Pengertian Algoritma, Fungsi Algoritma Dan Contoh Algoritma [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – algoritama sering di gunakan dalam pembahasan sebuah program komputer atau sebuah permasalahan. dengan algoritma seseorang bisa membuat sebuah langkah-langkah dalam memecahkan sebuah masalah. anh untuk lebih jelasnya silahkan anda simak  di artikel  saya dibawah ini.

Pengertian Algoritma, Fungsi Algoritma Dan Contoh Algoritma

nah untuk penjelasan tentang algoritma akan saya beberkan dari pengertian, fungsi dan contohnya. dari penjelasan saya nantinya silahkan anda ingat dan baca sampai selesai agar menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang algoritma.

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah sebuah langkah-langkah yang telah disusun secara teratur dan sistematis yang memiliki tujuan untuk memecahkan sebuah masalah dan memiliki tujuan tertentu.

dilihat dari pengertian diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa algoritma sering kali kita lakukan didalam kehidupan kita sehari-hari. nah bahasa algoritma sering digunakan didalam bahasa pemrograman komputer atau sebelum sebuah program komputer dibuat biasanya akan di buatkan sebuah algoritma program dengan flowchart program baca disini. dengan dibuatnya algoritma program sebelum sebuah aplikasi komputer dibuat, yaitu agar tujuan atau alur dari program itu diketahui dengan jelas. dengan demikian seorang programer akan mudah dalam membaca apa yang dimaksud atau yang diinginkan dalam pembuatan aplikasi tersebut.

Fungsi Algoritma

seperti yang telah saya jelaskan diatas, tentunya kita dapat mengambil kesimpulan bahwasanya fungsi dari algoritma yaitu untuk menentukan sebuah  alur atau langkah-langkah yang jelas dalam mengetahui tujuan hasil dari pemecahan sebuah masalah atau tujuan utama. dengan kata lain dengan adanya algoritma akan memudahkan kita untuk memahami tujuan dari pemecahan masalah sesuai dengan langkah-langkah yang di buat didalam sebuah algoritma.

Contoh Algoritma

contoh algoritma untuk membuat sebuah program sederhana “mecari Luas” (Luas = 0.5 * alas * tinggi).

contoh flowchart algoritma
contoh flowchart algoritma

1. pertama “mulai” atau di simbolkan bulat lonjong di dalam flowchart.
2. selanjutnya Data data yang harus di baca atau diidentifikasi yaitu “baca nilai alas dan nilai tinggi”. didalam identifikasi ini biasanya data akan diberi tipe data contohnya integer, char, loat dan lainnya. (input)
3. setelah data diidentifikasi dan sudah benar maka data akan di proses atau dihitung ” Luas = 0.5 * nilai alas * nilai tinggi” angka 0.5 angka yang tidak berubah jadi tidak diinputkan melainkan di masukan jadi rumus permanen. (proses)
4. setelah data di proses atau dihitung, selanjutnya “Baca Luas” tahap ini merupakan tahap akhir dengan menampilkan data sebagai output.
5. terakhir program selesai atau di simbolkan sama seperti mulai yaitu bulat lonjong.

coba anda perhatikan contoh algoritma diatas, inti dari algoritma nya yaitu mencari hasil luas dengan langkah-langkah yang sistematis hingga mendapatkan sebuah hasil. sekian artikel tentang algoritma yang dapat saya bagikan kali ini semoga bermanfaat. saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: