Komputer Mati Tiba-Tiba Atau Laptop Mati Tiba-Tiba Dan Cara Mengatasinya

Posted on

www.kuncikomputer.com – komputer atau laptop yang mati secara mendadak atau tiba-tiba memang membuat penggunanya tidak nyaman. banyak faktor penyebab dari komputer atau laptop mati tiba-tiba. faktor penyebab permasalahan ini tentunya tidak lepas dari hardware dan software. pada artikel kali ini saya akan menjelaskan permasalahan penyebab dan cara mengatasi apabila komputer atau laptop mati tiba-tiba. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Komputer Mati Tiba-Tiba Atau Laptop Mati Tiba-Tiba Dan Cara Mengatasinya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Komputer Mati Tiba-Tiba Atau Laptop Mati Tiba-Tiba Dan Cara Mengatasinya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Komputer Mati Tiba-Tiba Atau Laptop Mati Tiba-Tiba Dan Cara Mengatasinya



pada permasalahan ini sering terjadi pada komputer yang sering digunakan. karena sering digunakan dan melebihi waktu seharusnya pemakaian membuat komputer mati secara tiba-tiba. seperti yang telah saya tuliskan diatas, permasalahan komputer atau laptop yang mati secara tiba-tiba ini terdapat pada hardware maupun software. berikut penyebab dan cara mengatasinya yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Penyebab Komputer atau Laptop mati Tiba-Tiba Dan Cara Mengatasinya

1. Komputer Terlalu Panas
Komputer terkini dibuat dengan kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya, yaitu biasanya komputer dirancang agar mati secara otomatis apabila komponen hardware yang berada didalam komputer terlalu panas. komponen yang terlalu panas, sering terjadi dikarenakan pemakaian komputer yang melebihi batas penggunaannya dan membuat komputer bekerja sangat keras seperti menginstal aplikasi yang memakan banyak memori di komputer.

apabila pekerjaan yang mengharuskan komputer untuk bekerja dalam waktu yang lama, yang harus anda lakukan yaitu pastikan kipas yang terdapat didalam CPU bekerja dengan benar agar mengurangi dari panas komponen hardware. dan apabila anda menggunakan laptop anda dapat membeli kipas laptop yang biasanya dijual di toko komputer. penyebab komponen komputer yang mudah panas juga dapat diakibatkan oleh debu yang menempel, jadi solusinya bersihkan debu dari komponen-komponen komputer menggunakan kain atau penghisap debu dan sebagainya.

2. Komponen Hardware Yang digunakan
penyebab komputer atau laptop mati tiba-tiba biasanya disebabkan oleh hardware yang digunakan seperti modem, speaker dan sebagainya. apabila anda menggunakan hardware baru dan menginstal aplikasi hardware tersebut, pastikan aplikasi yang terinstal tidak bermasalah atau tidak error. untuk mengeceknya anda dapat melihat pada device manager setelah aplikasi hardware terinstal. apabila komputer atau laptop mati tiba-tiba diakibatkan oleh komponen hardware, langkah yang harus dilakukan yaitu lepaskan komponen tersebut apabila anda akan menggunakan komputer, dicoba di instal ulang aplikasinya.

3. Virus Dikomputer
apabila komputer atau laptop mati tiba-tiba, biasanya juga diakibatkan oleh virus atau malware yang dibuat untuk mematikan komputer dalam kondisi yang telah ditentaukan. untuk mengatasi permasalahan ini, komputer anda harus memiliki antivirus dan jalankan scanner.

4. RAM Bermasalah
Ram merupakan komponen komputer yang memiliki peran penting dalam kinerja komputer. apabila ram pada komputer kotor komputer atau laptop dapat mati secara tiba tiba. solusinya bersihkan ram dari debu menggunakan kain pada kuningan RAM sampai bersih, agar RAM dapat digunakan lagi dan dapat bekerja dengan optimal.

5. Pasta Di Processor Mengering
pasta yang terdapat pada processor akan mengering apabila komputer atau laptop sudah cukup umur atau sudah lama. pasta ini biasanya disebut dengan thermal pasta, yang kegunaannya dioleskan di processor. solusi apabila pasta mengering pada processor, lepaskan processor dari komputer atau laptop lalu oleskan thermal pasta secara merata.

6. Permasalahan pada Mainboard
apabila mainboard sudah digunakan cukup lama, maka kinerjanya akan menurun dan tidak dapat digunakan cukup lama. hal ini juga dapat membuat komputer atau laptop mati tiba-tiba. solusinya yaitu ganti mainboard dengan yang baru, karena agar dapat bekerja secara optimal.

7. Komponen Komputer Berdebu
komponen berdebu juga dapat menyebabkan komputer mati secara tiba-tiba. karena debu dapat menghambar udara panas keluar dan komputer akan semakin panas. solusi yang harus dilakukan yaitu bersihkan debu dari komponen komponen komputer seperti CPU atau laptop yang berdebu juga harus dibersihkan apabila anda menggunakan laptop.

8. Permasalahan Pada Sistem Operasi
apabila permasalahan seperti yang telah dijelaskan diatas tidak merupakan kategori penyebab komputer atau laptop mati tiba-tiba, bisa jadi penyebabnya yaitu sistem operasi yang terinstal di komputer corrupt. penyebab sistem operasi juga dapat menyebabkan komputer mati secara tiba tiba, berikut ini adalah cara untuk membuktikan apakah sistem operasi penyebab komputer mati secara tiba-tiba.

*silahkan masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol F2 atau F12 (tergantung merk) pada saat komputer atau laptop telah dihidupkan dan masih booting.
* setelah itu masuk ke layar CMOS dan diamkan komputer, apabila komputer tidak mati maka sistem operasi anda corrupt, solusinya yaitu instal ulang komputer anda.

sekian artikel tentang Komputer Mati Tiba-Tiba Atau Laptop Mati Tiba-Tiba Dan Cara Mengatasinya yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: