Panduan 5 Cara Merawat Baterei Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Posted on

www.kuncikomputer.com – Sebagian besar masyarakat di era modern ini pasti mengenal perangkat komputer. Bahkan, hampir setengah di antaranya sudah punya perangkat komputer sendiri. Sama seperti smartphone, komputer atau laptop juga merupakan benda yang penting dan harus dirawat dengan baik. Untuk Anda pengguna laptop, wajib rasanya merawat laptop supaya komponennya tidak cepat rusak. Berdasarkan pengalaman sebagian besar orang, komponen komputer yang paling cepat rusak adalah baterai, menyusul kemudian hard disk, dan perangkat lain. Pada informasi kali ini, akan dijelaskan panduan cara merawat baterai laptop agar tetap awet. Simak saja penjelasannya pada ulasan berikut ini.

sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Panduan 5 Cara Merawat Baterei Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Panduan 5 Cara Merawat Baterei Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama



5 Cara Merawat Baterei Laptop

  1. Jangan menggunakan laptop secara berlebihan

Sama seperti manusia, laptop juga mempunyai batas penggunaan. Jangan menggunakan laptop selama 24 jam full tanpa istirahat. Penggunaan yang berlebihan akan membuat mesin laptop cepat panas. Tak hanya baterai, komponen hardware lain juga akan cepat rusak jika digunakan secara berlebihan.

  1. Perhatikan pengisian daya baterai

Saat baterai sudah menunjukkan info 100% full, maka Anda harus segera mencabut charger dari laptop Anda. Jangan membiarkan laptop terus dicharger setelah kondisi baterai sudah penuh. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka baterai akan cepat panas dan cepat bocor.

Lalu, Anda juga tidak boleh membiarkan laptop Anda berada pada posisi baterai 0%. Sesekali memang boleh, tetapi jangan dibiasakan. Ketika baterai laptop sudah tinggal 20%, segeralah charger laptop Anda sampai penuh. Hal ini dapat menjaga umur baterai tetap awet dan tetap bisa bertahan lama.

  1. Jangan menggunakan laptop di tempat yang sirkulasi udaranya buruk

Panduan cara merawat baterai laptop agar tetap awet selanjutnya adalah dengan memperhatikan penggunaan laptop. Jangan sering-sering menggunakan laptop di tempat yang memiliki sirkulasi udara buruk, misalnya di atas kasur atau bantal. Hal semacam ini bisa membuat laptop Anda menjadi overheat.

  1. Saat mencharger, sebaiknya kondisi laptop off

Agar baterai laptop tetap awet, sebaiknya Anda mematikan laptop Anda ketika mengecas baterai. Menggunakan laptop sambil dicharger akan membuat baterai laptop bekerja dua kali lebih keras. Hal ini akan mempersingkat umur baterai Anda.

  1. Gunakan Stabilizer

cara merawat baterai laptop menggunakan stabilizer digunakan Untuk menjaga tegangan listrik yang masuk ke laptop, Anda bisa menggunakan stabilizer. Penggunaan stabilizer juga akan membuat tegangan listrik yang masuk tidak naik turun atau selalu stabil. Dengan begitu, performa baterai akan tetap optimal.

Demikian adalah lima langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi baterai. Merawat komputer memang gampang-gampang susah. Jika Anda menggunakan laptop Anda dengan baik dan tidak ceroboh, tak hanya baterai yang awet, laptop Anda pasti akan berumur panjang. Semoga panduan cara merawat baterai laptop agar tetap awet ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga :