Pengertian Komputer, Komponen-Komponen Komputer Dan Fungsi Komputer [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – komputer merupakan alat yang berguna untuk membantu pekerjaan manusia untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan. awal mula komputer dibuat yaitu berguna untuk melakukan perhitungan aritmatika dan hingga saat ini komputer terus berkembang. kita sebagai pengguna komputer seharusnya mengetahui pengertian komputer dan komponen serta fungsi komputer. bagi anda yang belum mengetahui tentang komputer pada artikel ini saya akan menuliskan materi tentang pengertian komputer, komponen-komponen komputer dan fungsi komputer secara lengkap.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel pengertian komputer, komponen-komponen komputer dan fungsi komputer, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Komputer, komponen-komponen komputer dan fungsi komputer



Pengertian Komputer Munurut Para Ahli

1. Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems tahun 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, tahun 1985.
Komputer Yaitu sebuah alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas dimulai dari menerima input, memproses data yang telah diinput sesuai dengan programnya, menyimpan hasil dari data yang telah di proses, kemudian menghasilkan output yaitu berupa informasi.

2. Pengertian Komputer Menurut V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, Tahun 2001.
Komputer adalah sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat serta dapat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan program yang tersimpan di memori serta dapat menghasilkan output berupa informasi.

3. Pengertian Komputer Menurut Sanders Tahun 1985.
Komputer adalah sebuah sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta di rancang agar secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data yang input, kemudian memprosesnya dan dapat menghasilkan output berdasarkan instruksi yang ada didalam memori.

4. Pengertian Komputer Menurut William M.Fouri di buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines.
Komputer adalah alat pemroses data (data processor) yang digunakan untuk melakukan perhitungan besar dan cepat, seperti perhitungan perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa adanya campur tangan manusia dalm mengoprasikan sewaktu pemrosesan.

5. Pengertian Komputer Menurut William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, tahun 1981.
Komputer adalah suatu alat pemroses data yang digunakan untuk perhitungan besar secara cepat seperti perhitungan aritmatika serta operasi logika tanpa adanya campur tangan manusia.

Berdasarkan pengertian komputer diatas dapat disimpulkan bahwa komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menerima inputan, memproses data yang diinput, menyimpan data yang telah diproses kemudian dapat menghasilkan output berupa informasi, contoh yang dikerjakan oleh komputer seperti melakukan perhitungan aritmatika yang besar sesuai dengan perintah program yang telah tersimpan di memori komputer.

Komponen-Komponen Komputer

komponen merupakan alat elektronik yang memiliki banyak komponen didalamnya. komponen komputer terbagi menjadi tiga bagian yaitu komponen input, komponen pemroses, dan komponen output. dibawah ini akan saya sebutkan dari masing-masing komponen-komponen komputer tersebut.
1. Komponen Input pada komputer
* Keyboard
* Mouse
* Trackpad
* Pen
* Microphone
* scanner

2. Komponen Pemroses Pada Komputer
* Processor
* motherboard
* harddisk
* memori (RAM)
* Kartu VGA
* Kartu Audio
* Kartu Firewire
* Kartu TV Tuner

3. Komponen Output Pada Komputer
* Monitor
* printer
* plotter
* speaker

Fungsi Komputer

1. Membantu Pekerjaan
komputer biasanya sering digunakan untuk membantu dalam pekerjaan bagi karyawan, mahasiswa atau pelajar dan lainnya. dengan komputer pekerjaan yang dikerjakan akan terasa lebih mudah. adapun contoh pekerjaan yang menggunakan komputer seperti cetak poto, membuat laporan bagi karyawan, membuat skripsi bagi mahasiswa dan lainnya.

2. Pengendali atau Kontroling
komputer memiliki manfaat sebagai pengendali atau kontoling. biasanya komputer diguanakan untuk pengendali atau kontroling bagi perusahaan, hotel, kampus atau kantor. adapun contoh dari komputer sebagai alat kontrol atau pengendali yaitu seperti CCTV, pengendali lampu lalu lintas dan lainnya.

3. sarana Komunikasi
komunikasi merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh mahluk hidup, dengan adanya komputer manusia dapat melakukan komunikasi dengan mudah meskipun dalm jarak yang jauh. sesuai dengan perkembangan jaman komunikasi menggunakan komputer sangat sering digunakn contohnya seperti mengirim e-mail, chatting di sosial media dan lainnya.

4. Alat Hiburan
adapun manfaat komputer yang lainnya yaitu sebgai alat hiburan. hiburan menggunakan komputer contohnya seperti menonton film, memutar musik, bermain game dan lainnya.

sekian artikel tentang Pengertian Komputer, Komponen-Komponen Komputer Dan Fungsi Komputer yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca juga: