Pengertian Jaringan Peer to Peer Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Posted on

www.kuncikomputer.com – tentunya kita sudah tahu tentang jaringan komputer, nah sekarang saya akan membahas tentang jaringan peer to peer yang memiliki perbedaan dengan jaringan client server. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian Jaringan Peer to Peer Serta Kelebihan Dan Kekurangannya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel materi Pengertian Jaringan Peer to Peer Serta Kelebihan Dan Kekurangannya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Jaringan Peer to Peer Serta Kelebihan Dan Kekurangannya



Pengertian Jaringan Peer to Peer

Jaringan Peer to Peer adalah suatu jaringan komputer yang didalamnya terdapat beberapa komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya tanpa adanya komputer yang berperan sebagai server murni. didalam jaringan peer to peer, semua komputer memiliki derajat yang sama maksudnya server bisa menjadi client dan client bisa menjadi sebuah server. jenis jaringan ini cocok digunakan untuk ruang lingkup yang kecil.

dari pengertian jaringan peer to peer yang telah saya jelaskan tentunya memiliki perbedaan dengan jaringan yang lain seperti jaringan client server. jaringan peer to peer memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut adalah kelebihan dan kekurangan jaringan peer to peer.

Kelebihan Jaringan Peer to Peer

1. dengan menggunakan jaringan komputer, semua komputer yang terhubung dapat berbagi file atau perangkat keras kepada komputer yang lainnya yang terhubung.
2. dalam membangun jaringan peer to peer lebih murah biayanya karena tidak memerlukan server dengan spek yang tinggi karena harus melayani client.
3. kinerja pada jaringan peer to peer tidak tergantung pada satu server karena semua komputer dapat dijadikan sebagai server, jadi apabila terdapat komputer yang tidak terhubung maka tidak mengganggu komputer yang lainnya.

Kekurangan Jaringan Peer to Peer

1. troubleshooting dalam jaringan peer to peer lebih sulit karena semua komputer ikut terlibat dalam sistem komunikasi jaringan.
2. kinerja jaringan peer to peer lebih rendah karena semua komputer dapat bertindak sebagai server maupun sebagai client.
3. dalam segi keamanan kurang baik, karena keamanan pada jaringan peer to peer di tentukan di setiap masing-masing komputer penggunanya.
4. back up dilakukan pada setiap komputer karena setiap komputer memiliki keamanan masing masing.

sekian artikel materi tentang Pengertian Jaringan Peer to Peer Serta Kelebihan Dan Kekurangannya yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :