Pengertian 7 OSI Layer, TCP/IP Dan Fungsinya [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – mungkin anda masih bingung apa pengertian OSI layer, TCP/IP dan apafungsinya??. secara umum OSI layer merupakan standar komunikasi, sedangkan TCP/IP kepanjangan dari Tranmission control protocol / internetworking protocol. jika anda masih bingung mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Pengertian 7 OSI Layer, TCP/IP Dan Fungsinya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang Pengertian 7 OSI Layer, TCP/IP Dan Fungsinya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian 7 OSI Layer, TCP/IP Dan Fungsinya



OSI Layer memiliki 7 lapisan open system interconnection yang digunakan untuk menghubungkan alat komunikasi melalui sebuah jaringan.

Pengertian OSI Layer

OSI Layer adalah standar komunikasi yang berada didalam sebuah jaringan dan digunakan untuk menghubungkan seluruh alat komunikasi melalui sebuah jaringan. OSI kepanjangan dari open system inconnection untuk menggambarkan sebuah informasi yang dapat dirim melalui sebuah jaringan pada perangkat lunak komputer satu dengan yang lainnya. OSI layer terdapat 7 lapisan yang memiliki bertugas masin- masing dalam sebuah jaringan yang spesifik. OSI layer dibuat oleh standar ISO (internationsl standadization for organization) yang membuat kerangka logika yang terstruktur tentang komunikasi dalm sebuah jaringan.

setelah anda mengetahui tentang pengertian OSI Layer sekarang perhatikan gambar dan penjelasan 7 OSI layer yang berada dibawah ini.

berdasarkan gambar diatas terdapat dua bagian yaitu upper layer dan lower layer. upper layer berada pada urutan paling atas yang memiliki fungsi utama pada aplikasi yang merepresentasikan sebuah file pada komputer pengguna. sedangkan lower layer berada pada urutan bawah yang memiliki fungsi dalam intisari sebuah komunikasi data lewat jaringan aktual.

Penjelasan Fungsi 7 OSI Layer

Lower Layer
1. Physical layer
layer ini berguna untuk mendefenisikan alat transmisi sebuah jaringan dengan metode pensinyalan dan mensinkronkan bit. arsitekstur yang digunakan dalam jaringan contohnya seperti ethernet ataupun token ring, atau topologi jaringan serta pengkabelannya. pada layer ini juga mendefenisikan bagaimana sebuah network interface card (NIC) melakukan koneksifitas menggunakan kabel atau radio.
Protokol dalam lapisan Physical Layer.
lapisan physical layer tidak mempunyai sebuah protokol yang spesifik, akan tetapi layer ini bertanggung jawab terhadap proses data menjadi bit kemudian mengirimkan data tersebut melalui sebuah jaringan dengan media seperti kabel, dan layer ini hanya mengirimkan data yang sudah berubah menjadi bit bit.
2. Data-link Layer
layer ini memiliki kegunaan untuk mengklompokan bit bit dari data tadi menjadi sebuah frame. dan pada layer ini memiliki wewenang untuk mengontrol kesalahan atau flow control dalam segi pengalamatan ke sebuah perangkat keras seperti Media access control address (MAC Address). layer ini juga menentukan bagaimana media jaringan beroperasi seperti bridge, hub, repeater serta switch layer2. dalam spesifik IEEE 802 membagi lapisan layer ini menjadi dua level yaitu pertama lapisan media access control (MAC), kedua lapisan logical link control (LLC).
Protokol Dalam lapisan data-link layer.
1. PPP (point to point protocol)
protokol ini berfungsi untuk point to point di sebuah jaringan.
2. SLIP (serial line internet protocol)
protokol ini berfungsi untuk menyambungkan serial.

3. Network Layer
selanjutnya penjelasan OSI Layer yang ketiga ini yaitu network layer yang digunakan untuk mendefenisikan alamat IP yang ada. selain itu layer ini juga berfungsi untuk membuat header untuk paket-paket setelah itu melakukan routing melalui internetworking dengan media router serta switch layer3.
Protokol dalam lapisan network layer.
1. IP (internetworking protocol)
protokol ini berfungsi untuk mengirim data dalam paket atau datagram.
2. ARP (address resolution protocol)
protokol ini digunakan untuk melihat alamat IP komputer berdasarkan alamat fisik komputer yang telah diketahui.
3. RARP (reverse address resolution protocol)
protokol ini berfungsi untuk melihat sebuah alamat fisik melalui IP komputer.
4. ICMP (internet control message protocol)
protocol ini berfungsi untuk mengirim notisifikasi datagram oleh sejumlah host yang mengalami masalah pada host yang digunakannya.
5. IGMP (internet group message protocol)
protokol terkhir ini berfungsi untuk memberikan fasilitas pesan yang simultan terhadap group penerimanya.

4. Transport Layer
penjelasan OSI Layer yang ke empat yaitu transpot layer yang memiliki kegunaan untuk memecah data kedalam paket-paket data kemudian memberikan nomor urut sehingga dapat tersusun kembali apabila data sudah sampai pada komputer tujuannya. layer ini juga memiliki kegunaan dalam memberikan tanda apabila paket telah dikirm atau sukses (acknowledgement), serta mengirim ulang terhadap paket yang gagal dikirim di tengah jalan.
Protocol Dalam lapisan Transport Layer.
1. TCP (transmission control protocol)
protokol ini berfungsi untuk menyediakan layanan banyak lapisan transport yang digunakan aplikasi.
2. UDP (user datagram protocol)
protokol ini digunakan untuk protokol connectionless, proses to proses yang menambahkan tujuan port serta checksum error control.

Upper Layer

5. Session Layer
Penjelasan OSI Layer selanjutnya yaitu session layer yang berguna untuk mendefenisikan sebuah koneksi dapat dibuat, dipelihara dan di hancurkan. session layer juga memiliki kegunaan untuk resolusi nama.
Protokol Dalam Lapisan Session Layer.
1. NETBIOS
protokol ini berfungsi untuk penyiaran pesan atau mengirim pesan ke banyak penerima.
2. NETBEUI (NETBIOS extended user interface)
prorokol ini digunakan untuk penyiaran pesan yang dapat bekerja di banyak hardware dan software.
3. ADSP (appletalk data stream protocol)
protokol ini digunakan untuk memantau aliran data.
4. PAP (printer access protocol)
protokol ini berguna untuk printer postscript pada apple talk.
5. SPDU (session protocol data unit)
protokol ini digunakan untuk mendukung hubungan antara dua session service user.
6. RCP

6. presentation layer
OSI Layer selanjutnya yaitu presentation layer yang berguna untuk mentransalasikan data yang akan dikirim menggunakan aplikai dalam bentuk format yang dapat di transmisikan lewat jaringan.
Protokol Dalam Lapisan Presentation Layer.
1. TELNET
berupa protokol yang berfungsi untuk meremote ke suatu host dan data berjalan secara lain teks.
2. SMTP (simple mail transfer protocol)
sebuah protokol yang berfungsi untuk mengirim email melalui internet.
3. SNMP (simple network management protokol)
protokol berfungsi didalam manajemen jaringan.

7. Aplication Layer
Penjelasan OSI Layer yang terakhir yaitu aplication layer yang berguna untuk menjelaskan spesifikasi dari aplikasi jaringan yang terkoneksi dengan layanan jaringan yang menyiapkan jasa untuk aplikasi penggunanya. layer ini berfungsi untuk pertukaran data informasi juga melalui antar program komputer contohnya program email dan lainnya. selain itu aplication layer ini juga berfungsi untuk mengatur aplikasi agar dapat mengakses jaringan serta membuat pesan kesalahan.
Protokol dalam Aplication Layer.
1. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol )
2. FTP (File Transfer Protokol)
3. NFS (Network File system)
4. DNS (Domain Name System)
5. POP3 (Post Office Protocol)
6. MIME (Multipurpose Internet Mail Exension)
7. SMB (Server Messange Block)
8. NNTP (Network News Transfer Protocol)
9. DHCP (Dynamic Configuration Protocol)

Penjelasan TCP/IP

arsitekstur yang digunakan oleh TCP/IP yaitu model referensi DARPA. seperti yang terdapat pada gambar diatas model TCP/IP ini terdapat 4 bagian yang bertingkat. empat bagian ini berlapis yang dapat di gambarkan meskipun tidak langsung terhadap model OSI.

Macam-Macam Layer TCP/IP

1. network access layer
network access layer digunakan untuk mendefinisikan protokol dari perangkat keras yang digunakan dalam mengirim data, contohnya ethernet pada LAN, PPP Pada WAN.
2. Internet layer
Internet layer digunakan untuk penyedia fungsi IP address, routing serta menentukan path paling baik dan internet layer hanya mempunyai 1 protokol yaitu TCP/IP.
3. Transport layer
digunakan untuk menyediakan service sebelum digunakan oleh aplication layer, layer ini terdapat dua protokol yaitu TCP dan UDP.
4. Aplication layer
aplication layer digunakan untuk menyediakan servis untuk perangkat lunak pada komputer, layer ini memiliki beberapa protokol seperti HTTP, FTP, POP3, SMTP dan lainnya.
sekian artikel meteri tentang Pengertian 7 OSI Layer, TCP/IP Dan Fungsinya semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :