Materi Pengertian Router, Komponen-Komponen Router Beserta Fungsinya [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – setelah saya menuliskan tentang router sebelumnya dan saya kira masih belum lengkap apabila belum saya jelaskan juga tentang komponen-komponen router dan fungsinya. bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap tentang komponen router silahkan baca di artikel saya tentang Materi Pengertian Router, Komponen-Komponen Router Beserta Fungsinya. dalam pembahasan ini saya hanya membahas komponen-komponen router karena penjelasan lainnya sudah saya paparkan di artekel sebelumnya, baca selengkapnya disini.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Materi Pengertian Router, Komponen-Komponen Router Beserta Fungsinya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Materi Pengertian Router, Komponen-Komponen Router Beserta Fungsinya



Pengertian Router

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang berguna untuk menyambungkan dua buah jaringan atau lebih yang berbeda maupun yang sama, contohnya menghubungkan jaringan topologi star, topologi ring maupun topologi bus. router bekerja sebagai alat untuk mengantarkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet agar paket data sampai ke tujuannya. router merupakan salah satu perangkat keras komputer yang digunakan dalam jaringan. router memiliki beberapa komponen dan memiliki fungsi masing-masing, berikut ini adalah komponen-komponen router dan fungsinya.

Komponen-komponen Router Dan Fungsinya

1. CPU
CPU (central processing unit) dalam router memiliki kegunaan untuk menjalankan perintah-perintah didalam sistem operasi seperti inisialisasi sistem, control antarmuka jaringan, dan routing. CPU (central processing unit) merupakan sebuah mikroprocessor.

2. RAM
RAm dalam router memiliki fungsi untuk informasi tabel routing, mengatur antrian paket, konfigurasi yang sedang berlangsung serta cash fast switching. selain itu RAM pada router memiliki fungsi utama sebagai penyedia ruang memori untuk menjalankan fungsi dari router. RAM pada router memiliki sifat sementara maksudnya apabila router dimatikan atau direstart maka isi RAM akan hilang. RAM dapat di upgrade dengan menambahkan sesuatu yang disebut dual in-line memory module (DIMM) pada modul memori, dan RAM memiliki tipe dynamic random-access memory (DRAM).

3. Memori Flash
komponen-komponen router dan fungsi selanjutnya yaitu memori flash. komponen ini berfungsi untuk menyimpan citra dari IOS, biasanya IOS yang dibutuhkan oleh router yaitu IOS default dari flash. memori flash berguna sebagai penyimpanan yang terletak didalam router. memory ini bersifat EEPROM (Electronically Erasable Programmable ROM), maksudnya apabila router tidak ada power maka isi dari memory masih tetap ada.

4. ROM
ROM pada router berfungsi untuk mengatur proses serta menjalankan power on self test (POST) dan IOS image, selain itu ROM juga berguna untuk menyimpan sistem bootstrapnya. ROM pada router memiliki tugas utama seperti mendiagnosis perangkat keras atau hardware selama router booting dan memuat IOS dari flash menuju RAM.

5. BUS
komponen-komponen router dan fungsi selanjutnya adalah BUS yang berguna untuk komunikasi antar CPU atau antar muka sebagai slot tambahan. BUS cpu juga berguna untuk mengakses komponen berasal dari penyimpanan router dan mentransfer perintah dari alamat memori yang dipkai.

6. NVRAM
NVRAM berguna untuk penyimpanan start up configuration. pada sebuah piranti yang sama EEPROM dapat berfungsi untuk menjalankan fungsi NVRAM, dan pada piranti yang lainnya NVRAM biasanya digunakan untuk flash dalam melakukan booting. NVRAM memiliki sifat permanen, maksudnya isi dari NVRAM tidak akan hilang meskipun router dimatikan atau direstart ulang.

7. Interface atau antarmuka
komponen-komponen router dan fungsi selanjutnya yaitu interface pada router yang berguna untuk penghubung koneksi keluar. interface pada router berupa port penghubung dengan perangkat lain, dan tipe antarmuka ini dibagi menjadi 3 bagian, berikut adalah penjelasannya.
– Interface LAN
interface jenis ini berguna untuk antarmuka LAN yang terdapat satu atau lebih tipe ethernet atau token ring yang tidak sama. masing-masing interface memiliki chip controller yang digunakan untuk menghubungkan sistem komponen lain. interface LAN biasanya berbentuk konfigurasi tetap atau modulator.
– Interface WAN
jenis antarmuka WAN sama dengan Antarmuka LAN yaitu mempunyai chip controller dan menggunakan konfigurasi tetap atau modulator. contoh dari interface WAN seperti serial, CSU terpadu dan ISDN.
– Interface AUX atau port konsol
komponen-komponen router dan fungsi selanjutnya yaitu interface AUX atau port konsol yang digunakan untuk proses konfigurasi. port konsol biasanya digunakan sebagai terminal komunikasi port pada komputer melalui modem.

8. Power Suplay
power suplay pada router berguna untuk memberikan suatu daya atau aliran listrik kedalam router. dengan adanya power suplay, router dapat dioperasikan dan ada beberapa router yang memiliki lebih dari satu pwer suplay.

sekian artikel tentang Materi Pengertian Router, Komponen-Komponen Router Beserta Fungsinya yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: