Pengertian DBMS dan Database serta Perbedaan DBMS dengan Data Base Secara Mendetail

Posted on

www.kuncikomputer.com – Sebuah perusahaan membutuhkan tempat penyimpanan data website yang berkualitas. Di zaman yang serba modern ini, website sudah menjadi bagian yang tidak bisa terlepaskan dari perkembangan suatu perusahaan.  Di dalam website tersebutlah tersimpan berbagai data yang kemudian dikumpulkan secara sistematik dalam sebuah rak khusus. Tempat ini dikenal dengan sebutan database. Selain istilah database, Anda akan dipertemukan dengan dbms dan rdbms. Namun untuk pembahasan kali ini, hanya akan diulas terkait dengan pengertian dbms dan database serta perbedaan dbms dengan data base.

Pengertian DBMS dan Database serta Perbedaan DBMS dengan Data base yang Perlu Anda Ketahui

Database sebenarnya adalah sebuah tempat khusus untuk menyimpan data. Data yang disimpan berasal dari kumpulan informasi yang ada di dalam komputer kemudian dihimpun dengan runtun dan sistematis. Data tersebutlah yang kemudian diolah dengan program komputer sehingga dihasilkan data dengan tujuan tertentu. Perusahaan biasanya menggunakan hasil olahan data tersebut untuk memutuskan suatu hal penting yang berkaitan dengan perkembangan perusahaan. Tidak hanya itu, database juga bisa digunakan untuk menyimpan semua data history perusahaan dengan baik.

Pengertian dbms dan database serta perbedaan dbms dengan data base

Pengertian dbms dan database serta perbedaan dbms dengan data base tentunya sangat menarik karena keduanya memang memiliki pengertian yang berbeda. Jika database adalah tempat penyimpanan data maka DBMS adalah perangkat lunak yang dipakai untuk memasukkan serta mengambil data dari dan ke media penyimpanan. DBMS pada dasarnya diambil dari singkatan database management system. DBMS sendiri adalah suatu sistem perangkat lunak atau program yang memungkinkan para pengguna database untuk mengontrol, mengakses dan memelihara data dengan efisien dan praktis. Intinya adalah semua akses yang berkaitan dengan basis data akan terorganisir secara sistematik dengan menggunakan DBMS.

  • Fungsinya

Jika dilihat dari segi fungsinya, basis data dan DBMS memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dimana basis data berfungsi untuk menyimpan segala bentuk data agar bisa diolah oleh user. Sementara DBMS merupakan teknologi atau metode yang dipakai untuk mengatur proses dan alur berjalannya basis data. Meskipun memiliki fungsi yang berbeda-beda, database dan DBMS memiliki keterkaitan yang tidak bisa dipisahkan. Karena di dalam DBMS, terdapat sistem yang memang ditujukan untuk mengolah semua data yang ada di dalam database sesuai dengan kebutuhan pengguna basis data atau Brainware. Dimana dalam hal ini, user bisa menghapus, mengolah, mengupdate, membuat table data dan lain sebagainya.

  • Konsep dasar

Pengertian dbms dan database serta perbedaan dbms dengan data base juga bisa terlihat dari konsep dasarnya. Basis data atau database merupakan kumpulan data yang sengaja disimpan oleh manusia di dalam komputer secara sehingga bisa dimanipulasi dan diolah dengan program aplikasi untuk bisa menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Dari pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa database mengandung struktur data, batasan data serta struktur data mana saja yang akan disimpan. Database ini juga memiliki peranan yang sanat penting agar pengguna bisa mengorganisasi data dengan sempurna. Masih berkaitan dengan database, DBMS merupakan tools software yang digunakan untuk mengolah data yang ada di dalam database agar lebih efisien dan cepat. Ada banyak DBMS yang terkenal di dunia internet, baik yang sifatnya opensource hingga license berbayar.

  • Data-data

Pengertian dbms dan database serta perbedaan dbms dengan data base juga bisa dilihat dari data-data yang disediakan. Dimana di dalam database terdapat data-data informasi yang saling berkaitan. Sementara di dalam DBMS terdapat sekumpulan program yang dipakai untuk merawat dan mengakses database. Kini, sudah terlihat bedanya bukan?

  • Koleksi

Database pada dasarnya mengoleksi data-data. Sementara pada DBMS, yang dikoleksi adalah aplikasi atau tools yang dipakai untuk kegiatan operasional Database. Perbedaan koleksi tersebut tentu sangat menjelaskan perbedaan diantara keduanya.

Dari ulasan di atas, tentunya Anda sudah bisa membedakan antara database dengan DBMS bukan? Demikianlah informasi mengenai pengertian dbms dan database serta perbedaan dbms dengan data base. Semoga ulasan terkait dengan database dan DBMS ini bisa menambah wawasan Anda.

Baca Juga: