Search

Pengertian Flowchart Program, Simbol Flowchart Dan Contohnya

Pengertian flowchart atau bagan alur progam adalah penggambaran secara grafik alur kegiatan/proses yang digambarkan melalui simbol-simbol dan urutannya dihubungkan dengan tanda panah. Flowchart mewakili ilustrasi penyelesaian suatu masalah.

Diagram alur digunakan untuk menganalisis, mendesain dan mendokumentasikan suatu proses atau program disuatu bidang kerja.

Tujuan Pembuatan Flowchart

Tujuan pembuatan flowchat adalah:

1. Menggambarkan urutan kegiatan dan penyelesaian masalah.

2. Menggambarkan masalah dengan lebih rapi, terstruktur dan mudah dipahami.

Jenis-jenis Flowchart

beberapa jenis flowchart yang kita kenal adalah sebagai berikut:

1. Flowchart Dokumen (Flow of Document)
Flowchart dokumen menggambarkan alur perjalanan dokumen suatu kegiatan. penggambarang grafik ini terdiri dari urutan perjalanan dokumen dari satu bagian ke bagian lainnya, kemudian juga digambarkan proses yang terjadi disetiap bagian dan hasil dari proses tersebut.

2. Flowchart Program.

Flowchart program menggambarkan secara rinci urutan proses yang ada dalam suatu program. Urutan terdiri dari langkah input, kemudian proses sampai ke hasil/output.

3. Flowchart Proses

Flowchart proses biasanya digunakan dalam bidang industrial. Flowchart proses menggambarkan secara rinci langkah-langkah dalam suatu rekayasa produksi sehingga mudah dianalisa lebih mendalam.

4. Flowchart System

Flowchart sistem menggambarkan secara menyeluruh terhadap suatu sistem. Flowchart sistem menguraikan semua urutan dan alur dalam suatu sistem.

5. Flowchart Skematik

Flowchart skematik memiliki fungsi dan gambaran yang sama dengan flowchart sistem, namun menggunakan simbol yang berbeda. Flowchart sistematik biasanay menggunakan simbol-simbol berupa bentuk didunia nyata. Misalnya menggambarkan topologi jaringan lengkap dengan hub, router, server dan client.

Siklus Dalam Flowchart

Siklus dalam flowchart adalah proses input-proses-output. hal ini menggambarkan proses kerja suatu aplikasi, dimana ada input kemudian hasil input diproses dan menghasilkan sebuah output dari proses tersebut.

Simbol Flowchart

Sebenarnya ada banyak sekali simbol dalam flowchart. Namun ada beberapa simbol yang sering digunakan adalah seperti dibawah ini:

 

 

Contoh Flowchart

Untuk membuat flowchart, kita harus paham simbol dan penggunaannya. Setelah itu cobalah dengan sebuah alur sederhana. Untuk memahami pembuatan flowchart, kita akan mencoba membuat alur untuk menentukan bilangan genap dan ganjil.

 

1. Mulai, aplikasi dimulai.

2. Masukkan Bilangan (input).

3. Proses, bilangan dibagi 2 kemudian diambil sisa bagi (modulus).

4. Jika sisa pembagiannya adalah 0, maka bilangan genap.

5. Jika sisa pembagian lebih dari 0 maka bilangan ganjil

6. Selesai, Aplikasi suda selesai.

KESIMPULAN

Demikian penjelasan tentang flowchart. Bagi programmer, flowchart sangat membantu baik dalam proses analisa, pembuatan, implemementasi dan juga maintenance aplikasi. Dengan flowchart yang rapi dan lengkap, pembuatan dan pengembangan aplikasi akan mudah dilakukan.

Demikian penjelasan saya tentang flowchart beserta contoh penggunaannya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*