Pembahasan Pengertian Analisis SWOT, Manfaat Dan Contohnya [Terlengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – Analisis SWOT biasanya digunakan untuk melakukan penelitian untuk masa mendatang (planing) di sebuah perusahaan atau sebuah organisasi. dengan sebuah metode analisis seorang peneliti dapat mengetahui data dengan mudah, cepat dan akurat sesuai dengan dilapangan. apabila anda ingin menggunakan metode analisis SWOT tentunya anda harus memahami pengertian dari ananlisis SWOT. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Pembahasan Pengertian Analisis SWOT, Manfaat Dan Contohnya agar anda lebih paham.

seperti biasa sebelum saya menuliskan materi artikel tentang Pembahasan Pengertian Analisis SWOT, Manfaat Dan Contohnya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pembahasan Pengertian Analisis SWOT, Manfaat Dan Contohnya



Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah sebuah analisis manajemen perusahaan untuk membantu dalam membuat planing atau rencana masa depan dengan target yang ingin dicapai, dalam jangka waktu yang pendek ataupun jangka waktu yang panjang. Analisis SWOT merupakan singkatan dari (strenght atau kekuatan, weaknesses atau kelemahan, opportunities atau peluang, dan threats atau Ancaman).

Analisis SWOT bersifat deskriptif atau sebuah gambaran, analisa jenis ini digunakan untuk sebuah masukan dalam perusahaan untuk membuat sebuah gambaran situasi yang sedang hadapi. bukan berarti analisis ini adalah alat yang ampuh untuk memberikan jalan keluar suatu masalah, akan tetapi sebagai alat bantu dalam analisa untuk membuat gambaran.

Berdasarkan pengertian Analisis SWOT diatas yang dibagi menjadi empat bagian, saya akan menjelaskan dari empat bagian masing-masing secara rinci.

Penjelasan Empat Bagian Analisis SWOT

1. Strenght (Kekuatan)
Penjelasan Analisis SWOT yang pertama Strenght merupakan analisis kekuatan yang dilakukan untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau organisasi saat analisis dilakukan. yang harus diingat yaitu dalam analisis ini yang dilihat kekuatan yang dimiliki perusahaan atau organisasi kemudian dibandingkan dengan para pesaing yang ada.

contoh dari analisis kekuatan yaitu misalnya sebuah perusahaan unggul dalam bidang marketing dengan mengandalkan fasilitas teknologi terkini, sehingga target pasar bisa sangat luas. selain itu perusahaan juga cepat respon terhadap keluhan pelanggannya sacara langsung ataupun tidak langsung.

2. Weaknesses (kelemahan)
Penjelasan Analisis SWOT selanjutnya yaitu Weaknesses merupakan analisis kelemahan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau sebuah organisasi untuk mengetahui kelemahannya. yang harus diingat dalam analisis ini yaitu kita harus mencari kelemahan perusahaan yang menjadi kendala besar dalam kemajuan perusahaan tersebut.

contoh dari analisis kelemahan yaitu misalnya sebuah perusahan sudah menggunakan teknologi sebagai alat bantu dalam melakukan pekerjaannya akan tetapi para karyawan masih kurang familiar terhadap sistem yang ada ataupun teknologi masa kini, hal ini dapat menghambat perkembangan dan kemajuan perusahaan.

3. Opportunities (Peluang)
Penjelasan Analisis SWOT selanjutnya yaitu opportunities mrupakan analisis peluang yang dilakukan untuk mengetahui peluang yang dimiliki sebuah perusahaan atau membuat terobosan peluang, dengan demikian perusahaan dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk target perusahaan. biasanya peluang dilihat dari faktor eksternal atau faktor luar seperti dari para pesaing, dan para pelanggan ataupun yang lainnya.

contoh dari analisis peluang yaitu misalnya pemasaran yang dilakukan melalui website perusahaan dan para pesaing juga malakukan pemasaran melaui website saja, dan perusahaan melakukan terobosan baru yaitu pemasaran tidak hanya dilakukan di website perusahaan saja akan tetapi dilakukan di media sosial juga seperti facebook, twitter, BBM dan lainnya.

4. Threats (Ancaman)
Penjelasan Analisis SWOT selanjutnya yaitu Threats merupakan analisis untuk mengetahui ancaman apa saja yang akan terjadi terhadap perusahaan dan sedang dihadapi di perusahaan. analisis ini untuk membantu perusahaan agar dapat mengatasi ancaman tersebut yang akan merugikan perusahaan dan menjadikan hambatan perusahaan. diharapkan dengan adanya analisis ancaman, kekuatan yang dimiliki perusahaan tidak terganggu.

contoh dari analisis ancaman yaitu misalnya perusahaan yang menggunakan teknologi di dalam perusahaan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan ancaman perusahaan terhadap para hacker yang dapat membobol dan mencuri data perusahaan, atau dapat merusak nama baik perusahaan melalui perkembangan teknologi yang ada.

Manfaat Analisis SWOT

berdasarkan penjelasan analisis SWOT diatas tentunya kita dapat mengetahui manfaat dari analisis ini. manfaat yang didapat dari analisis ini yaitu sebuah gambaran yang rinci terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dialami perusahaan. dengan demikian perusahaan dapat mengambil keputusan dalam merencanakan target dimasa mendatang berdasarkan gambaran analisis mendasar yang telah dilakukan.

sekian artikel materi tentang Pembahasan Pengertian Analisis SWOT, Manfaat Dan Contohnya yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :