP yang sudah terpasang RJ45 maupun RJ11, untuk mengetahui apakah kabel sudah bisa di pakai apa belum dengan melihat tanda lampu yang berada pada LAN tester.

Fungsi LAN Tester

Dalam pembuatan jaringan komputer local area network atau apabila anda masih dalam pembelajaran pembuatan jaringan LAN tentunya anda memerlukan sebuah LAN Tester. berikut ini adalahfungsi LAN Tester.

1. Untuk Mengecek Kerusakan Kabel
dalam kasus jaringan yang sering terjadi yaitu kerusakan pada kabel maupun kesalahan ip address. untuk kerusakan kabel anda dapat menggunakan LAN tester sebagai alat bantu untuk mengeceknya. biasanya kabel yang terlau lama akan rusak disebabkan oleh karat atau di gigit tikus dan sebagainya. untuk mengecek kabel anda dapat menggunakan LAN Tester dan apabila terjadi kerusakan silahkan ganti kabel jaringan anda agar lebih lama dipakainya.

2. LAN Tester Digunakan untuk mengetahui apakah kabel bisa dipakai atau tidak
Fungsi LAN Tester selanjutnya yaitu untuk mengetahui apakah kabel bisa dipakai atau tidak. kabel jaringan yang sudah terpasang RJ45 Mupun RJ11 anda dapat mengeceknya menggunakan LAN tester, apakah kabel bisa dipakai atau tidak dengan memperhatikan lampu yang berada pada LAN Tester.

3. Untuk mengetahui benar atau tidak susunan kabel straight maupun crossover
untuk fungsi LAN tester yang ketiga yaitu anda dapat mengetahui kesalahan pada kabel jaringan apabila sususan kabel terbalik menggunakan LAN tester. biasanya urutan lampu akan melumpat apabila susanan kabel tidak benar. apabila terjadi kesalahan pada susunan kabel, silahkan potong kabel dan susun kembali kabel dengan benar kemudian pasang di RJ45 dengan benar dan cek lagi.

4. digunakan untuk mencoba koneksi LAN pada jaringan
untuk membangun sebuah koneksi jaringan LAN tentunya anda harus membuat banyak kabel agar dapat menghubungkan banyak komputer. untuk itu anda membutuhkan LAN Tester untuk membantu dalam pengecekan kabel LAN yang anda buat.

5. LAN tester digunakan sebagai panduan untuk pengecekan dan diagnosis sebuah jaringan
bagi anda yang berkecimpung dalam dunia jaringan, LAN tester memiliki peran sangat penting untuk menjadi panduan dalm pengecekan dan diagnosis dalam sebuah jaringan. untuk menjaga sebuah jaringan anda harus teliti dan paham tentang permasalahan jaringan dan LAN tester dapat anda gunakan sebagai alat bantu untuk mengecek dan mendiagnosis apabila terjadi kerusakan.

Harga LAN tester

harga LAN tester bervariasi untuk harga termurah yaitu sekitar Rp. 65.000 – Rp. 70.000.

Cara Memakai LAN Tester

untuk memakai lan tester sangat lah mudah, anda tinggal memasang kabel yang terdapat rj45 ke port rj45 di lan tester. kemudian hidupkan lan tester dan lihat lampu lan tester akan berjalan sesuai urutan apabila kabel benar.

sekian artikel tentang Pengertian LAN tester, Fungsi LAN tester, dan Harga LAN tester semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: