Pengertian Bunyi, Sumber dan syarat Bunyi Serta Rumus Cepat Rambat Bunyi

Posted on

www.kuncikomputer.com – kali ini saya akan menuliskan materi tentang bunyi, mungkin kita hanya mengenal bunyi dengan sesuatu yang bersuara. bunyi memiliki sumber dan syarat tersendiri agar dapat dikatakan bunyi atau berbunyi. selain sumber dan syarat bunyi juga memiliki rumus cepat rambat bunyi. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian Bunyi, Sumber dan syarat Bunyi Serta Rumus Cepat Rambat Bunyi.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang materi bunyi, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Bunyi

Bunyi adalah suatu gelombang longitudinal atau hasil dari sebuah getaran yang berasal dari sebuah benda dan dapat merangsang indara pendengaran.

Sumber Bunyi

sumber bunyi adalah suatu benda yang bergetar dan dapat menghasilkan bunyi. Contoh sumber bunyi gendang ketika di pukul akan bergetar dan menghasilkan bunyi. gitar ketika di petik akan menghasilkan getaran dan menghasilkan bunyi dan lain sebagainya.

syarat Bunyi

a. terdapat sumber bunyi contohnya seperti gitar apabila di petik akan bergetar dan menghasilkan bunyi maka gitar disebut sumber bunyi.
b. terdapat medium perantara dari bunyi yang digunakan untuk merambatkan dari suara bunyi.
c. terdapat penerima atau pendengar yang terdapat disekitar jangkauan bunyi.

Rumus Cepat Rambat Bunyi

berdasarkan keterangan keterangan diatas sekarang saya akan menuliskan rumus dari cepat rambat bunyi. berikut ini adalah rumus cepat rambat bunyi :

V = s / t

keterangan :
v : cepat rambat sebuah bunyi [m/s] s : jarak sumber bunyi ke pendengar [m] t : selang waktu bunyi [s] Ciri Ciri Gelombang Bunyi
1. bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa
2. bunyi merupakan gelombang longitudinal.
3. kecepatan rambat sebuah bunyi terpengaruhi oleh medium perantaranya cair, gas, padat.
4. sebuah bunyi dapat mengalamin pemantulan dan resoonasi.

Jenis Jenis Bunyi

1. Bunyi Infrasonik
2. Bunyi Audiosonik
3. Bunyi Untrasonik
4. Bunyi Nada
5. Bunyi Desah
6. BunyiPantulan
7. Bunyi Gema

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :