Materi Pengertian Port Number Dan Macam-Macamnya Pada Jaringan Komputer

Posted on

www.kuncikomputer.com – bagi anda yang pernah belajar jaringan, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya port number. pada kali ini saya akan menuliskan materi tentang port number secara lengkap. untuk menambah pengetahuan anda tentang jaringan, tidak ada salahnya apabila anda menyimak materi yang akan saya tuliskan tentang Materi Pengertian Port Number Dan Macam-Macamnya Pada Jaringan Komputer.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Materi Pengertian Port Number Dan Macam-Macamnya Pada Jaringan KomputerMateri Pengertian Port Number Dan Macam-Macamnya Pada Jaringan Komputer, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Materi Pengertian Port Number Dan Macam-Macamnya Pada Jaringan Komputer



Pengertian Port Number

Port Number adalah angka biner yang mempunyai panjang 16 bit yang berguna untuk nomor layanan didalam sebuah jaringan komputer. awal mula port number dikenalkan oleh pasangan protocol TCP atau transmission control protocol serta UDP atau user datagram protocol. kedua protokol ini sudah ada sejak jaringan komputer diciptakan, dan berada pada lapisan transport layer.

untuk menambah pemgetahuan tentang transport layer baca artikel saya tentang OSI LAYER. setelah saya menjelaskan tentang pengertian port number, sekarang saya akan menuliskan macam-macam port number.

Macam-Macam Port Number

  1. dinamic port
    dinamic port merupakan jenis port yang bisa berubah sesuai dengan kebutuhan user atau penggunanya. jenis port ini tidak cocok digunakan untuk pengguna aplikasi untuk chatting atau aplikasi sejenis lainnya, dikarenakan apabila memakai dinamic port dan nomor portnya dapat berubah ubah maka dapat mengakibatkan tabrakan port numbernya sesama aplikasi yang dipakai.
  2. Well Known Port
    macam-macam port number selanjutnya yaitu weel known port yang merupakan daftar nomor port yang digunakan untuk pemakaian layanan umum. tipe well known port tidak bisa digunakan oleh layanan lainnya karena well known port sudah memiliki kapasitas sebesar 1024 number. contoh dari well known port yaitu SSH di port 22, FTP di port 21 dan HTTP di port 80 dan lainnya.
  3. Registered Port
    Registered Port adalah port yang telah terdaftar di organisasi IANA (internet assigned number authority). organisasi merupakan organisasi dunia dibidang jaringan komputer. registered port hampir sama dengan well known port, registered port memiliki 1024 port number sampai 49151. port tipe ini biasanya digunakan untuk aplikasi yang spesifik contohnya 1194 untuk Open VPN, port 1080 untuk SOCKS proxy dan lainnya.

Sekian materi artikel tentang Materi Pengertian Port Number Dan Macam-Macamnya Pada Jaringan Komputer yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :