Materi Pengertian Lan Card, Fungsi Dan Jenis-Jenis Lan Card [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – mungkin anda belum mengetahui apa itu lan card??? pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya secara lengkap tentang lan card. secara umum lan card adalah kartu didalam sebuah jaringan komputer. untuk lebih jelasnya bacalebih lengkap tentang Materi Pengertian Lan Card, Fungsi Dan Jenis-Jenis Lan Card.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang Materi Pengertian Lan Card, Fungsi Dan Jenis-Jenis Lan Card, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Materi Pengertian Lan Card, Fungsi Dan Jenis-Jenis Lan Card



Pengertian Lan Card

Lan Card adalah sebuah perangkat komputer dalam jaringan komputer yang memiliki kegunaan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya atau jaringan lainnya menggunakan media kabel. nama lain dari Lan card yaitu network interface card (NIC), kartu jaringan atau ethernet card. Lan Card memiliki bentuk berupa kartu ekspansi yang terpasang di slot PCI pada motherboard komputer.

untuk menghubungkan lan card biasanya di ujung kabel terdapat RJ-45, dan harus melakukan penginstalan driver dahulu apabila driver belum terinstal. akan tetapi terdapat beberapa lan card yang sudah otomatis terinstal tanpa driver. berdasarkan pengertian lan card yang telah saya jelaskan dapat disimpulkan bahwa lan card adalah perangkat komputer dalam jaringan yang memiliki fungsi sama dengan wireless yaitu untuk menghubungkan komputer melalui jaringan.

perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat lan card bergeser keberadaannya karena telah hadirnya perangkat wireless yang dapat menggantikan lan card. dengan menggunakan wireless pengguna akan lebih nyaman karena lebih efektif dan efisien. akan tetapi masih ada yang menggunakan lan card karena kecepatan transfer lebih baik dibandingkan dengan perangkat wireless.

Fungsi Lan Card

Ada banyak fungsi dari lan card, karena lan card berguna untuk menghubungkan antar komputer melalui jaringan, biasanya digunakan di sekolahan, kantor, rumah, kampus dan lainnya. Berikut ini beberapa fungsi dari lan card.

1. lan card digunakan untuk mengkontrol aliran data antar komputer dalam satu jaringan komputer.

2. berguna untuk menerima data yang telah dikirim dan diubah menjadi bit-bit agar dimengerti oleh komputer.
3. digunakan untuk menyiapkan data yang akan dikirim dari komputer ke komputer lainnya agar dapat dikirim lewat media jaringan.
4. Dapat berbagi Koneksi Jaringan Internet Masih didalam Jangkauan/terhubung

fungsi dari lan card yaitu dapat berbagi koneksi internet, asalkan komputer-komputer yang akan mendapatkan koneksi sudah saling terhubung. lan card memerlukan satu server saja untuk membagikan koneksi internet. biasanya manfaat membagikan koneksi internet ini digunakan di perusahaan, sekolah ataupun kampus dan lainnya.

5. Dapat Membagikan Data tanpa koneksi internet
untuk berbagi data antar komputer, yang terpenting adalah komputer sudah saling terhubung menggunakan jaringan LAN. dengan demikian komputer dapat berbagi data atau sharing data.

6. Digunakan Untuk Warnet
fungsi untuk warnet yaitu dengan cara membagi koneksi internet, dengan demikian komputer-komputer yang ada di warnet dapat menggunakan koneksi dari satu lan card.

7. Game Multi Player
pengguna yang sering bermain game tentunya sudah paham dengan jaringan LAN yang sering digunakan untuk bermain game secara bersama atau lebih dari satu pemain. contoh game multiplayer seperti dota, dan lain sebagainya.

8. Dapat Chating dalam satu Gedung
yang digunakan untuk chatting dalam satu gedung yaitu menggunakan jaringan LAN. apabila komputer partner kerja anda sudah terkoneksi satu Jaringan LAN dengan anda, maka anda dapat chatting meskipun tanpa adanya koneksi internet.

Jenis-Jenis Lan Card

Pada jenis-jenis lan card terbagi menjadi dua bagian, dan mungkin akan berkembang terus sesuai dengan perkembangan teknologi.
1. Lan Card Kabel
Lan card jenis ini sudah digunakan sejak lama, dan masih dipakai sampai saat ini. Lan card tipe ini menggunakan kabel sebagai media penghubung antara komputer dengan jaringan LAN atau jaringan local lainnya. Jenis lan card ini masih banyak digunakan saat ini di karenakan biayanya yang relatif murah. Tipe lan card kabel di bagi menjadi 3 bagian, berikut ini adalah penjelasannya.
* Lan ISA
lan card isa merupakan salah satu jenis lan card keluaran pertama yang digunakan di pc ataupun komputer.
* Lan PCI
Lan PCI di buat sekitar tahun 1992, lan pci merupakan hasil dari pengembangan dari lan isa. Lan pci dapat digunakan di komputer maupun digunakan di laptop.
*Lan USB
Lan USB merupakan jenis lan card terbaru karena sudah menggunakan usb sebagai penghubung ke komputer. Jenis lan card ini memiliki bentuk yang simpel dan dapat dibawa kemana saja.

2. Lan Card Wireless
Sesuai dengan nama lan card wireless, jeni lan card ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung nya, akan tetapi menggunakan wireless atau sinyal (tanpa kabel). Bentuk dari lan card ini yaitu memiliki antena yang berfungsi untuk memancarkan sinyal dan menangkap sinyal secara local. Lan card wireless memiliki kelebihan tersendiri karena bentuknya yang simpel dan mudah untuk dibawa kemana mana serta mudah untuk diinstalasi.

Sekian artikel tentang Materi Pengertian Lan Card, Fungsi Dan Jenis-Jenis Lan Card yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :