Pengertian Bandwidth, Throughput Serta Fungsinya [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – mungkin anda bertanya tanya tentang apa yang dimaksud dengan bandwidth dalam sebuah jaringan, apa fungsinya dan apa itu throughput?? pada kesempatan ini saya akan menuliskan tentang pengertian bandwidth, pengertian throughput dan fungsinya. oleh karena itu simak lah artikel saya untuk memperdalam wawasan anda dalam ilmu jaringan. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian Bandwidth, Throughput Serta Fungsinya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Bandwidth, Throughput Serta Fungsinya



Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah sebuah ukuran yang digunakan untuk mengetahui banyaknya informasi atau data (bit) setiap detiknya yang dikirim dari tempat asal ke tempat tujuan. bandwidth dapat digunakan untuk mengukur aliran data analog dan juga dapat mengukur aliran data digital. bandwidth memiliki satuan yaitu bps (bit per second).
sedangkan Bandwidth internet yaitu sebuah kecepatan yang memiliki batas maksimal yang telah diberikan dari IPS atau suatu penyedia jasa layanan internet terhadap pemakainya. bandwidth internet dapat kita ibaratkan seperti sebuah paralon atau pipa yang dapat terisi oleh air, apabila paralon atau piapa semakin besar maka air yang mengalir juga semakin besar besar begitu pula dengan bandwidth.
Macam-Macam Bandwidth atau Perbedaan Bandwidth digital Dan Analog

Bandwidth Digital adalah sebuah volume data atau jumlah data yang dikirim dan memiliki satuan bps (bit per second) data tersebut dikirim dengan bantuan saluran komunikasi tanpa adanya distorsi. sedangkan Bandwidth Analog adalah suatu perbedaan antara frekuensi paling rendah dengan frekuensi paling tinggi dalam sebuah frekuensi dan diukur menggunakan satuan HZ (Hertz) yang dapat menentukan banyaknya sebuah informasi maupun data dan dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

Fungsi Bandwidth

berdasarkan penjelasan-penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa bandwidth memiliki fungsi sebagai alat untuk menghitung transaksi data digital maupun analog.

Pengertian Throughput

Throughput merupakan bandwidth yang sesungguhnya atau aktual, diukur menggunakan satuan waktu tertentu serta pada kondisi tertentu pada sebuah jaringan dan digunakan untuk melakukan mengirim sebuah data dengan ukuran tertentu.

Sekian artikel tentang pengertian bandwidth, fungsi bandwidth dan pengertian throught yang bias sayaberikan kali ini semoga menambah wawasan anda dalam dunia jaringan, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :