Pengertian ISP (internet service provider), Fungsi Dan Macam-Macam ISP Serta Contohnya [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – bagi anda yang belum mengetahui tentang Internet Service Provider (ISP), disini saya akan menuliskannya dengan lengkap. tanpa kita sadari setiap hari kita menggunakan jasa Internet Service Provider (ISP), dan kita belum tahu apa itu ISP???. untuk menambah wawasan anda silahkan baca pembahasan yang akan saya tuliskan dibawah tentang Pengertian ISP (internet service provider), Fungsi Dan Macam-Macam ISP Serta Contohnya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Pengertian ISP (internet service provider), Fungsi Dan Macam-Macam ISP Serta Contohnya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian ISP (internet service provider), Fungsi Dan Macam-Macam ISP Serta Contohnya



Pengertian Internet Service Provider (ISP)

Internet service provider biasa dikenal dengan penyelenggara jasa internet adalah sebuah organisasi maupun perusahaan yang menyediakan sebuah jasa layanan koneksi untuk akses internet bagi perseorangan, sekolah, kampus, perkantoran dan lain sebagainya. untuk mengakses sebuah layanan di internet tentunya kita memerlukan sebuah koneksi yang dapat menghubungkan pengguna dengan internet. dengan kata lain pengertian internet service provider (ISP) yaitu jasa yang menyediakan sebuah koneksi internet yang dikelola oleh sebuah perusahaan atau organisasi.

tanpa koneksi internet kita tidak dapat mengakses internet, oleh karena itu perusahaan yang memiliki jasa koneksi berperan penting dalam memberikan layanan kepada pengguna internet. nama lain dari penyedia jasa internet yaitu internet service provider atau penyelenggara jasa internet. Pengguna yang akan memerlukan koneksi internet biasanya harus menggunakan sebuah modem atau modulator de modulator. meskipun kita dapat menggunakan wifi atau handphone tetapi bagi pengguna komputer biasanya harus menggunakan sebuah modem untuk mengakses internet.

dengan modem ISp akan membagi rincian yang dibutuhkan untuk dapat tersambung ke internet dengan biaya tertentu. ISP saat ini sangat dibutuhkan karena kecepatan koneksi yang dimiliki oleh sebuah internet service provider terhadap jaringan internet global maupun jaringan yang lebih luas. internet service provider dahulunya menjual koneksi melalui jaringan telepon, akan tetapi sekarang sudah menggunakan teknologi wireless dan fiber optic.

Fungsi Internet Service Provider (ISP)

1. Internet Service Provider (ISP) berguna untuk media perantara agar terhubung ke internet.
2. Internet Service Provider (ISP) menyediakan sebuah layanan jaringan internet untuk penguna perseorangan, sekolah, kampus, kantor dan sebagainya agar terhubung ke internet.
3. membantu pengguna agar terhubung ke gateway internet terdekat.
4. tersedia komponen modem untuk koneksi dial-up.
5. membantu penggunanya agar terhubung ke layanan informasi WWW (world wide web).
6. dengan koneksi internet pengguna dapat mengirim data atau file apa saja dan mendownloadnya.
7. pengguna juga dapat melakukan percakapan suara melalui koneksi internet.
8. dengan adanya koneksi internet pengguna dapat menggunakan layanan e-mail dan lain sebagainya.

Macam-Macam Internet Service Provider (ISP)

1. Dial-up Connection
tipe dari Internet Service Provider (ISP) dial-up conection yaitu sebuah koneksi yang memiliki sifat sementara, maksudnya koneksi pada pengguna tidak terhubung terus menerus ke jaringan internet. biasanya tipe dial-up conection digunakan untuk pengguna perseorangan dengan komputer tunggal atau komputer rumahan. dengan menggunakan Internet Service Provider (ISP) tipe dial-up conection biaya yang akan dikeluarkan berdasarkan pemakaian berapa lama pengguna memakainya. komponen yang dipakai untuk jenis dial-up conection yaitu sebuah komputer atau laptop serta kartu dan modem.

2. Deticated Communication
tipe Internet Service Provider (ISP) selanjutnya yaitu deticated communication yaitu tipe ISP yang menyediakan koneksi internet bersifat menetap atau komputer dapat terhubung selama 24 jam non-stop. jenis dari deticated communication biasanya digunakan oleh perusahaan atau pengguna komputer banyak. biasanya jenis ini memberikan batasan terhadap penggunaan koneksi internetnya karena sistem jaringan yang mahal.

Contoh Internet Service Provider (ISP)

1. Telkomnet
2. 3GNet
3. Speedy
4. Asia Pasific Internet Company
5. Astinet dan lain sebagainya

sekian materi tentang Pengertian ISP (internet service provider), Fungsi Dan Macam-Macam ISP Serta Contohnya yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: