Ciri-Ciri Informasi Yang Berkualitas Dan Jenis, Fungsi Informasi

Posted on

kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang informasi yang berkualitas. disamping itu informasi juga memiliki Jenis dan fungsi-fungsi tersendiri. dalam kehidupan sehari-hari tentu kita membutuhkan yang namanya informasi. untuk memilih dan memilah informasi yang baik dan berkualitas anda harus mengetahui cara nya.

Ciri-Ciri Informasi Yang Berkualitas Dan Jenis, Fungsi Informasi

informasi yang berkualitas

Ciri-Ciri Informasi Yang Berkualitas

1. Akurat
yang termasuk didalam informasi berkualitas yaitu keakuratan sebuah informasi. maksud dari informasi yang akurat yaitu informasi yang disampaikan sesuai dengan fakta dan keadaan yang sebenarnya. berita yang tidak akurat atau berita hoax merupakan inforasi yang tidak berkualitas. berita hoax sudah lumrah dibuat seseorang untuk membuat fitnah, penipuan dan lain sebagainya. untuk itu anda harus pandai dalam menyeleksi informasi yang akurat.
2. Tepat Waktu
Informasi Saat disajikan harus tepat waktu, maksudnya pada saat informasi dibutuhkan maka informasi harus tersedia dan itulah yang dinamakan tepat waktu. Sebagai Contoh Informasi Yang Tidak Tepat waktu apabila anda menginginkan kabar berita terkini dan yang disajikan adalah berita yang telah usang atau berita lama, apakah berita tersebut dapat dikatakan informasi yang berkualitas?? tentu tidak, informasi yang anda dapatkan namanya informasi yang tidak tepat waktu (tidak berkualitas).
3. Relevan
untuk Ciri-Ciri Informasi yang Berkualitas selanjutnya yaitu relevan. informsi relevan adalah informasi yang disampaikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan. pada informasi relevan contohnya jika ada orang yang meminta informasi “data A” maka informasi yang harus didapatkan semua “data A” bukan yang diberikan berisi “data B”.
4. Lengkap
pada tahap ini dibutuhkan sebuah informasi yang lengkap, bukan setengah-setengah. coba anda pikirkan apabila anda mendapat informasi yang tidak lengkap maka anda akan merasa kesulitan dalam mengambil keputusan.

Jenis-Jenis Informasi

1. Informasi Dilihat Dari Fungsi Dan Kegunaan
a. Informasi untuk Pengetahuan (dunia pendidikan dan juga kejadian atau dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain)
b. Informasi Untuk Menambah Ilmu Dalam Membaca (majalah, koran, atau media lainnya )
2. Informasi Berdasarkan Penyajiannya
sebuah informasi biasanya memiliki banyak jenis format penyajiannya, seperti informasi disajikan dalam bentuk teks, video, grafik, tabel dan lain sebagainya.
3. Informasi berdasarkan lokasi
nah biasanya informasi ini sering diberikan dalam informasi berita seperti banjir, gempa bumi ataupun yang lain.
4. Informasi Kegiatan Dalam Kehidupan
informasi ini seperti pendidikan, pekerjaan, hobi dan sebagainya.
5. Informasi dilihat dari segi penyampaian
jenis-jenis informasi ini yaitu informasi yang disampaikan secara berkala, secara tiba-tiba, berdasarkan permintaan, setiap saat, pengecualian, rutinitas.

Fungsi Informasi

1. membantu dalam mengambil sebuah keputusan, tanpa adanya informasi seseorang akan bimbang dalam mengambil tindakan keputusan.
2. informasi dapat menambah pengetahuan bagi penerimanya.
3. informasi juga akan mengabarkan sesuatu yang akan terjadi kepada penerima informasi.

nah itu penjelasan tentang Ciri-Ciri Informasi Yang Berkualitas Dan Jenis, Fungsi Informasi. jika anda mempunyai masalah dalam mengambil keputusan, coba anda pelajari tentang materi informasi. tetap kunjungi kuncikomputer.com agar menambah wawasan anda.

Artikel Lainnya: