Macam Macam Mouse Komputer dan Perbedaannya [Terlengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – mendengar kata mouse di telinga sudah sangatlah sering, mouse yang jika diartikan adalah tikus. tikus disini bukan tikus hewan bukan juga tikus tikus kontor eh jadi keinget abang iwan fals :-). mouse yang akan saya bahas yaitu tikus yang digunakan untuk menggerakan kursor komputer, mengapa dinamakan tikus, karena bentuknya menyerupai tikus sehingga di namakan mouse. pada artikel saya kali ini, saya akan menjelskan macam macam mouse, sebenernya semua mouse itu memiliki fungsi yang sama, akan tetapi pasti ada perbedaannya seperti mouse untuk bermain game dan lainnya. oke langsung saja kita ke artikel saya tentang Macam Macam Mouse Komputer dan Perbedaannya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Macam Macam Mouse Komputer dan Perbedaannya



Mouse merupakan hardware komputer yang digunakan untuk menggerakan kursor atau pointer pada komputer. selain menggerakan pointer komputer maouse juga digunakan untuk mengklik atau double klik dan mouse juga dapat digunakan untuk menscrool tampilan layar agar kebawah atau keatas.

Secara Fisik Mouse Terbagi Menjadi 2 Macam

  1. Mouse Track Ball
    mouser-track-ball

    Mouse Track Ball jenis mouse ini memiliki sebuah bola kecil yang terdapat di atas mouse yang digunakan untuk menggerakan pointer komputer, sehingga jenis mouse ini mudah dikenali.
  2. Mouse Optik
    mouse-optik

    Mouse Optik mouse jenis ini lebih banyak digunakanoleh pengguna komputer karena menggunakan teknologi optik yang dapat menggerakan pointer komputer yang diletakan dibawah mouse.

Perbedaan Mouse Berdasarkan Portnya

  1. Mouse PS2
    mouse

    Mouse PS2 yaitu mouse yang termasuk ke golongan mouse optik, jenis mouse ini masih digunakan akan tetapi sudah mulai berkurang penggunanya karena sudah banyak mouse dengan tipe atau teknologi yang lebih baru dari pada mouse Mouse PS2.Dilihat dari bentuknya, Mouse PS2 memiliki ciri ciri yang mencolok yaitu pada ujung kabelnya berwarna hijau, hal tersebut untuk membedakan anrara kabel mouse dengan kabel keyboard, biasanya ujung kabel keyboard berwarna ungu atau biru.
  2. Mouse USB
    mouse-usb

    Mouse USB masih sangat banyak digunakan karena mouse jenis ini lebih nyaman digunakan, saya sendiri menggunakan jenis ini.Mouse USB memiliki ciri ciri yang mencolok yaitu pada bagian ujung kabel mouse berbentuk port yang digunakan untuk menyambungkan ke komputer, cara menggunakannya cukup mudah tinggal colokan kabel mouse ke port USB komputer anda, maka mouse sudah dapt digunakan.
  3. Mouse Serial
    mouse-komputer

    Mouse Serial mouse jenis ini sekarang sudah jarang yang menggunakan, mouse jenis ini banyak penggunanya pada era pantium 1 atau pantium 3 yang jenis komputernya AT.ciri ciri Mouse Serial yaitu pada bentuk port serialnya terdapat beberapa pin pada ujung portnya.
  4. Mouse Wireless
    mouse-wireless

    Mouse Wireless yaitu jenis mouse terbaru saat ini, yang tidak memiliki kabel akan tetapi mnggunakan wireless, mouse ini memiliki kelebihan yaitu bisa digunakan jarak jauh. pada port usb mouse ini digunakan untuk menangkap sinyal yang di keluarkan dai mouse , jadi cara memakainya cuma tinggal menyolokan usb mouse ke komputer anda dan anda harus menghidupkan on/off di mouse ini. jenis mouse ini biasanya menggunakan baterai kecil yang digunakan untuk menghidupkan mousenya.ciri ciri Mouse Wireless yaitu tidak memiliki kabel dan dapat digunakan jarak jauh serta pada mouse harus terdapat baterai jam dinding atau batu remot untuk menghidupkan mouse, jadi harus mengganti baterai mouse apabila daya baterai sudah habis atau sudah lemah.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :