Pengertian Kabel UTP dan STP serta Perbedaan Kabel UTP dan STP [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – bagi anda yang pernah belajar jaringan komputer, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya kabel utp dan stp. kedua kabel ini memiliki fungsi yang sama dalam jaringan komputer akan tetapi memiliki ciri khas tersendiri sehingga terdapat perbedaan antara kabel utp dan stp. untuk menambah pengetahuan anda di dunia jaringan komputer tentang kabel utp dan stp, tidak ada salahnya membaca materi saya tentang Pengertian Kabel UTP dan STP serta Perbedaan Kabel UTP dan STP.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Pengertian Kabel UTP dan STP serta Perbedaan Kabel UTP dan STP, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Kabel UTP dan STP serta Perbedaan

Kabel UTP dan STP



Pengertian Kabel UTP

kabel Utp (unshielded twisted pair) adalah suatu kabel jaringan yang terbuat dari bahan dasar tembaga. kabel UTP banyak digunakan untuk sebuah jaringan LAN (local area network) karena harganya yang murah dan kinerjanya relatif bagus. setelah saya menjelaskan pengertian kabel utp saya akan menjelaskan pengertian kabel stp, karena keduanya memiliki perbedaan meskipun memiliki fungsi yang sama.

Pengertian Kabel STP

kabel STP (Shielded twisted pair) adalah sebuah kabel jaringan yang terbuat dari bahan tembaga dan didalamnya terdapat jaket pelindung berupa jalinan tembaga tambahan atau foil pembungkus yang berfungsi untuk melindungi kabel dari gangguan eksternal. dilihat berdasarkan perbedaannya kabel STP lebih bagus kualitasnya dan harganya juga lebih tinggi dibandingkan UTP.

Perbedaan Kabel UTP Dan STP

Kabel UTP
1. kabel utp tidak terdapat foil pembungkus sebagai pelindung setiap kabel.
2. kabel utp biasanya digunakan di dalam ruangan atau indoor.
3. kabel utp memiliki transmisi lebih rendah dibandingkan Kabel stp dan jarak kabel utp maksimal 100 meter apabila melebihi 100 meter maka harus memakai repeater.
Kabel STP
1. kabel stp memiliki foil pembungkus untuk melindungi setiap kabel dari gangguan eksternal
2. kabel stp biasanya digunakan di luar ruangan karena memiliki foil pelindung kabel yang berlapis.
3. transmisi kabel stp lebih tinggi dibandingkan dengan kabel utp, serta memiliki jarak yang lebih jauh sekitar kurang lebih 500 meter.

sekian artikel materi tentang Pengertian Kabel UTP dan STP serta Perbedaan Kabel UTP dan STP yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :