Kegunaan Microsoft Excel Dan Pengertian Microsoft Excel

Posted on

www.kuncikomputer.com Рpada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kegunaan dan pengertian dari microsoft excel. sebagai penggunanya seharusnya kita tahu apa kegunaan dari microsoft excel, seperti membuat tabel, menghitung angka dengan formula atau rumus dan membuat grafik serta masih banyak yang lainnya. sehingga banyak orang yang menggunakan software ini yang menjadi bagian dari microsoft office. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Kegunaan Microsoft Excel Dan Pengertian Microsoft Excel.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya .



Kegunaan Microsoft Excel Dan Pengertian Microsoft Excel



unggul

microsoft excel merupakan software atau perangkat lunak komputer yang digunakan untuk mengolah angka yang bersifat spreadsheet atau disebut juga sebagai lembar kerja elektronik. pertama kali microsoft excel di rilis, dia tidak menjadi bagian dari microsoft office akan tetapi microsoft excel sekarang di masukan ke dalam bagian microsoft office berama dengan microsoft word, microsoft power point dan lainnya yang seprti yang kita gunakan sekarang ini.

microsoft excel biasa digunakan di perusahaan atau instansi pemerintahan, hal ini dikarenakan microsoft excel dapat membantu meringan pekerjaan seseoraang seperti menghitung menggunakan rumus, membuat grafik berdasarkan data penjualan atau yang lainnya. didalam micrososft excel kita dapat menggunakan rumus standar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

selain rumus standar tersebut terdapat rumus formula yang telah disediakan oleh microsoft excel seperti SUM (untuk menjumlahkan), MAX (menampilkan data yang terbesar), MIN (menampilkann data yang terkecil) dan masih banyak rumus formula yang lainnya dan memiliki fungsi yang berbeda beda.

dengan adanya rumus rumus seperti diatas sehingga mempermudah penggunanya, dan menjadi banyak orang yang menggunakan microsoft excel. biasanya perusahaan menggunakan microsoft excel sebagai alat bantu untuk membuat laporan keuangan perusahaan atau untuk mencatat data barang penjualan atau pembelian. dengan microsoft excel perusahaan dapat menyimpan data di komputer dan data yang di dapat lebih akurat dengan microsoft excel.

software ini biasanya digunakan untuk menggantikan sistem yang belum di buat di perusahaan tersebut. perkembangan microsoft excel dari software ini berdiri sendiri maksudnya belum menjadi bagian dari microsoft office hingga sekarang, versi software ini sudah masuk ke microsoft excel 2013. sejatinya , fungsi dari microsoft excel masih sama meskipun sudah berganti ganti versi akan tetapi versi terkini tentunya lebih baik dari versi versi sebelumnya.

update atau berganti versi untuk membuat microsoft excel menjadi lebih baik lagi itu bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan microsoft excel. microsoft excel mempunyai karakteristik yaitu lembar kerja yang berbentuk kolom dan baris sehingga menyeruapi tabel.

kolom dan baris tersebut digunakan untuk memasukan data yang akan di proses di microsoft excel. sistem kerja micrsoft excel yaitu sistem workbook, dan didalamnya terdapat terdapat lembar kerja atau disebut juga sebagai worksheet.

Kegunaan Microsoft Excel

  1. Akuntansi
    digunakan untuk laporan keuangan, seperti menghitung laba / rugi, menghitung keuntungan penjualan berdasarkan laporan penjualan dan menghitung gaji gaji karyawan.
  2. perhitungan standar
    digunakan untuk menghitung penjumlahan, pengurangan,, perkalian, dan pembagaian yang dapat dilakukan dengan mudah, satu rumus dapat digunakan untuk semua baris yang sama.
  3. mengolah data
    seperti membuat daftar hadir, daftar nilai, data karyawan, data penjualan data pembelian dan lain sebagainya.
  4. Membuat grafik
    grafik ini dibuat berdasarkan data yang kita punya, bentuk grafiknya yaitu diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran.
  5. Membuat tabel
    di microsoft excel terdapat kolom dan baris yang sangat banyak sehingga pengguna tidak merasa kesulitan apabila data mereka banyak. dan di microsoft excel data dapat di peroleh dengan tepat dan akurat karena microsoft excel memiliki pola dalam data untuk mencari data.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :