Pengertian Client Server, Cara Kerja, Fungsi Dan Contohnya [Terlengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – mungkin beberpa dari kita belum memahami tentang jaringan, dan ingin mengetahui lebih dalam tentang jaringan. client server merupakan salah satu materi tentang jaringan yang didalamnya terdapat komputer client dan server yang memiliki peran masing-masing. untuk menambah wawasan anda baca selengakapnya artikel saya tentang Pengertian Client Server, Cara Kerja, Fungsi Dan Contohnya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan artikel materi Pengertian Client Server, Cara Kerja, Fungsi Dan Contohnya lebih banyak lagi, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Client Server, Cara Kerja, Fungsi Dan Contohnya



Pengertian Client Server

Client adalah suatu proses sistem komputer yang meminta reques data ke server. sedangkan server adalah suatu proses sistem komputer yang menyediakan data yang di minta oleh client. berdasarkan pengertian client, server maka dapat disimpulkan bahwasanya jaringan client server adalah suatu paradigma didalam sebuah teknologi informasi yang menghubungkan antara client dan server, dimana server sebagai sebagai induk dari semua komputer client.

pengertian client server juga dapat di artikan sebagai sebuah pembagian kerja suatu komputer untuk mengakses server jaringan tertentu dan sebagai bagian konteks data, client serevr memiliki fungsi mengatur interface sebagai tempat berjalannya aplikasi basis data.

Cara Kerja Client Server

sebuah komputer client akan mendapat permintaan berupa pesan, kemudian pesan dikirim ke server dan menunggu respon dari server. setelah diterima dan direspon, server akan memproses permintaan basis data tersebut sampai selesai, lalu hasil dari proses tersebut akan dikembalikan ke komputer client. didalam proses cara kerja client server yang terdapat banyak hal seperti jaminan integritas, memeriksa autorisasi, update, error dan lainnya.

Fungsi Client Server

Didalam jaringan client server terdapat fungsi yang berbeda antara cliet dan server, sehingga akan saya bagi dua fungsi client server.
1. fungsi client
– client memiliki fungsi untuk mengatur user interface.
– fungsi client selanjutnya yaitu memproses aplikasi, dan yang berperan didalamnya yaitu client server.
– fungsi clinet terakhir yaitu untuk menyediakan akses basis data secara bersama-sama, menerima serta memeriksa dari sintak input yang diperoleh dari pengguna, dan melakukan control recovery.

2. Fungsi Server
– server memiliki fungsi untuk menerima kemudian memproses basis data yang diperoleh dari client.
– server juga melakukan pemeriksaan autorisasi, memelihara data dictionary, proses update serta pemindahan respon ke client.

Contoh Client Server

1. arsitekstur dari client server yang pertam one-tier atau standalone, pada arsitekstur ini kegiatan proses dilakukan pada mainframe. pada arsitekstur ini pemrosesan terjadi secara terpusat atau disebut basis-host. srsitekstur jenis one-tier memiliki kelemahan yaitu apabila kebanyak user yang mengakses maka akan kewalahan.

2. contoh client server yang kedua yaitu menggunakan arsitekstur two-tier, pada tipe ini proses yang dilakukan terjadi pada client dan server. tipe inni biasanya terdapat banyak client dan server yang terhubung melalui sebuah jaringan.

3. contoh client server selanjutnya yaitu three-tier, jenis ini merupakan arsitekstur yang sudah terinovasi. pada tipe ini terdapat aplikasi yang berdiri antara client serta database server. tipe ini biasanya digunakan menggunakan web aplication karena komputer client akan melakukan instalasi web browser.

4. arsitekstur dari contoh client server yang terakhir yaitu multi-tier, pada jenis ini mirip dengan jenis three-tier. akan tetapi multi-tier memiliki business logic server yang membedakan dengan three-tier, dan multi-tier diperluas dengan bentuk fisik yang sudah terdistribusi.

sekian artikel materi Pengertian Client Server, Cara Kerja, Fungsi Dan Contohnya yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: