Materi Pengertian Chipset Motherboard, Fungsi dan Macam-Macam Chipset [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – chipset merupakan salah satu komponen yang terdapat didalam sebuah komputer di motherboard dan memiliki peran penting untuk sebuah komputer. bagi anda yang belum mengerti tentang chipset dikomputer, saya akan menjelaskannya dengan lengkap untuk menambah pengetahuan anda dalam komponen komputer. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Materi Pengertian Chipset Motherboard, Fungsi dan Macam-Macam Chipset.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Materi Pengertian Chipset Motherboard, Fungsi dan Macam-Macam Chipset, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Materi Pengertian Chipset Motherboard, Fungsi dan Macam-Macam Chipset



Pengertian Chipset Motherboard

Chipset adalah suatu komponen yang terdapat di motherboard dan memiliki kegunaan untuk membagi serta mengatur dari fungsi-fungsi yang ada pada motherboard. berdasarkan pengertian chipset yaitu membagi dan mengatur fungsi-fungsi motherboard, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa chipset memiliki peran dalam meningkatkan kinerja dari sebuah motherboard. chipset motherboard juga memiliki fungsi sangat penting dalam sebuah komputer, berikut ini adalah penjelasannya.

Fungsi Chipset Motherboard

secara umum fungsi chipset yaitu untuk mengatur lalu lintas aliran data yang terdapat pada sebuah komputer. chipset pada motherboard berfungsi untuk mengatur input (masukan) dan output (keluaran) yang mendasar di komputer, atau mengatur aliran data dari sebuah komponen didalam komputer ke komponen yang lain. contoh dari kegunaan chipset yaitu misalnya suatu data akan diarahkan dari processor menuju ke kartu grafis atau ke sistem memory (RAM komputer) melalui chipset.

Macam-Macam Chipset Motherboard

1. Chipset Northbridge
jenis chipset ini memiliki kegunaan untuk mengontrol alur data kinerja processor yang tersambung pada komponen utama motherboard seperti Slot PCI, slot AGP, Slot Memory dan sebagainya. chipset northbridge biasanya memiliki letak dekat dengan processor atau terletak di sebelah processor.

2. Chipset Southbridge
chipset southbridge berguna untuk mengatur kinerja alur sebuah data dari processor yang menghubungkan dengan komponen skunder seperti DMA, Interrupt, Drive, IDE Harddisk dan lain sebagainya.

chipset mememiliki peran penting dalam sebuah komputer dalam segi kinerja komputer. chipset pada komputer akan mempengaruhi dari jenis memory yang dapat mendukung motherboard, kelengkapan port I/O yang dipakai, type processor yang akan dipakai, display adaptor yang akan dipakai dan lainnya. ada baiknya bagi anda yang akan membeli sebuah motherboard periksa dahulu chipsetnya cek merk dan kemampuannya serta pastikan komponen motherboard sudah lengkap.

sekian artikel Materi Pengertian Chipset Motherboard, Fungsi dan Macam-Macam Chipset yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: