Macam Macam Keyboard Komputer dan Perbedaannya [Terlengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com Рkeyboard komputer merupakan perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk alat input, dan ada macam macam dari keyboard. perkembangan keyboard dari pertama kali komputer di buat hingga sekarang, ada banyak bentuk keyboard dan kegunaannya sesuai bentuk keyboard itu sendiri. agar anda lebih memahami dan menambah wawasan anda tentang keyboard komputer saya disini akan menjelaskan macam macam keyboard. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Macam Macam Keyboard Komputer dan Perbedaannya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Macam Macam Keyboard Komputer dan Perbedaannya



keyboard merupakan perangkat keras komputer yang memilliki tombol berupa, huruf alfabet, angka dan simbol simbol yang dapat digunakan untuk membantu dalam pengetikan atau menjalankan intruksi atau perintah ke dalam sebuah komputer. keyboard pertama kali dibuat berdasarkan rancangan mesin ketik kepunyaan Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.

Ada Empat Macam Keyboard Berdasarkan Bentuk Fisiknya

  1. Keyboard Serial
    Keyboard Serial yaitu keyboard yang sering digunakan di komputer AT dengan menggunakan DIN 5 Male dan memiliki kabel berbentuk serial.
  2. Keyboard PS/2
    Keyboard PS/2 Keyboard ini paling banyak digunakan di komputer ATX saat ini,dan dalam memasang keyboard ini pada komputer harus dengan cermat karena port keyboard ini sama dengan port mouse.
  3. Keyboard Wireless
    Keyboard Wireless yaitu keyboard yang tidak memiliki kabel untuk menghnbungkan antara keyboard dengan komputer akan tetapi keyboard ini menggunakan bluetooth atau wifi untuk menghubungkan kekomputer.pada keyboard model ini biasanya terdapat pemancar sinyal dan penerima sinyal wifi atau bluetooth. penerima sinyal biasanya terpasang di port usb sedangkan pemancar sinyal terdapat di keyboard wireless itu sendiri.
  4. Keyboard USB
    Keyboard USB Memiliki kecepatan dalam transfer data sehingga banyak komputer terbaru menggunakan keyboard USB jenis ini.

Ada 7 Macam Keyboard berdasarkan bentuk tombolnya

  1. Keyboard QWERTY
    qwerty

    Keyboard QWERTY Pertama kali ditemukan pada tahun 1878 oleh scholes, glidden dan soule dan pada tahun 1905 bentuk tata letak dari keyboard QWERTY dijadikan standar mesin tik komersial.nama QWERTY diambil dari tata letak keyboard itu sendiri, yaitu enam huruf pada baris kedua di keyboard qwerty. pada keyboard ini di buat dengan tehnik yang berbeda sehingga memisahkan key yang sering di tekan sejauh mungkin, agar kemacetan sewaktu mengetik dapat diminimalisir pada mesin ketik mekanik. berdasarkan bentuk dari tata letak huruf yang membuat luas keyboard dalam pemakaiannya, bnetuk keyboard ii memiliki beberapa kekurangan seperti 48% pergerakan untuk menekan huruf yang berurutan yang melakukan hanya dengan sebuah tangan.selain itu ketukan yang dilakukan pada home row hanya 32%.dari segi menggunakan keyboard jenis ini tangan kiri memiliki beban lebih besar dibandingkan beban tangan kanan.contoh beban tangan kiri lebih besar seperti tugas pada jari kelingking pada tangan kiri yang harus menekan huruf A yang sering diggunakan, sedangkan kebanyakan orang
    melakukan kegiatan yang berat dengan tangan kanan.
  2. Keyboard DVORAK
    keyboard-dvorak

    Keyboard DVORAK Ditemukan pada tahun 1932, pada keyboard model ini memiliki tata letak tombol keyboard yang membebani tangan kanan sehingga tangan kiri memiliki pekerjaan lebih sedikit dari pada pekerjaan tangan kanan pada saat mengetik. pada susunan tata letak keyboard ini memiliki ketukan pada home row dengan presentase 70% ang bertujuan untuk mengurangi kesalahan dalam melakukan pengetikan dikarenakan kelelahan. keyboard ini lebih efisien  sekitar 15% dibandingkan dengan keyboard qwerty.
  3. Keyboard Numeric
    keyboard-numerik
    Keyboard Numeric jenis keyboard ini hanya menggunakan tombol angka saja yang banyak digunakan untuk menginputkan bilangan dalam jumlah yang sangat besar. adapu tata letak tombol tombolnya menyerupai kalkulator yang tombolnya mudah di jangkau dengan tangan.
  4. Keyboard Alfabetik
    keyboard-alfabetic
    Keyboard Alfabetik memiliki kemiripan dengan keyboard qwerty maupun keyboard dvorak. akan tetapi keyboard ini msaih kalah tenar dibaningkan dengan keyboard qwerty, karena jenis keyboard ini sulit untuk digunakan oleh orang yang sering mengetik. jenis keyboard ini sering digunakan untuk mainan anak anak sehingga membantu anak anak dalam menghapal huruf alfabet,dan keyboard ini juga dapat mempermudah bagi orang yang belum terbiasa mengetik karena akan mudah mencari tata letak huruf alfabet secara teratur dibandingkan dengan tata letak keyboard qwerty.
  5. keyboard Klockenberg
    keyboard-klockenberg

    keyboard Klockenberg yaitu keyboard yang mempunyai tata letak terpisah antara tangan kiri dan tangan kanan, hal ini bertujuan untuk menyempurnakan bentuk keyboard yang sudah ada. adapun sudut pemisah antara bagian kiri dan kanan skitar 15 derajat dan bentuknya miring kebawah. selain bertujuan menyempurnakan bentuk keyboard yang sudah ada, bentuk keyboard ini juga memiliki kelebihan yaitu dapat mengurangi beban jai dan pergelangan tangan saat melakukan pegetikan hal tersebut dikarenakan tombol memiliki tata letak tombol yang lebih dekat dengan meja kerja. selain mengurangi beban jari dan pergelangan tangan tata letak bentuk keyboard ini juga dapat mengurangi beban otot bahu dan tangan.akan tetapi bentuk keyboard ini memakan tempat yang banyak dikarenakan bentuk keyboard dipisah antara bagian kanan dan kiri.
  6. Keyboard Maltron
    keyboard-maltron

    Keyboard Maltron berbeda dengan keyboard yang lain kerena bentuk dari keyboard ini dirancang cekung kedalam.bentuk keyboard ini dibuat agar ketika jari sedang mengetik tidak membentuk satu garis lurus. pembuat keyboard ini menyatakan bahwa ketika seseorang mengetik menggunakan keyboard biasa, maka akan menggunakan 8 jari saja dari 10 jari yang tersedia.saat seseorang mengetik dengan Keyboard Moltron, maka keybard ini akan menyesuaikan dengan tangan kita.beda halnya ketika kita mengetik dengan keyboard biasa, produsen keyboard ini menyatakan bahwa jari tanga harus beradaptasi dengan keyboard, hal tersebut dapat menyebabkan RSI (repetitive stress injuries). dilihat dari bentuknya yang unik yaitu cekung kedalam produsen keyboard ini meyakini bahwa keyboard ini dapat mempercepat dalam melakukan pengetikan karena tidak menggunakan 8 jari akan tetapi memakai 10 dan juga keyboard ini tidak membuat RSI (repetitive stress injuries) bagi penggunanya.
  7. keyboard chord
    keyboard-paalntypekeyboard-palantype

    keyboard chord pada keyboard ini apabila ingin menginputkan huruf harus menekan beberapa tombol dikeyboard secara bersamaan.pada keyboard ini memiliki kekurangan yaitu apabila menggunkan terlalu lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan hal tersebut dikarenakan oleh tata letaknya dan cara pemakaianya. keyboard ini memiliki dua jenis yaitu keyboard palantype dan keyboard steno type.

sekian tutorial yang dapat sayaberikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdpat kesalahan dalam penulisan saya diatas karena saya juga manusia seperti anda :-).

BACA JUGA :