Panduan Cara Memperbaiki Komputer Mati Total

Posted on

Www.kuncikomputer.com – untuk mengatasi komputer yang mati total, biasanya kita mengandalkan jasa teknisi. Troubleshoot yang akan saya jelaskan ini agar kita tidak selalu menggunakan jasa orang, tidak salah bukan??? Dengan demikian Akan memperkecil biaya untuk memperbaiki komputer kita yang telah mati total. Selain itu wawasan kita juga akan bertambah tentang troubleshooting. Oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Panduan Cara Memperbaiki Komputer Mati Total.

Seperti biasa, sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Panduan Cara Memperbaiki Komputer Mati Total, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Panduan Cara Memperbaiki Komputer Mati Total



Langkah awal Yang harus dilakukan yaitu lepaskan semua kabel power atau kabel data seperti sonket pada harddisk dan dvd-room. Setelah itu coba cek satu per satu komponen komputer seperti yang akan saya tuliskan dibawah ini. Karena tidak semua komponen komputer anda rusak, jadi anda hanya mengganti komponen yang rusak saja.

Cara Memperbaiki Komputer Mati Total

  1. Cek Kabel power komputer
    Periksalah kabel power komputer anda, pastikan tidak ada kerusakan pada kabel seperti di makan tikus atau yang lainnya. Cara lain mengecek kabel power yaitu dengan menggunakan multi tester atau multi meter. Caranya hubungkan ujung kabel power ke multi tester atau mukti meter apabila terdapat suara beep berarti kabel power anda masih berfungsi, dan apabila tidak terdapat suara berarti kabel power anda sudah putus atau rusak.
  2. Cek Power Suplay
    Panduan Cara Memperbaiki komputer mati total selanjutnya yaitu cek power suplaynya. Caranya ambil kabel power 20 pin , kemudian hubungkanlah satu kabel yang berwarna hijau dengan satu kabel yang berwarna hitam menggunakan tembaga atau kawat lainnya. Setelah itu hubungkan ke aliran listrik, dan lihat apakah kipas pada power suplay berputar?? Jika masih berputar berrti masih bagus atau visa digunakan. Dan pastikan port power 20 pin pada motherboard baik baik saja.
  3. Cek Motherboard
    Pada motherboard terdapat banyak komponen komputer yang harus anda pastikan semua komponen terpasang dengan baik. Contohnya kabel power 20 pin harus terpasang dengan benar.
  4. Cek Front panel
    Langkah selanjutnya tentang Panduan Cara Memperbaiki Komputer Mati Total yaitu cek pada front panel. Cara mengeceknya dengan cara menghubungkan secara singkar semua pin yang ada di front panel. Cara menghubungkan pin pada front panel yaitu menggunakan obeng. Kemudian cari dua pin power pada front panel dan hubungkan menggunakan obeng, dan pastikan komputer terdapat arus listrik. Apabila komputer memberikan tanda hidup berarti front panel tidak ada masalah dan apabila tidak ada tanda hidup berarti terdapat kerusakan pada front panel anda.
  5. Cek Kabel Front Panel
    Selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu memastikan kabel front panel terhubung antara front panel dengan tombol power. Kajadian yang sering dialami yaitu solderan pada ujung kabel lepas, jadi apabila lepas solder kembali kabel agar front panel dapat berfungsi.

Sekian tutorial tentang Panduan Cara Memperbaiki Komputer Mati Total yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. Sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca juga :