Macam Macam Hardware Input dan Output Beserta Fungsinya [100% Terlengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – Hardware atau sering juga disebut sebagai perangkat keras komputer yang diklasifikasikan menjadi tiga yaitu hardaware input, hardware output dan hardware proses. dari ketiga klasifikasi tersebut sama sama dari hardware, dan ada yang berperan sebagai hardware tambahan dan ada juga yang memiliki peran penting terhadap kinerja komputer. pada artikel saya kali ini saya akan membahas macam macam klasifikasi hardware berdasarkan klasifikasinya yang telah saya sebutkan diatas. pembahasan saya nantinya diharapkan dapat menambah wawasan bagi pembacanya. oke mending langsung saja kita ke artikel saya tentang Macam Macam Hardware Input dan Output Beserta Fungsinya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Macam Macam Hardware Input dan Output Beserta Fungsinya


hardware

Hardware Input

Hardware Input merupakan perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk memasukan data ke komputer.

  1. scanner
    scanner yaitu perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi memasukan data analog yang diubah menjadi data digital dengan cara memindai gambar yang discan dan diinputkan kedalam komputer.
  2. kamera
    kamera yaitu perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai inputan gambar atau video yang di hasilkan dari sebuah kamera yang telah ada dikomputer tersebut.
  3. mouse
    mouse yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk menggerakan pointer atau kursor di layar komputer.
  4. keyboard
    keyboard yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk mengetik, mengatur bios, menginstal sistem operasi dan lain sebagainya yang didalamnya terdapat tombol dan keterangan huruf, angka, serta simbol di keyboard.

Hardware Output

Hardware output yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk mengoututkan apa yang telah di hasilkan oleh komputer.

  1. speaker
    speaker yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk mengoutput data berbentuk suara dari sebuah komputer.
  2. printer
    printer yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk mengoutputkan data gambar dari sebuah komputer kedalam kertas.
  3. Monitor
    Monitor yaitu perangkat keras Komputer atau herdware yang digunakan untuk menampilkan suatu gambar yang telah di proses oleh hardware process, dan diinputkan oleh hardware input dan akan ditampilkan di layar monitor.
  4. plotter
    plotter yaitu perangkat komputer atau hardware yang digunakan untuk menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas yang tinggi serta berwarna.
  5. flashdisk
    flashdisk yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk media penyimpanan dan memiliki kapasitas tertentu seperti 1 GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16 GB, 32GB, dan sebagainya.

Hardware Processing

Hardware Processing yaitu perangkat keras komputer yang digunakan untuk memproses data apa saja yang telah diinputkan dan hasilnya akan dioutputkan atau disimpan.

  1. processor
    processor yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untukmeproses data dalam bentuk apapun. kemampuan processor tergantung dengan kecepatan processor itu bekerja, adapun satuan  dari kecepatan processor itu bekerja yaitu Hertz(Hz).
  2. Mainboard
    Mainboard yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan menghubungkan semua hardware processing seperti processor, RAM, VGA dan lainnya, mainboard disebut juga sebagai papan induk.
  3. RAM
    RAM yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk media penyimpanan komputer yang bersifat sementara. prinsipnya selagi komputer masih menyala dan dioperasikan maka RAM akan menyimpan data data dari komputer, akan tetapi apabila komputer telah dimatikan maka data yang berada di RAM akan hilang makanya disebbut sementara.
  4. Harddisk
    Harddisk yaittu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk media penyimpanan yang memiliki kapasitas penyimpanan sangat besar, dan dapat menyimpan data apa saja.
  5. VGA Card
    VGA Card yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk memproses data grafis seperti pada saat komputer sedang digunakan untuk menjalankan sebuah video, maka VGA Card akan bekerja dan memproses dari grafis yang berada didalam video tersebut.
  6. Power Supplay
    Power Supplay yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk pengaliran daya atau listrik ke semua hardware yang berada didalam komputer. tanpa adanya daya atau listrik suatu komputer tidak akan menyala.
  7. DVD RAM
    DVD RAM yaitu perangkat keras komputer atau hardware yang digunakan untuk menulis da membaca kepingan CD atau DVD . kemampuan dari DVD RAM dapat dilihat dari kecepatan baca dan tulis dari DVD RAM tersebut contohnya 52X kecepatan baca dan tulis di CD dan 40X kecepatan baca dan tulis diDVD.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

 

Baca Juga :