Cara Termudah Mengembalikan File yang Terhapus / Hilang flashdisk

Posted on

www.kuncikomputer.com – setelah saya menuliskan banyak artikel tentang flashdisk sekarang saya akan menuliskan bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus atau hilang di flashdisk. sejatinya file yang hilang di flashdisk terdapat banyak penyebabnya seperti disebabkan oleh virus, atau memang sudah dihapus oleh anda sendiri. dan bayak cara juga untuk mengembalikannya, seperti menggunakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang sudah terhapus atau menggunakan bantuan CMD . oke langsung saja kita ke artikel saya tentang Cara Termudah Mengembalikan File yang Terhapus / Hilang flashdisk.

seperti biasa sebelum saya menuliskan artikel ini lebih banyak lagi, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Cara Termudah Mengembalikan File yang Terhapus / Hilang flashdisk



sekarang yang harus anda lakukan yaitu memastikan terlebih dahulu apakah file anda terhapus karena virus atau memang di delete oleh anda sendiri. langkah sederhana untuk melihat karena virus atau bukan dengan cara dibawah ini.

  1. buka flashdisk anda lalu klik kanan pada flasdisk anda lalu pilih properties.
  2. selanjutnya lihatlah pada tab properties general dan pada used spaces nya tidak ada atau 0 (nol), berarti file di dalam flashdisk hilang dikarenakan virus.

Cara Termudah Mengembalikan File yang Terhapus / Hilang flashdisk Karena Virus

  1. langkah pertama buka lokasi penyimpanan flashdisk anda.  lalu klik organize -> folder and search  option. perhatikan gambar dibawah ini.
    organize
  2. setelah itu anda akan masuk kehalaman folder option -> View setealah itu ceklis show hidden files, folders and driver dan hilangkan ceklis pada hide protected operating system files setelah dihilangkan ceklis akan muncul halaman warning pilih saja yes lihat gambar dibawah ini.
    folder-option
  3. setelah itu folder yang tersembunyi akan tampil, akan tetapai tampil sementara. file yang yang hidden oleh virus akan tampil seperti semula.
  4. setelah itu untuk menghapus virusnya dengan langkah CMD. ikuti tahap selanjutnya.
  5. langkah selanjutnya yaitu bukalah CMD anda dengan cara klik windows + R di keyboard dan ketik CMD maka akan tampilan CMD dan tentukan lokasi penyimpanannya lalu ketikan attrib -s -r -h /s /d dan enter. perhatikan gambar dibawah ini.
    cmd-virus-shortcut
  6. setelah itu cek lokasi penyimpanan anda pilih tadi, apakah sudah kembali normal, apabila sudah kembali normal hapuslah file file yang menurut anda tidak di perlukan.

Cara Termudah Mengembalikan File yang Terhapus Menggunakan Data Recovery

  1. pertama yang harus anda lakukan yaitu download software data recovery.
  2. setelah itu instal software tersebut lalu jalankan untuk mengembalikan file yang sudah anda delete.
  3. setelah dijalankan pilih lokasi penyimpanan yang akan dikembalikan file yang telah di hapus, contohnya local D. apabila anda ingin mengembalikan file yang telah dihapus  di local D.
  4. setelah itu klik scan, tunggu proses scanning, biasanya semua file yang telah terhapus akan muncul yang tidak ada di recycle bin juga muncul.
  5. akan tetapi tidak semua file bisa dikembalikan, ada beberapa yang bisa dan apabila sudah terlalu lama dan sudah rusak file tersebut tidak dapat dikembalikan.
  6. setelah file yang akan anda kembalikan ketemu restore file dengan cara save to dan pilih lokasi pengimpanan.
  7. tunggu proses restore sampai selesai. untuk cara menggunakan software Recuva Silahkan Baca Disini .

Cara Termudah Mengembalikan File yang Terhapus Menggunakan Ctrl + Z

cara terakhir bisa berfungsi hanya pada saat setelah file dihapus maka tekan ctrl + z apabila komputer sudah dimatikan atau sudah melakukan kegiatan lain maka perintah ini tidak berfungsi lagi. dan apabila anda menghapus file yang ada di local c atau local D kemungkinan file yang dihapus akan masuk ke recycle bin, apabila file yang dihapus dari flashdisk tidak akan masuk ke recycle bin.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

 

Baca juga :