Pengertian Jaringan Komputer Dan Manfaat Jaringan Komputer [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – jaringan komputer sering digunakan untuk sharing data atau yang lainnya. sebagian dari kita tentu pernah menggunakan jaringan komputer, akan tetapi belum mengetahui dengan pengertian jaringan komputer. biasanya jaringan komputer digunakan di sebuah perusahaan besar, di laboratorium sekolah atau kampus dan juga digunakan di warnet-warnet. oke mending kita langsung saja ke artike saya tentang Pengertian Jaringan Komputer Dan Manfaat Jaringan Komputer.

seperti biasa sebellum saya menulisakan lebih banyak lagi tentang artikel Pengertian Jaringan Komputer Dan Manfaat Jaringan Komputer, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Jaringan Komputer Dan Manfaat Jaringan Komputer



Pengertian jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan dua komputer atau lebih dengan menggunakan media transmisi ataupun media komunikasi sehing komputer-komputer yang terhubunng dapat berbagi data atau berbagi perangkat keras seperti printer.

Berdasarkan pengertian jaringan komputer diatas dapat disimpulkan bahwa jaringan komputer merupakan kumpulan jumlah terminal komunikasi yang didalamnya terdapat dua komputer atau lebih yang terhubung yang bertujuan untuk saling berbagi antar komputer. jaringan komputer dibangun agar data yang dikirim dapat diterima oleh penerimanya dengan cepat dan akurat dan dapat mempermudahkan penggunanya.

Manfaat Jaringan Komputer

  • jaringan komputer akan mempermudah dalam penyebaran data atau sebuah file dan dapat diambil oleh seluruh komputer yang terhubung.
  • dengan jarinngan komputer pengiriman data akan lebih cepat dan tepat.
  • melalui jaringan komputer komputer dapat terhubung meskipun berbeda negara, contohnya malalui internet.
  • jaringan komputer dapat membantu dalam penyebaran file seperti teks, gambar, video, audio lagu dan yang lainnya.
  • contoh jaringan komputer yang sangat luas yaitu internet dan bermanfaat untuk penyebaran informasi dengan cepat.
  • jaringan komputer juga dapat berbagi perangkat keras contohnya dapat berbagi printer atau sharing printer.
  • pengiriman data melalui jaringan komputer memiliki keamanan yang efektif karena didalam jaringan komputer dapat diberi pengaturan hak akses untuk penggunanya sehingga data yang dikirim akan aman.
  • hemat dalam biaya, contohnya dengan menggunakan jaringan komputer beberapa komputer dapat menggunakan satu printer saja agar biaya yang dikluarkan lebih murah.

sekian artikel tentang Pengertian Jaringan Komputer Dan Manfaat Jaringan Komputer yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

 

Baca Juga: